Cari di Blog Ini

Senin, 25 Maret 2013

Stan Lee, Bapak Para Tokoh Superhero

Nama Stan Lee sudah begitu akrab bagi para penggemar cerita para superhero melalui komik strip, cergam, atau film. Beberapa tokoh superhero yang sangat populer, misalnya Fantastic Four, X-Men, Spiderman, Hulk, Thor, Iron Man, Daredevil, The Avengers, dan masih banyak lagi, lahir dari daya imajinasi Stan Lee. Sehingga tidak mengheran jika kemudia Stan Lee dijuluki sebagai bapak para superhero.
Stan Lee. Kotabumi Lampung Utara
Dari daya imajinasinya yang luar biasa, lahir para tokoh superhero legendaris pembela kebenaran. Spider-Man, The Incredible Hulk, The X-Men, The Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, The Avengers, Thor, dan puluhan superhero terkenal lainnya adalah merupakan hasil karyanya. Sepertinya menjadi tidak berlebihan jika kemudian Stan Lee di juluki sebagai bapaknya para superhero.

Stan Lee yang punya nama lengkap Stanley Martin Lieber lahir di kota New York pada tanggal 28 Desember 1922. Tak bisa dipungkiri, orang ini telah berhasil mempengaruhi industry komik dunia melalui karya superheronya. Khususnya pada era awal dasawarsa 1960an yang disebut-sebut sebagai masa keemasan komik-komik Marvel, perusahaan tempat Stan Lee berkreasi.

Sejak berusia 16 tahun, Stan Lee sudah terjun ke dunia komik. Setahun kemudian ia tercatat sebagai editor termuda dalam dunia bisnis komik. Semua itu berkat bakat dan daya kreasinya yang hebat. Dan tentu saja karena kemampuannya untuk terus bekerja keras.

Saat berkecamuknya Perang Dunia II, wajib militer mengharuskan Stan Lee untuk bergabung dan bertugas dalam militer. Sesuai keahlian yang dimilikinya, selama tiga tahun Stan Lee bertugas menulis untuk film-film latihan dan mencatat segala keperluan militer.

Setelah perang usai, Stan Lee kembali menekuni bisnis lamanya, yaitu membuat komik. Dan tak terbendung lagi, ia pun menjadi penggerak, penulis, dan mengembangkan kelompok Marvel Comics yang terkenal itu. Hingga akhirnya lahirlah para superhero yang kelak akan menjadi legenda.

Pada tahun 1977, Stan Lee memperkenalkan Spider-Man melalui karya komik strip. Kisah si manusia laba-laba ini menghiasi surat kabar setiap hari, tujuh kali dalam satu minggu. Dan ternyata kisah petualangan Spider-Man mendapat tanggapan yang luar biasa. Kisah Spider-Man tercatat telah dimuat oleh lebih dari 500 surat kabar di seluruh dunia. Prestasi ini membuat Spider-Man menjadi komik strip yang sangat populer dan paling panjang petualangannya.

Pada tahun 1981 Stan Lee mulai menjalankan bisnis studio animasi. Dia menjadi Direktur Kreatif Marvel. Di studio ini lah kemudian Stan Lee mencoba membuat versi animasi televisi Spider-Man. Itu baru untuk Sipedr-Man, karena sebenarnya Stan Lee membuat hampir dari 90 persen tokoh terkenal Marvel sejak tahun 1965. Lebih dari dua milyar komik telah diterbitkan di 75 negara. Juga telah diterjemahkan dalam 25 bahasa. Di Eropa, nama Stan Lee menghiasi di lebih 35 juta komik setiap tahunnya.

The X-Men adalah superhero karya Stan Lee yang juga sukses selain Spider-Man. Setiap tahunnya terjual lebih dari 13 juta copy komik The X-Men. Beberapa karya Stan Lee yang sudah diangkat ke layar lebar misalnya Spider-Man, X-Men, Daredevil, The Hulk, The Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, The Avengers, Thor dan Blade. Di beberapa produksi film tersebut, Stan Lee terlibat sebagai eksekutif produser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar