Cari di Blog Ini

Rabu, 16 April 2014

Lampura Belum Miliki Pustakawan

Kabupaten Lampung Utara hingga kini masih belum memiliki tenaga pustakawan yang ahli di bidang pengelolaan perpustakaan, arsip dan dokumentasi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan Kabupaten Lampung Utara, Yunizar. Belum adanya tenaga pustkawan menyebabkan pelayanan yang belum optimal terhadap masyarakat atau berbagai pihak yang membutuhkan bahan informasi di perpustakaan setempat.

Perpustakaan. Kotabumi Lampung Utara
Lampura Tidak Memiliki Tenaga Pustakawan.

Kabupaten Lampung Utara, tidak memiliki tenaga pustakawan untuk mengelola perpustakaan, arsip dan dokumentasi di daerah. Kepala Kantor Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan Kabupaten Lampung Utara, Yunizar di ruang kerjanya, Senin (14/4/2014) mengatakan dampak tidak adanya tenaga pustakawan menyebabkan kurang optimalnya layanan petugas yang mengurus bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi atau yang berkunjung di perpustakaan setempat. "Bila tata kelola bagian arsip, dokumentasi dan perpustakaan tidak ditangani ahlinya, pelayanan petugas bagi masyarakat atau aparat yang membutuhkan informasi tidak akan optimal," ujarnya.

Dia mengaku, dua unit perpustakaan daerah di Kabupaten Lampung Utara di kelola 7 tenaga pustaka, dengan rincian; dua dari PNS dan lima tenaga honor. Ke 7 tenaga pustaka itu, bukanlah tenaga ahli yang khusus di didik di bidang perpustakaan. Begitu juga pegawai yang ditempatkan di bagian arsip dan dokumentasi. "Karena tidak ada tenaga pustakawan, pengelolaan perpustakaan, arsip dan dokumentasi daerah terkesan dilakukan secara serabutan dan belum terkelola secara profesional," kata Yunizar.

Untuk menjawab permasalahan ini, selain pelatihan bagi tenaga pustaka kabupaten ke Propinsi Lampung tentang tata cara pengelolaan perpustakaan, arsip dan dokumentasi. Rencana, 2015 pihaknya akan mengajukan ke Pemkab. tambahan tenaga ahli bidang perpustakaan untuk ditempatkan pada bagian Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan kabupaten setempat. "Dengan adanya tenaga pustakawan yang terampil diharapkan akan merubah paradigma masyarakat. Sehingga, perpustakaan daerah sebagai salah satu lokasi publik bagi warga untuk memperoleh informasi, dapat menjalankan fungsinya," kata Yunizar.

lampost.co

1 komentar: