Cari di Blog Ini

Jumat, 05 April 2013

Charles Macintosh, Pembuat Jas Hujan Anti Air Yang Pertama Di Dunia

Nama Charles Macintosh tidak bisa dipisahkan dari jas hujan, pakaian yang melindungi kita dari guyuran air hujan agar tak jadi basah kuyup. Charles Macintosh memang orang yang pertama kali membuat bahan anti air yang selanjutnya digunakan sebagai bahan pembuat jas hujan. Bahan anti air yang dibuatnya itu mendapatkan hak paten atas namanya pada tahun 1823.
Charles Macintosh. Kotabumi Lampung Utara
Tahukah Anda siapa pembuat jas hujan yang pertama kali? Dia adalah Charles Macintosh, seorang ahli kimia berkebangsaan Skotlandia. Pria ini lahir di Glasgow pada Desember 1766. Charles Macintosh pertama kali mematenkan metode pembuatan bahan anti air dengan mencampurkan karet yang sudah dihancurkan sebelumnya bersama aspal cair pada tahun 1823.

Ternyata, bahan dasar pembuat jas hujan ini proses pembuatannya tidak sesederhana seperti fungsinya. Berbagai percobaan dilakukan oleh Macintosh dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa dari pabrik gas. Kemudian, ia mencoba menggunakan bahan wol dan menambahkan zat hasil temuannya pada salah satu sisi bahan wol tersebut.

Hasil karya Macintosh tersebut tercatat sebagai bahan anti air pertama yang berhasil dibuat. Namun, bahan ini belum sempurna benar, karena mudah sobek ketika dijahit. Bahan minyak alami dari kain wol menyebabkan lapisan karet menimbulkan rasa tidak nyaman. Di musim dingin, bahan ini menjadi kaku. Sebaliknya di musim panas menjadi lengket.

Tiga tahun sebelum Charles mematenkan metodenya, Thomas Hancock lebih dahulu mematenkan teknik penciptaan bahan elastis yang digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tali selempang, sepatu, dan stoking. Tapi dalam proses penciptaan bahan elastis pertama kali, ternyata terlalu banyak bahan yang terbuang oleh Hancock. Akhirnya Hancock menciptakan mesin yang diberi nama Masticator. Mesin ini bertujuan untuk menghemat bahan dalam penggunaan karet.

Pada awalnya, Masticator atau mesin penghancur ini terbuat dari kayu. Bagian dalam mesin tersebut berupa sebuah lubang silinder dan di dalamnya terdapat gerigi. Di dalam lubang tersebut, bahan-bahan yang tidak terpakai dihancurkan kembali.

Thomas Hancock dan Charles Macintosh akhirnya bekerja sama menciptakan bahan anti air yang nyaman di segala cuaca. Bahan anti air ini kemudian diberi nama Mackintosh. Dan tentu saja, bahan ini juga yang digunakan untuk membuat jas hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar