Cari di Blog Ini

Rabu, 02 Januari 2013

PKH Lampung Utara Terima Rp 5 Miliar Dari Kementerian Sosial

Ibu Hamil
Ibu Hamil Menerima Bantuan PKH Rp 800 Ribu

Menurut Anshori, Operator PKH Lampura, penerima PKH besarnya bantuan bervariasi antara Rp600 ribu hingga Rp2,2 juta. Bergantung jumlah keluarga, baik yang biaya pendidikan anak SD dan SMP, serta balita. Lebih lanjut Anshori menjelaskan, untuk ibu hamil atau balita, selain mendapat bantuan Rp800 ribu, juga mendapat bantuan tetap selama satu tahun sebesar Rp200 ribu. Kemudian siswa SD sebesar Rp400 ribu dan SMP Rp800 ribu.

Untuk Kabupaten Lampung Utara, terangnya mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 5 M, dari kementrian sosial. "'Program ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat terhadap keluarga yang tidak mampu," ungkapnya.

Penerima PKH di Lampura Turun 4.076 KK

Jumlah penerima program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Lampung Utara mengalami penurunan dari calon penerima. Dimana, sebelumnya sebanyak 20.070 KK yang berhak menerima, namun setelah dilakukan verifikasi oleh tim, sebanyak 15.994 KK yang berhak menerima bantuan dari Kementrian Sosial tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Anshori Ahmad, selaku operator PKH Kabupaten Lampura, Selasa (1/1). Menurutnya, data tersebut, diperoleh setelah, tim pendamping melakukan pendataan ulang, yang dilakukan pada akhir November 2012 lalu. "Diperoleh hasil dari validasi tahap 2 sebagai elizibel kategori penerima PKH," terangnya.

Namun, menurutnya, dari calon penerima yang didata dan mendapat undangan untuk diverifikasi sebanyak 18.029 KK. Hal ini dikarenakan sesuai dengan kuota dari pusat. "Mereka yang mendapat undangan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sebanyak 18.029 KK," ujarnya. Setelah diberikan undangan, barulah pihak pendamping melakukan verifikasi data kepada calon penerima. Setelah didata, barulah di entri data oleh operator PKH, dan dikirimkan data tersebut ke pusat.

lampung.tribunnews.com