Rabu, 31 Oktober 2012



: Posted on Rabu, 31 Oktober 2012 - 01.25

Bendungan Way Rarem Lampung Utara
Bendungan Way Rarem berlokasi di Desa Pekurun Kecamatan Abung Barat atau 36 km dari Kotabumi, atau 113 km dari Bandar Lampung. Objek wisata Way Rarem memiliki luas 49,2 ha, tinggi bendungan 59 m dan kedalaman air 32 km, luas genangan 1200 ha.

Bendungan Way Rarem, obyek wisata di Lampung Utara. Peningkatan kebutuhan air untuk berbagai sektor pembangunan cenderung meningkat di masa mendatang. Salah satu upaya dalam pengelolaan sumber daya air adalah dengan pembangunan waduk yang berfungsi untuk menampung kelebihan air di musim hujan yang dapat dimanfaatkan pada saat kekurangan air di musim kemarau. Dalam tesis ini akan dikaji pola operasi waduk dengan menggunakan teknik optimasi. Bendungan Way Rarem. Program Dinamik Deterministik merupakan salah satu teknik optimasi yang digunakan dalam kajian operasi waduk dengan menetapkan batasan atau kurva pengatur sebagai batas operasional waduk berdasarkan tinjauan kondisi kritis musim dalam tahun air yaitu tahun basah, tahun normal dan tahun kering. Dalam tesis ini akan ditinjau studi kasus pada Bendungan Way Rarem yang berfungsi melayani irigasi yang berada di Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan pola operasi waduk yang optimal untuk fungsi tujuan meminimumkan kekurangan air dengan melihat hubungan antara elevasi dan bulan dalam siklus satu tahunan yang dapat dilihat pada kurva pengatur bulanan. Sedangkan kehandalan volume tampungan dan kehandalan waktu pelayanan cukup baik dalam memenuhi kebutuhan irigasi untuk siklus satu tahunan.
Di samping untuk objek wisata, Bendungan Way Rarem juga berfungsi sebagai irigasi yang dapat mengairi seluas 22.000 ha, untuk Kecamatan Abung Timur, Tulang Bawah Tengah, Tulang Bawang Udik, dan Kotabumi. Terdapat beberapa spesies ikan hias air tawar seperti Ikan Sumatera, dan lain-lain. Lingkungan alam dan suasana perkampungan merupakan ciri khas lokasi ini.

Terletak di desa Pekurun Kecamatan Abumg Barat dengan jarak tempuh :
  • Dari Ibukota Kecamatan (Ogan Lima) : 20 Km
  • Dari Ibukota Kabupaten (Kotabuni) : 16 Km
  • Dari Ibukota Propinsi (Bandar Lampung) : 113 Km
Obyek Wisata Bendungan Way Rarem memiliki luas : 49,20 ha, luas genangan air : 1.200 ha, tinggi bendungan : 59 m, kedalaman air 32 m. Disamping untuk Obyek Wisata, Bendungan Way Rarem juga berfungsi sebagai irigasi yang dapat mengairi sawah seluas : 22.000 ha, untuk Kecamatan Abung Timur, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, Kotabumi.


Bagikan :


Artikel terkait :
thumbnail Bendungan Way Rarem Prokimal Kotabumi 2012-10-31T01:25:00+07:00 4.9 100 Reviews

Copyright © 2013. Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Kotabumi Lampung Utara
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA