Cari di Blog Ini

Minggu, 16 Maret 2014

Polres Dan Kodim 0412 Lampura Siap Amankan Pelantikan Bupati

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara yang terpilih pada tahun 2013 lalu dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2014. Berkaitan dengan hal ini, pihak Kepolisian Resor (Polres) Lampung Utara dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0412 Lampung Utara telah siap bekerjasama untuk melakukan tugas pengamanan acara pelantikan tersebut.

Kantor Bupati. Kotabumi Lampung Utara
Polres Lampura Siap Amankan Pelantikan Bupati.

Polres dan Kodim 0412 Lampung Utara siap amankan tahapan akhir pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada), yakni pelantikan Bupati – wakil Bupati Lampura terpilih yang direncanakan akan digelar 25 Maret 2014 mendatang. Aparat Kepolisian dan TNI pada prinsipnya siap amankan proses pelantikan Bupati – Wakil Bupati terpilih yang tinggal beberapa pekan lagi. "Dalam menjelang jadwal pelantikan Bupati – wakil Bupati terpilih yang dimana berdasarkan jadwal komisi pemilihan umum (KPU) akan digelar pada 25 Maret 2014 mendatang, polres akan melakukan operasi cipta kondisi," kata AKBP Helmy Santika ketika dimintai keterangan, Rabu (12/3/2014).

Dia juga mengatakan, selain mengamankan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati mendatang, pihaknya juga kini masih melaksanakan operasi cipta kondisi tersebut sasarannya pada tindak pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), penyalahgunaan senjata api (senpi) ilegal, narkoba, dan penyakit masyarakat lainnya yang dapat menganggu keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) Lampura.

Dalam pelantikan tersebut, lanjut Helmy Santika , pihaknya dan Kodim 0412 Lampura akan tetap bersinergi untuk mengamankan proses pelantikan tersebut, seperti yang telah dilakukan saat proses pemilihan umum sebelumnya. "Polres Lampung Utara pada prinsipnya siap mengamankan tahapan akhir dari pemilukada itu dengan mengerahkan personil Polres yang dibantu oleh TNI. Bentuknya akan mengamankan di titik-titik tertentu, terutama tempat pelantikan DPRD setempat. Yang menjadi penting dalam pengamanan di DPRD itu, dikarenakan lokasi kantor DPRD berada dilintas sumatera dan pola yang direncanakan akan dilakukannya penutupan arus (Pengalihan arus lintas) menuju ke Kantor DPRD itu bagi kendaraan umum," terangnya.

Ditambahkan AKBP Helmi Santika, selain melakukan operasi cipta kondisi pihaknya pun akan melakukan simulasi pengamanan pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih tersebut. "Selain menghadapi pelantikan, Polres telah melaksanakan simulasi menghadapi pemilihan legislatif (Pileg). Simulasi pengamanan untuk menghadapi pelantikan, pihaknya telah mengelarnya di lokasi pelantikan dan ditempat yang mungkin terjadi anarkisme masa," urainya.

Saat ditanyakan, apakah pihak Polres Lampung Utara akan meminta bantuan pasukan ke Polda Lampung (BKO), dirinya menegaskan bahwa jika diperlukan nantinya maka polres lampura akan meminta bantuan pasukan dari Polda Lampung. "Saat ini yang terpenting adalah kerjasama masyarakat Lampung Utara untuk tetap menjaga Kamtibmas dan tidak mudah terprovokasi, sehingga nantinya tidak perlu pasukan Polda yang di BKO kan disini, dikarenakan situasi Lampung Utara yang aman dan kondusif," terangnya

Dia juga menghmibau kepada masyarakat, siapun Bupatinya yang terpilih supaya untuk mendukung guna menjaga situasi yang amana dan kondusif.

Terpisah, Letkol Inf Marzuki Komandan Distrik Militer 0412 setempat mengatakan, pihaknya siap membantu Polres Lampura dalam mengamankan pelantikan Bupati-wakil Bupati terpilih. "Kodim 0412 siap membantu aparat kepolisian untuk mengamankan jalannya pelantikan Bupati-wakil Bupati terpilih mendatang. Intinya TNI siap membantu dalam mengamankan baik menjelang proses pelantikan maupun saat jadwal pelantikan tersebut," kata Marzuki.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar