Cari di Blog Ini

Selasa, 25 Maret 2014

Angka Kemiskinan Di Lampura Capai 52 Persen Dari Total Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk miskin di Lampung Utara mencapai angka 52 persen. Tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara tersebut terungkap dari kesimpulan sosialisasi masterplan percepatan pengentasan kemiskinan Indonesia (MP3KI) di kabupaten ini yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Tugu Payan Mas. Kotabumi Lampung Utara
Separuh Penduduk Lampung Utara Miskin.

Berdasarkan kesimpulan sosialisasi masterplan percepatan pengentasan kemiskinan Indonesia (MP3KI) tingkat Kabupaten Lampung Utara beberapa hari lalu, jumlah masyarakat miskin di Lampung Utara berkisar pada 52% dari jumlah penduduknya. Kesan Lampung Utara mapan sebenarnya adalah sebuah kiasan semata. Untuk menutupi bobroknya sistem birokrasi dalam mengatur sistem yang ada dari pusat. Hal demikian terlihat dengan banyak insfrastruktur terbangun hingga pelosok desa, namun masyarakatnya sendiri berada pada garis kemiskinan.

Pada RPJM desa sebelumnya digelar pada tingkat kabupaten baik itu dari unsur pemda maupun unsur lain yang berhubungan dengan program pemerintah pusat seperti PJOK, FK, dan Faskab sebagai pelaku PNPM daerah terdapat kecendrungan mengarahkan program pada pembangunan insfrastruktur jalan diperdesaan semata, tidak menyentuh peningkatan kompetitif dan kapasitas penduduk setempat.

Hal demikian yang menjadi dasar Kepala BPMD Lampung Utara Azwar Yazid beberapa hari lalu mengutarakan, dalam satu pekan ke depan istansi terkait pemda bersama tim PNPM kembali menggelar rembuk yang dapat meningkatkan angka penurunan angka kemiskinan di kabupaten setempat.

Menurut Azwar, sudah saatnya program pemerintah diarahkan pada peningkatan kapasitas masyarakat miskin seperti perbaikkan pelayanan publik semisal kesehatan dan pendidikan nonformal. "Pada pelayanan pendidikan ini titik beratnya kepada usaha yang menjadi tumpuan dasar masyarakat berpenghasilan rendah sesuai bidangnya masing-masing.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar