Cari di Blog Ini

Selasa, 30 April 2013

Angin Puting Beliung Merusak Desa Candimas, Abung Selatan

Musibah angin puting beliung yang terjadi di Desa Candimas, Abung Selatan, Lampung Utara, telah merusak beberapa rumah dan kebun milik penduduk serta fasilitas umum. Serbuan angin puting beliung di Desa Candimas tersebut berlangsung pada Sabtu, 27 April 2013, sekitar pukul 17.00. Untuk meringankan penderitaan para korban akibat musibah itu, pihak Kecamatan Abung Selatan telah memberikan bantuan berupa sembako, peralatan rumah tangga, obat-obatan, dan perlengkapan sekolah, pada Minggu 28 April 2013.
Puting Beliung Candimas, Abung Selatan. Kotabumi Lampung Utara
Korban Puting Beliung Dapat Bantuan

Korban puting beliung di Desa Candimas, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, mendapatkan bantuan pada Minggu (28/4/2013). Bantuan berupa sembako, alat rumah tangga, obat-obatan, dan perlengkapan sekolah itu diserahkan secara simbolis oleh Camat Abung Selatan Tarmizi S.Pd. kepada Kepala Desa (Kades) Candimas M. Hasby.

Diketahui, angin puting beliung terjadi pukul 17.00 WIB Sabtu (27/4/2013). Angin kencang merusak sejumlah rumah, fasilitas umum, dan lahan perkebunan milik warga. Meski tidak ada korban jiwa, peristiwa itu membuat warga trauma. Awalnya turun hujan di daerah itu. Lalu angin kencang muncul dan menerbangkan atap rumah yang terbuat dari genting, asbes, dan seng. Selain merusak delapan rumah warga, beberapa pohon di sekitar lokasi tumbang.

Tarmizi mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemkab terhadap warga, sekaligus untuk mengurangi beban yang dirasakan. "Kami turut prihatin dengan musibah ini. Semua ini tidak kita kehendaki," katanya.

Ia juga berharap warga yang menjadi korban bersabar. "Bantuan yang diserahkan ini pergunakanlah untuk keperluan sehari-hari," sebut Tarmizi.

Sementara, tokoh masyarakat Zunaidi mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Lampura. "Kami merasa senang dengan bantuan dari pemkab untuk korban angin puting beliung. Ini sangat membantu kami sekaligus memberikan dukungan moril agar warga tidak larut dalam kesedihan," ujarnya.

www.radarlampung.co.id

Senin, 29 April 2013

Kepala Korban Terluka Kena Sabetan Golok Pelaku Begal

Seorang ibu berusia 60 tahun menderita luka di kepala karena sabetan golok yang dilakukan oleh pelaku kejahatan begal. Kejadian pembegalan sepeda motor tersebut berlangsung pada Minggu 28 April 2013 sekitar pukul 05.00. Saat itu si ibu yang bernama Sutiyah tersebut sedang dibonceng dengan sepeda motor oleh anaknya, Sunarto (23 tahun) dan hendak pergi ke Pasar Dekon. Ketika ibu dan anak itu melintasi Jalan Raden Intan (Jembatan Way Sesah), Kelurahan Kota Alam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, tiba-tiba dari arah belakang mereka berdua dipepet oleh 6 orang tak dikenal yang mengendarai 6 unit sepeda motor.
Begal. Kotabumi Lampung Utara
Kepala Suti Kena Sabetan Golok Begal

Seorang warga di Desa Subik, Kecamatan Abung Tengah, Lampung Utara, bernama Sunarto (23) telah menjadi korban begal, Minggu (28/4/2013), sekitar pukul 05.00 WIB. Korban pada saat itu membonceng Sutiyah (60), ibunya, hendak ke Pasar Dekon Kotabumi. Namun saat melintas di Jalan Raden Intan (Jembatan Way Sesah), Kelurahan Kota Alam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, korban dipepet enam pelaku begal yang menggunakan tiga unit sepeda motor. Mirisnya, lagi Sutiyah mengalami luka robek di kepala yang diduga akibat sabetan golok salah seorang pelaku.

Dijelaskan Sunarto di ruang Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Lampung Utara, bahwa saat itu dirinya mengendarai Yamaha Jupiter MX BE 3162 JW. "Saya membonceng ibu hendak ke Pasar Dekon untuk berjualan buah kelapa. Sesampainya di jembatan Way Sesah, kami dipepet dan dihadang enam orang pelaku begal yang menggunakan tiga sepeda motor," ujarnya, Minggu (28/4/2013),

Ia mengatakan, dirinya melihat salah satu dari tiga sepeda motor pelaku, Honda Beat, warna oranye tanpa nomor polisi. Lanjutnya, dari arah belakang tiba-tiba kunci motor korban langsung dicabut salah seorang pelaku. "Setelah berhenti mereka meminta kami turun, dan langsung mencabut kunci sepeda motor. Kami bertahan tidak mau turun dari sepeda motor," ujarnya.

Tanpa bicara, salah satu pelaku yang tepat di belakang sepeda motornya langsung menebaskan goloknya di kepala Sutiyah. "Beruntung saat itu ibu memakai helm, dan tidak mengalami luka yang parah setelah disabet golok pelaku," bebernya.

Sunarto mengatakan, merasa nyawanya dan ibunya terancam, dirinya pun bergegas turun dari atas sepeda motornya. "Ibu saya menyuruh memberikan sepeda motor pada mereka, saya melihat kepala ibu juga sudah mengeluarkan darah," paparnya, seraya menambahkan.

Setelah melukai korban, para pelaku begal membawa kabur sepeda motor korban ke arah Simpang Bernah. "Saya meminta pertolongan warga yang melintas untuk membawa ibu ke RSU Ryacudu. Saat ini ibu sudah di rumah setelah mendapatkan perawatan medis," katanya.

Kasat Reskrim Polres Lampura AKP Bunyamin membenarkan atas kejadian tersebut, dirinya mengatakan telah menerima laporan dan akan melakukan penyelidikan.

lampung.tribunnews.com

Minggu, 28 April 2013

Sejarah 1 Mei Sebagai Labour Day (Hari Buruh Internasional)

1 Mei oleh para pekerja di seluruh dunia diperingati sebagai Labour Day atau Hari Buruh Sedunia. Bagaimana tanggal 1 Mei tersebut bisa ditetapkan sebagai Labour Day? Cerita tentang tanggal 1 Mei sebagai "Labour Day" atau Hari Buruh Sedunia sering diistilahkan juga dengan sebutan "May Day". Sejak awal dimulainya revolusi industri, para pekerja yang pada umumnya bekerja di pabrik-pabrik dengan waktu shift yang panjang seperti 14 jam atau lebih. Sekitar tahun 1880-an ada yg disebut "new movement" untuk memperkenalkan eight-hour days working (8 jam kerja dalam sehari) –Tahun 1884, konvensi dari Federation of Organized Trades and Labour Unions mengadopsi suatu resolusi yang menyatakan "Mulai 1 Mei 1886" - 8 jam kerja adalah sebagai "legal day work"- dan para pekerja akan strike towards companies yang tidak menjalankan 'eight-hour day' tersebut. Tentunya para pengusaha, tidak setuju dengan hal ini. Pada tanggal tanggal 1 Mei 1886, terjadi gelombang demostrasi besar-besaran yang melibatkan lebih dari 500.000 pekerja di New York, Boston, Chicago, dimana sejarah mencatat sebagai kampanye yg paling militant yg pernah terjadi. Dan kelanjutan dari reli-reli kampanye tersebut, sejarah tidak akan pernah lupa pada kejadian Haymarket Squere ( 4 Mei 1886). Pada kejadian tersebut, 8 orang yang dianggap sebagai "anarchists" ditahan. Hasil dari penahanan terhadap 8 orang "Leaders" (seingat penulis, mereka adalah : Samuel Fielden, Albert Parsons, Spies.. lainnya lupa !!). 4 orang diantaranya digantung setahun kemudian, dimana upacaranya di hadiri oleh ratusan ribu pekerja. Salah satu dari 8 orang tersebut didapati mati bunuh diri. Setelah kejadian Haymarket tersebut, para pekerja di seluruh dunia menyatakan bahwa 1 Mei adalah menjadi hari mereka. President Cleveland akhirnya menandatangani satu keputusan yang menyatakan 1 Mei adalah "Labour Day". President Eisenhower memproklamirkan tanggal 1 Mei sebagai "Law Day" dalam hubungannya dengan kejadian May Day tersebut. Dikemudian hari Juri di US menyatakan hukuman gantung terhadap 4 orang tersebut tidak fair.
Pekerja Pabrik. Kotabumi Lampung Utara
Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day dan juga punya sebutan yang lebih populer yaitu Labour Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.


Sejarah Labour Day / May Day

May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey. Pada tahun 1872, McGuire dan 100.000 pekerja melakukan aksi mogok untuk menuntut mengurangan jam kerja. McGuire lalu melanjutkan dengan berbicara dengan para pekerja and para pengangguran, melobi pemerintah kota untuk menyediakan pekerjaan dan uang lembur. McGuire menjadi terkenal dengan sebutan "pengganggu ketenangan masyarakat".

Pada tahun 1881, McGuire pindah ke St. Louis, Missouri dan memulai untuk mengorganisasi para tukang kayu. Akhirnya didirikanlah sebuah persatuan yang terdiri atas tukang kayu di Chicago, dengan McGuire sebagai Sekretaris Umum dari "United Brotherhood of Carpenters and Joiners of America". Ide untuk mengorganisasikan pekerja menurut bidang keahlian mereka kemudian merebak ke seluruh negara. McGuire dan para pekerja di kota-kota lain merencanakan hari libur untuk Para pekerja di setiap Senin Pertama Bulan September di antara Hari Kemerdekaan dan hari Pengucapan Syukur.

Pada tanggal 5 September 1882, parade Hari Buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

Pada 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikannya hari libur umum. Pada 1894. Presider Grover Cleveland menandatangani sebuah undang-undang yang menjadikan minggu pertama bulan September hari libur umum resmi nasional.

Kongres Internasional Pertama diselenggarakan pada September 1866 di Jenewa, Swiss, dihadiri berbagai elemen organisasi pekerja belahan dunia. Kongres ini menetapkan sebuah tuntutan mereduksi jam kerja menjadi delapan jam sehari, yang sebelumnya (masih pada tahun sama) telah dilakukan National Labour Union di AS: Sebagaimana batasan-batasan ini mewakili tuntutan umum kelas pekerja Amerika Serikat, maka kongres mengubah tuntutan ini menjadi landasan umum kelas pekerja seluruh dunia.

Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions untuk, selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872, menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

Peristiwa Haymarket

Pada tanggal 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.

Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.

Kongres Sosialis Dunia

Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi:
"Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis."

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Labour Day / May Day Di Indonesia

Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini.

Ibarruri Aidit (putri sulung D.N. Aidit) sewaktu kecil bersama ibunya pernah menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional di Uni Sovyet, sesudah dewasa menghadiri pula peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 1970 di Lapangan Tian An Men RRC pada peringatan tersebut menurut dia hadir juga Mao Zedong, Pangeran Sihanouk dengan istrinya Ratu Monique, Perdana Menteri Kamboja Pennut, Lin Biao (orang kedua Partai Komunis Tiongkok) dan pemimpin Partai Komunis Birma Thaksin B Tan Tein.

Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia. Semasa Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini jelas tidak pas, karena mayoritas negara-negara di dunia ini (yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota.

Kekhawatiran bahwa gerakan massa buruh yang dimobilisasi setiap tanggal 1 Mei membuahkan kerusuhan, ternyata tidak pernah terbukti. Sejak peringatan May Day tahun 1999 hingga 2006 tidak pernah ada tindakan destruktif yang dilakukan oleh gerakan massa buruh yang masuk kategori "membahayakan ketertiban umum". Yang terjadi malahan tindakan represif aparat keamanan terhadap kaum buruh, karena mereka masih berpedoman pada paradigma lama yang menganggap peringatan May Day adalah subversif dan didalangi gerakan komunis.

2006

Aksi May Day 2006 terjadi di berbagai kota di Indonesia, seperti di Jakarta, Lampung, Makassar, Malang, Surabaya, Medan, Denpasar, Bandung, Semarang, Samarinda, Manado, dan Batam. Di Jakarta unjuk rasa puluhan ribu buruh terkonsentrasi di beberapa titik seperti Bundaran HI dan Parkir Timur Senayan, dengan sasaran utama adalah Gedung MPR/DPR di Jalan Gatot Subroto dan Istana Negara atau Istana Kepresidenan. Selain itu, lebih dari 2.000 buruh juga beraksi di Kantor Wali Kota Jakarta Utara. Buruh yang tergabung dalam aksi di Jakarta datang dari sejumlah kawasan industri di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang tergabung dalam berbagai serikat atau organisasi buruh. Mereka menolak revisi Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang banyak merugikan kalangan buruh.

2007

Di Jakarta, ribuan buruh, mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan masyarakat turun ke jalan. Berbagai titik di Jakarta dipenuhi para pengunjuk rasa, seperti Kawasan Istana Merdeka, Gedung MPR-DPR-DPD, Gedung Balai Kota dan DPRD DKI, Gedung Depnaker dan Disnaker DKI, serta Bundaran Hotel Indonesia.

Di Yogyakarta, ratusan mahasiswa dan buruh dari berbagai elemen memenuhi Kota Yogyakarta. Simpang empat Tugu Yogya dijadikan titik awal pergerakan. Buruh dan mahasiswa berangkat dari titik simpul Tugu Yogya menuju depan Kantor Pos Yogyakarta. Di Solo, aksi dimulai dari Perempatan Panggung yang dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Bundaran Gladag sejauh 3 km untuk menggelar orasi lalu berbelok menuju Balaikota Surakarta yang terletak beberapa ratus meter dari Gladag. Aksi serupa juga digelar oleh dua ratusan buruh di Sukoharjo. Massa aksi tersebut mendatangi Kantor Bupati dan Kantor DPRD Sukoharjo. Di Bandung, para buruh melakukan aksi di Gedung Sate dan bergerak menuju Polda Jawa Barat dan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Jawa Barat. Di Serang, ruas jalan menuju Pandeglang, Banten, lumpuh sejak pukul 10.00 WIB. Sekitar 10.000 buruh yang tumplek di depan Gedung DPRD Banten memblokir Jalan Palima. Di Semarang, ribuan buruh berunjuk rasa secara bergelombang sejak pukul 10.00 WIB. Mengambil start di depan Masjid Baiturrahman di Kawasan Simpang Lima, Kampus Undip Pleburan, dan Bundaran Air Mancur di Jalan Pahlawan, lalu menuju gedung DPRD Jawa Tengah. Sekitar 2 ribu buruh di kota Makassar mengawali aksinya dengan berkumpul di simpang Tol Reformasi. Dari tempat tersebut, mereka kemudian berjalan kaki menuju kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo. Di kota Palembang, aksi buruh dipusatkan di lapangan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Di Sidoarjo, ratusan buruh yang melakukan aksi di Gedung DPRD Sidoarjo, Jawa Timur. Ribuan buruh di Pekalongan melakukan demo mengelilingi Kota Pekalongan. Aksi dimulai dari Alun-alun Pekauman Kota Pekalongan, melewati jalur pantura di Jalan Hayam Wuruk, dan berakhir di halaman Gedung DPRD Kota Pekalongan. Longmarch dilakukan sepanjang sekitar enam kilometer. Di Medan, sekitar 5 ribu buruh mendatangi DPRD Sumut dan Pengadilan Negeri Medan.

2008

Sekitar 20 ribu buruh melakukan aksi longmarch menuju Istana Negara pada peringatan May Day 2008 di Jakarta. Mereka berkumpul sejak pukul 10 pagi di Bundaran Hotel Indonesia. Sementara itu 187 aktivis Jaringan Anti Otoritarian dihadang dan ditangkap dengan tindakan represif oleh personel Polres Jakarta Selatan seusai demonstrasi di depan Wisma Bakrie, saat hendak bergabung menuju bundaran HI . Di Depok, 5 truk rombongan buruh yang hendak menuju Jakarta ditahan personel Polres Depok. Di Medan, polisi melarang aksi demonstrasi dengan alasan hari raya Kenaikan Isa Almasih. Aksi buruh di Yogyakarta juga dihadang Forum Anti Komunis Indonesia. Aksi ini dilakukan oleh pelbagai organisasi buruh yang tergabung Aliansi Buruh Menggugat dan Front Perjuangan Rakyat, serta diikuti berbagai serikat buruh dan organisasi lain, seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Buruh Putri Indonesia, Kesatuan Alinasi Serikat Buruh Independen (KASBI), Serikat Pekerja Carrefour Indonesia, Serikat Buruh Jabotabek (SBJ), komunitas waria, organ-organ mahasiswa dan lain sebagainya.

2009

Belasan ribu buruh, aktivis dan mahasiswa dari berbagai elemen dan organisasi memperingati Hari Buruh Sedunia dengan melakukan aksi longmarch dari Bundaran HI menuju Istana Negara, Jakarta. Aksi ini tergabung dalam dua organisasi payung, Front Perjuangan Rakyat (FPR) dan Aliansi Buruh Menggugat (ABM). Ribuan buruh yang tergabung dalam ABM, tertahan dan dihadang oleh ratusan aparat kepolisian sekitar 500 meter dari Istana.

2010

Bertepatan dengan Hari Buruh Internasional, ribuan pengunjuk rasa melakukan unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Dari Bundaran HI, mereka kemudian bergerak ke depan Istana Negara. Mereka menuntut akan jaminan sosial bagi buruh. Kalangan buruh menganggap penerapan jaminan sosial saat ini masih diskriminatif, terbatas, dan berorientasi keuntungan. Di depan Istana, sempat terjadi kericuhan yang berlangsung sekitar 15 menit pada pukul 14.00 WIB. Petugas kepolisian mengamankan dua orang pengunjuk rasa untuk dimintai keterangan. Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang, kedua demonstran tersebut berasal dari salah satu lembaga antikorupsi, KAPAK (Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi). Setelah insiden itu, secara umum kondisi aksi unjuk rasa berjalan kondusif kembali hingga selesainya aksi pada pukul 16.00 WIB.

2011

Ribuan buruh Indonesia merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day, Minggu (01/05/2011) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Mereka menyerukan adanya kepastian jaminan sosial bagi para buruh di Indonesia sambil meneriakkan yel-yel perjuangan eperti "Hidup Buruh" dan "Berikan Hak-Hak Buruh," serta mereka berpawai menuju Istana Negara.

id.wikipedia.org

Sabtu, 27 April 2013

Densus 88 Dilibatkan Memburu Para Pelaku Kejahatan Begal

Untuk mengantisipasi makin maraknya aksi pembegalan di Lampung Utara, POLRI telah menurunkan anggota Densus 88 atau Detasemen Khusus 88 Antiteror. Menurut keterangan dari Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Ajun Komisaris Besar Sulistianingsih, 2 orang anggota Densus 88 saat ini sedang ditugaskan di Lampung Utara untuk membasmi kawanan penjahat pelaku pembegalan sepeda motor yang masih terus merajalela.
Densus 88. Kotabumi Lampung Utara
Densus 88 Turun Tangan Atasi Begal di Lampung

Anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri saat ini tengah berada di Lampung. Namun, keberadaan mereka kali ini tidak untuk menangkal terorisme, melainkan mengatasi maraknya pembegalan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Sulistianingsih, saat ini ada dua anggota Densus 88 Antiteror Polri yang tengah berada di Lampung Utara. "Mereka membantu mengatasi pembegalan di sana," kata Sulistianingsih, Selasa (23/4/2013), di Bandar Lampung.

Seperti banyak diberitakan, maraknya begal atau perampas sepeda motor telah menjadi teror tersendiri bagi warga sekitar. Para pembegal tidak segan-segan melukai, bahkan membunuh, korbannya. Saat beraksi, mereka acap kali membawa senjata api.

Purwanto (37), warga Sungkai Utara, Lampung Utara, membenarkan jika aksi para begal akhir-akhir ini kian mengkhawatirkan. Tidak terhitung lagi banyaknya korban yang dilukai dan ditembak oleh mereka. "Ampun pokoknya. Apakah itu tidak bisa diatasi, ya? Saat ini, kami mau keluar rumah saja tidak berani. Betul-betul sudah mengkhawatirkan ulah begal itu. Padahal, dulu Lampung Utara tidak marak begal seperti ini," tuturnya.

regional.kompas.com

Kamis, 25 April 2013

Lampura Belum Miliki Dokter Spesialis Mata Dan Kulit

Ternyata Kabupaten Lampung Utara belum memiliki dokter spesialis mata dan kulit. Hal itu diungkap oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampura, dr. Maya Metisa. Untuk mengisi belum tersedianya dokter spesialis mata dan kulit di Lampung Utara, dr. Maya meminta kepada pemerintah kabupaten setempat untuk mendatangkan dan menugaskan dokter yang memiliki spesialisasi sebagai dokter mata dan kulit di kabupaten ini. Namun sebelum dokter dengan spesialisasi mata dan kulit didatangkan, pemkab sebaiknya harus menyiapkan terlebih dahulu peralatan dan ruangan yang dibutuhkan.
Mata. Kotabumi Lampung Utara
Kabupaten Ini tak Ada Dokter Spesialis Mata dan Kulit

Kabupaten Lampung Utara masih kekurangan dokter spesialis mata dan kulit. "Kita saat ini masih belum memiliki dokter spesialis kulit dan mata," kata Ketua IDI Lampura, dr Maya Metisa ditemui disela-sela Musyawarah Cabang IDI Lampura, Rabu (24/4/2013).

Jumlah dokter di Lampung Utara ada 118 dokter, meliputi dokter umum dan spesialis. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 dokter umum. "Semuanya sudah terdata di IDI Lampura," katanya.

Untuk ketiadaan tersebut, pihaknya meminta kepada Pemkab setempat untuk menempatkan dokter yang sudah mendapat spesialis bekerja di Lampura. Namun sebelum itu, dirinya mengimbau agar pemkab setempat, khususnya di rumah sakit umum Ryacudu, dilengkapi peralatan kerja dokter.

lampung.tribunnews.com

Rabu, 24 April 2013

Drainase Tak Memadai, Jalan Jadi Rusak Berat

Sebuah jalan beraspal yang menuju ke Markas Kepolisian Resort Lampung Utara kini dalam keadaan rusak berat, bahkan beberapa bagian badan jalan menjadi putus. Kerusakan jalan ini diinformasikan sudah terjadi cukup lama dan belum ada tindakan perbaikan dari Dinas PU di Lampung Utara.
Jalan rusak. Kotabumi Lampung Utara
Jalan ke Mapolres Lampura Putus

Jalan Cukul Subroto yang merupakan pintu masuk Mapolres Lampung Utara rusak parah. Bahkan sebagian terputus. Hal ini tentu mengganggu aktivitas warga Kelurahan Kelapatuju, Kecamatan Kotabumi Selatan, kabupaten setempat. Padahal, jalan itu juga merupakan jalur penghubung Kelurahan Kelapatujuh dengan Dusun Bernah, Desa Mulangmaya, Kecamatan Kotabumi Selatan. Kerusakannya pun tidak sedikit, namun mencapai tiga kilometer.

Terdapat lubang di sejumlah titik yang cukup lebar. Aspal nampak mengelupas dengan batu kerikil berserakan di mana-mana. Hal itu diperkirakan akibat bermasalahnya drainase. Sehingga, jalan selalu tergenang air. Ditambah lagi kualitas pengaspalan dengan bahan aspal mentah dan usia jalan yang sudah lama. Meski sudah parah dan lama, jalur utama yang menghubungkan desa ke kota kecamatan ini belum juga diperbaiki. "Beberapa titik yang berlubang hanya ditambal dengan batu seadanya," beber Rizal (45), warga setempat, kemarin.

Rizal mengungkapkan, jika hujan tiba, jalan semakin sulit dilalui. Pasalnya menjadi amat licin sehingga membahayakan pengguna jalan yang melintas di atasnya. "Bahkan sebagian jalan sudah putus," sambungnya

Mewakili warga lainnya, ia berharap pemerintah melalui dinas terkait segera turun tangan mengatasi persoalan ini. Agar kerusakan tidak semakin parah dan musibah yang mungkin timbul dapat dicegah. Dia juga meminta di sisi jalan dibuatkan jalur pembuangan agar air bisa mengalir dan tidak menggenang di badan jalan. "Dengan demikian, jika nanti diperbaiki jalan tak gampang rusak," tuturnya.

www.radarlampung.co.id

Selasa, 23 April 2013

Menghipnosis Anak Agar Tidak Susah Makan

Biasanya, anak-anak yang masih kecil susah sekali menghabiskan makanan yang sudah disajikan ibunya. Selalu saja ada alasan anak menolak makan. Tentu ini bisa menjadi tidak baik untuk pertumbuhannya. Apa Anda memiliki anak-anak kecil yang sering kali menolak untuk menyantap habis jatah makanannya? Ini cara unik yang bisa Anda gunakan agar si kecil tidak lagi susah makan.
Anak susah makan. Kotabumi Lampung Utara
Anda sulit menghadapi si kecil karena dia tidak mau makan, sering ngompol, sulit diam atau bergerak terus, gagap, dan masalah-masalah lain? Itu bisa diatasi dengan terapi hipnosis. Sudarno atau kerap disebut Ki Arya Lodra, praktisi hipnosis, mengungkapkan bahwa kalimat sugesti positif seperti: "Mulai sekarang adik (sebut namanya) doyan segala jenis makanan yang menyehatkan..." dapat diberikan saat anak sudah tidur.

Dengan demikian, orangtua tidak perlu khusus belajar menghipnosis anak agar tidak susah makan atau ikut kursus berjam-jam untuk memberi sugesti pada anaknya. Sugesti-sugesti itu biasanya diberikan sebanyak tiga kali. "Berikan dengan bahasa yang jelas, kalimat positif, seperti sudah terjadi, dan dengan sentuhan emosional," ujar Arya. Bahasa yang jelas maksudnya spesifik dan sesuai keinginan. Contohnya, orangtua ingin anak mau makan sayur, katakan saja demikian. Sementara yang dimaksud dengan kalimat positif adalah sama sekali tidak ada kata "tidak". "Jangan katakan tidak lupa, tapi gantilah dengan kata ingat," kata Arya.

Kalaupun terpaksa menggunakan kata "tidak", berilah tekanan pada kata itu saat mengucapkannya. Kata lain seperti "jangan" sama sekali tidak dikenal oleh otak kita. "Karena itu lebih baik hindari kata jangan," tutur Arya.

Selanjutnya sugesti juga harus diberikan seolah-olah sudah terjadi. Kata "akan" atau "besok" menurut Arya sebaiknya tidak digunakan. Kata besok, saat Anda mengucap sugesti yagn sama, otak akan merespons bahwa itu masih besok kejadiannya. Artinya, tidak bakal terjadi. Tekanan-tekanan irama yang fungsinya memperkuat secara emosi juga perlu diberikan.

Berikut langkah-langkah hipnosis yang layak Anda coba:
  1. Saat anak tidur nyenyak, goyangkan kepala anak dari kiri dan kanan perlahan saja. Jangan sampai anak terbangun.
  2. Setelah anak bereaksi dengan mengerjap-ngerjapkan matanya, elus sedikit dahinya dan bisikkan kalimat sugesti yang ingin Anda masukkan. Kalimat disusun dalam bentuk sederhana dan dimengerti anak. Ingat, gunakan kata-kata positif.
  3. Jika anak bereaksi dengan memberikan anggukan, berarti sugesti Anda sudah masuk dan instruksi dimengerti anak.
  4. Jika tak ada reaksi, ulangi esok harinya. Paling tidak dalam dua tiga kali percobaan, salah satunya akan diterima pikiran bawah sadar anak.
kompas.com

Senin, 22 April 2013

Alokasi Subsidi Pupuk Pertanian Untuk Lampura

23 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah sebanyak 43.617 ton dengan perincian: 2.482 ton pupuk organik, SP36 3.839 ton pupuk SP36, 22.197 ton pupuk Urea, 15.943 ton pupuk NPK, dan 2.088 ton pupuk ZA. Jumlah keseluruhan dari alokasi pupuk bersubsidi tersebut direalisasikan berdasarkan Surat Keputusan No B/ 330/23-LU/HK/2013 tanggal 17 Desember 2012 yang ditandatangani oleh Bupati Lampung Utara.
Pupuk bersubsidi. Kotabumi Lampung Utara
Alokasi Pupuk Subsidi di Lampura 43.617 Ton

Alokasi pupuk subsidi untuk sektor pertanian di Kabupaten Lampung Utara tahun 2013 sebanyak 43.617 ton. Demikian yang diungkapkan Sekretaris Dinas Petanian dan Peternakan Sofyan, Minggu (21/4/2013). Rinciannya, untuk jenis urea 22.197 ton, SP36 3.839 ton, ZA 2.088 ton, NPK 15.943 ton, pupuk organik 2.482 ton.

Sofyan menambahkan, alokasi tersebut sesuai keputusan Bupati Lampung Utara No B/ 330/23-LU/HK/2013 tanggal 17 Desember 2012 tentang Alokasi Pupuk Bersubsidi untuk Petani yang tersebar di 23 Kecamatan di Lampung Utara. Menurut dia, distribusi pupuk bersubsidi ini sifatnya tertutup, artinya hanya diperuntukkan bagi petani yg berhak. "Mereka (petani) yang tergabung dalam kelompok tani (poktan)," jelasnya.

Kemudian, gapoktan tersebut wajib menyusun rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) agar kios pengecer pupuk bisa melayani pembelian.

Ia mengimbau agar semua poktan harus menyusun RDKK untuk membeli pupuk subsidi. "Agar penyuluh pertanian dan kepala unit pelaksana teknis dapat membimbing dalam menyusun RDKK," ujarnya.

lampung.tribunnews.com

Catatan:
Sesuai tulisan diatas, ada perbedaan pada jumlah alokasi pupuk bersubsidi dan total jumlah berdasarkan perincian jenis pupuk. Belum ada penjelasan tentang hal tersebut dari sumber berita ini.

Minggu, 21 April 2013

Mempersiapkan Masa Pensiun Bagi Ibu Rumah Tangga

Pensiunan ibu rumah tangga? Tentu saja tidak, ibu rumah tangga adalah jabatan seumur hidup. Yang dimaksud dalam artikel ini adalah mempersiapkan pension bagi para ibu yang juga bekerja mencari nafkah dengan berbagai macam profesinya. Tentu saja mereka tidak bisa terus bekerja hingga usia tua pada sebuah perusahaan, instansi, lembaga, atau apa saja di tempat selama ini dia bekerja. Akan ada waktunya seorang ibu yang bekerja memasuki usia pension atau purnakarya. Mempersiapkan masa pensiun bagi ibu rumah tangga, masa pensiun bagi wanita karier, wanita karier dan ibu rumah tangga.
Wanita karier. Kotabumi Lampung Utara
oleh : Mike R. Sutikno

Zaman dulu ketika ditanya tentang pekerjaan orangtua, saya menjawab karyawan swasta untuk bapak, dan ibu rumah tangga untuk ibu. Namun, status pekerjaan bapak bertahun-tahun kemudian berubah menjadi pensiunan, sementara status pekerjaan ibu tetap sebagai ibu rumah tangga. Setiap pekerja pasti akan ada waktunya untuk pensiun, tetapi tidak demikian dengan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Lagi pula apa jadinya dunia ini jika para ibu pensiun dini dari tugas rumah tangganya?

Tanggung jawab siapakah untuk menyediakan dana pensiun untuk ibu? Apakah tanggung jawab para ibu sendiri, atau menjadi tanggung jawab sang suami atau anak- anaknya. Para ibu mungkin berasumsi bahwa nanti suami dan anak-anak yang akan bertanggung jawab terhadap biaya hidupnya setelah pensiun.

Gantian dong, selama ini ibu-ibu sudah mengurus suami dan anak-anak. Maunya sih begitu, tetapi kenyataan kadang kala berbeda dengan harapan. Suami dan anak-anak bagaimanapun tak selalu bisa diharapkan.

Perencanaan pensiun untuk ibu-ibu juga perlu strategi khusus. Misalnya, jika diperhatikan ibu bekerja lebih cenderung mementingkan urusan keluarga dibandingkan dengan pekerjaan. Ini dapat mengganggu karier mereka ketika pekerjaan dikorbankan demi merawat anggota keluarga.

Ibu juga cenderung bekerja paruh waktu di pekerjaan yang tidak memenuhi syarat untuk rencana pensiun, agar dapat lebih bebas mengatur ritme kerja. Oleh karena itu ibu memiliki waktu kerja yang lebih pendek dengan pendapatan yang lebih kecil. Tambahan lagi, konon dengan posisi jabatan yang sama dengan pria, wanita ternyata mendapat upah lebih kecil. Akibatnya jumlah kontribusi setoran pensiun berkurang. Artinya bahwa ibu akan memiliki lebih sedikit dana untuk dimanfaatkan di masa pensiun

Belum lagi jika terjadi risiko pernikahan seperti perceraian dan kematian. Perceraian berakibat terhentinya sejumlah tertentu penghasilan suami yang biasanya diterima. Bahkan, bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja, perceraian mengakibatkan terhentinya penghasilan sama sekali. Akibatnya kesempatan untuk memanfaatkan dana pensiun suami pun hilang. Jika ibu memiliki dana pensiun sendiri, tentunya tidak perlu terlalu risau.

Demikian juga terjadinya kematian pada suami bisa mengakibatkan penghasilan untuk keluarga berkurang atau berhenti sama sekali. Keadaan ini juga menjadi alasan utama bagi ibu untuk mulai membangun dana pensiun dan mengambil tanggung jawab masa depannya sendiri.

Rata-rata seorang ibu pekerja akan pensiun pada usia 55 tahun. Ibu dapat berharap untuk hidup sampai usia 75 tahun atau 85 tahun. Menurut survei, 5 sampai 7 tahun hidup lebih lama daripada seorang laki-laki pensiun pada usia yang sama. Dana pensiun dapat meningkatkan kemungkinan seorang ibu memiliki cukup uang untuk bertahan selama masa hidup yang lama.

Perencanaan pensiun mungkin tampak seperti sasaran yang jauh di masa depan. Namun, tak ada alasan untuk menundanya, harus dimulai sejak awal. Tanpa sejumlah persiapan, seorang ibu akan kesulitan di masa tuanya.

Optimalkan pensiun

Pada umumnya ibu berinvestasi lebih hati-hati dibandingkan dengan bapak, sehingga pendapatan hasil investasi ataupun pertumbuhan dana investasi cenderung konservatif. Ini juga memengaruhi besarnya akumulasi dana yang bisa digunakan saat pensiun. Ibu dapat tetap memilih dengan hati-hati di mana akan meletakkan uang mereka dan terus belajar bagaimana membuat investasi mereka tumbuh lebih cepat.

Berikut ini beberapa kondisi persiapan pensiun yang perlu dipertimbangkan dan cara mengoptimalkan dana pensiun yang belum atau yang sudah dimiliki ibu:
  1. Jika ibu bekerja dan pemberi kerja menawarkan program pensiun, ibu bisa bergabung ke dalam program ini dan berkontribusi semaksimal yang diperbolehkan. Pemberi kerja umumnya menawarkan program jamsostek dari pemerintah, atau ada juga pemberi kerja yang membentuk Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) untuk karyawannya. Biasanya setoran dana pensiun ditetapkan sejumlah persentase tetap dari gaji karyawan ditambah kontribusi pemberi kerja. Perbandingan yang paling umum adalah 50% dari kontribusi karyawan hingga persentase maksimum upah atau gaji (biasanya 6%). Sisanya dibayar oleh pemberi kerja (ini seperti mendapatkan uang gratis!). Program seperti ini juga akan membuat ibu lebih disiplin dalam menabung sebab secara otomatis memotong gajinya pada awal. Lagi pula jumlah setoran investasi dana pensiun akan semakin besar sesuai dengan kenaikan gajinya.
  2. Di banyak perusahaan, ibu mungkin harus bekerja selama 5 tahun untuk bisa menerima manfaat pensiun. Ini disebut periode vesting (telah bekerja cukup lama untuk mendapatkan manfaat dari program pensiun). Terlalu sering karyawan, terutama ibu-ibu, berhenti bekerja, transfer ke pekerjaan lain hanya kurang dari waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat pensiunnya. Sebelum melakukan itu sebaiknya ditanyakan kantor personalia, pengurus DPPK, atau perwakilan serikat pekerja tentang periode vesting dan rincian lainnya.
  3. Simpan salinan dari dokumen yang menetapkan ketentuan dalam program pensiun yang diikuti. Dokumen ini diperlukan agar ibu dapat mengetahui bagaimana dana pensiun ibu dipersiapkan, manfaat apa yang diberikan dan cara perhitungannya. Dokumen ini juga memerinci konsekuensi keuangan-biasanya pengurangan manfaat-jika ibu memutuskan untuk pensiun dini. Ketahui juga mengenai aturan-aturan yang mengatur rencana pensiun ibu atau suami jika salah satu dari ibu atau suami meninggal. Umumnya pasangan yang masih hidup berhak untuk menerima manfaat pensiun ketika pasangannya yang mengikuti program pensiun meninggal dunia atau mengalami cacat tetap.
  4. Saat ini banyak ditawarkan program pensiun dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPPK) seperti bank dan perusahaan asuransi. DPPK dapat diikuti oleh ibu-ibu yang belum memiliki dana pensiun sendiri. Seperti ibu yang tidak bekerja juga oleh para ibu yang bekerja sendiri. DPPK tidak jauh berbeda dengan DPLK, di mana ibu melakukan setoran rutin baik mendebet langsung dari rekening atau membayar sendiri. DPPK juga memberikan manfaat penundaan pajak dan kemungkinan sanksi jika menarik dana pensiun lebih awal. Dengan memiliki dana pensiun sendiri, ibu tidak perlu resah jika terjadi risiko perceraian, sebab ibu tidak perlu tergantung secara finansial kepada siapa pun.
Bisnis Indonesia

Sabtu, 20 April 2013

Bayi Kecil Yang Malang Ini Membutuhkan Bantuan

Seorang bayi berusia 9 bulan menderita penyakit hydrocephalus dengan gejala bertambahnya cairan otak sehingga ukuran kepalanya makin membesar. Orang tua bayi perempuan yang bernama Azahra ini tidak mampu membiaya pengobatan yang mahal untuk buah hatinya itu karena pekerjaan mereka hanya sebagai buruh tani. Penyakit hydrocephalus ini sudah diderita oleh bayi Azahra sejak 5 bulan yang lalu. RSUD Ryacudu Kotabumi yang menjadi rumah sakit rujukan bagi Azahra tidak memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk merawat Azahra sehingga akhirnya bayi ini dirujuk lagi ke RSUD dr. Hi. Abdul Moeloek Bandarlampung.
RSUD Ryacudu. Kotabumi Lampung Utara
Azahra Butuh Uluran Tangan

Kesedihan terus menggayuti wajah pasangan suami-istri (pasutri) Ade Mukhson Alimi (21) dan Marliah (23). Kesedihan ini dipicu oleh kondisi buah hati mereka, Azahra (9 bulan), yang kini menderita hydrocephalus atau pembesaran kepala karena banyaknya cairan pada otak.

Penyakit ini sebenarnya sudah menimpa Azahra sejak lima bulan silam. Karena terkendala dana, pasutri warga Dusun I, Desa Muaradua, Kecamatan Abungtinggi, Lampung Utara, tersebut baru bisa membawa Azahra ke rumah sakit beberapa hari lalu. Itu pun menggunakan fasilitas jamkemas dengan pelayanan yang terbatas. "Sebenarnya, kami sudah lama ingin membawa Azahra ke rumah sakit. Karena kami tak punya biaya, akhirnya ditunda sampai dia (Azahra) berusia 8 bulan. Ketika diperiksa bidan desa akhir Maret lalu, Zahra divonis hydrocephalus dan harus di rujuk ke rumah sakit," ujar Ade, Jumat (18/4/2013).

Dijelaskan, akhirnya Azahra dirujuk ke di RSU Ryacudu Kotabumi dan sempat dirawat selama satu minggu. Karena pihak rumah sakit tidak memiliki peralatan memadai, Azahra akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung. Di rumah sakit pelat merah ini, Azahra dirawat selama 13 hari. "Yang menjadi kekhawatiran kami adalah soal mahalnya alat yang berupa selang untuk mengalirkan cairan otak yang berlebihan ke saluran kencing. Sebab, alat tersebut tidak termasuk dalam jaminan jamkesmas. Menurut dokter, harganya sekitar Rp 6 juta. Dari mana saya uang sebanyak itu. Apalagi alat yang dibutuhkan bukan cuma satu," keluh Ade yang sehari-hari hanya bekerja sebagai buruh tani itu. Ia sangat berharap pemerintah dapat membantu meringankan beban.

Senada, bidan desa setempat, Rusnawati, mengatakan, Azahra harus dikontrol secara berkala untuk mengetahui perkembangan kesehatannya. "Seminggu sekali Azahra harus dibawa ke RSUDAM untuk mendapat perawatan medis. Ini juga untuk memastikan alat yang terpasang cocok atau tidak dengan kondisi pasien. Kalau tidak cocok, harus diganti. Sebab, selang tersebut bisa pecah dan mengakibat aliran cairan otak terganggu," terang Rusnawati.

www.radarlampung.co.id

Jumat, 19 April 2013

Pemkab Lampura Akan Bangun Menara Senilai Rp 2,65 Miliar

Dana sebesar Rp 2,65 miliar akan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara untuk pembangunan sebuah menara yang bakal memiliki tinggi 50 meter. Rencana pembangunan menara ini adalah untuk melengkapi bangunan Masjid Baitul Abidin yang berada di area Islamic Center (IC) Kotabumi, Lampung Utara. Jika rencana tersebut bisa diwujudkan, menara ini akan menjadi menara tertinggi yang pernah didirikan di Provinsi Lampung. Pemkab Lampura Akan Bangun Menara Senilai Rp 2,65 Miliar.
Rp2,65 Miliar untuk Menara

Pemkab Lampung Utara membangun menara setinggi 50 meter. Jika terealisasi, ini merupakan menara tertinggi di Lampung. Diketahui, pembangunan menara itu ditarget rampung tahun ini dan dibangun untuk melengkapi sarana Masjid Baitul Abidin yang berada dalam Kompleks Islamic Center (IC) Kotabumi, Lampung Utara.

Pejabat Pembuat Teknis Kegiatan (PPTK) Pembangunan gedung IC Dinas PU Lampura Eky Wawan mewakili Kadis PU Lampura Hamartoni Ahadis mengatakan, pembangunan menara setinggi 50 meter itu merupakan sarana atau pelengkap masjid. "Tujuannya bisa juga dijadikan wahana rekreasi untuk masyarakat umum dan pelajar," ujar Eky usai mengikuti rapat di kantor Sekretariat Pemkab Lampura kemarin.

Dia melanjutkan, untuk anggaran pembangunan menara itu menelan biaya hingga Rp2,65 miliar. Termasuk untuk pembangunan drainase gedung serta gerbang masuk dan keluar.

Dengan ketinggian 50 meter, ia menambahkan, masyarakat bisa melihat Kecamatan Kotabumi secara keseluruhan. "Dalam menara, kita siapkan tangga manual hingga ke puncaknya. Nah, pada puncak menara berbentuk kubah masjid atau dengan ornamen bernuansa religius," paparnya.

www.radarlampung.co.id

Masih Usia 14 Tahun Sudah Jadi Pelaku Kejahatan Begal Sepeda Motor

Pera pelaku kejahatan begal sepeda motor di Lampung Utara rata-rata masih berusia muda, bahkan ada yang masih berusia 14 tahun. Penjahat belia ini bersama 3 orang pelaku kejahatan begal lainnya berhasil dibekuk di rumahnya masing-masing oleh Polres Lampung Utara dan Jatrantas Polda Lampung pada Kamis 18 April 2013. Seorang pelaku kejahatan begal lainnya yang juga masih berusia muda (16 tahun) ditangkap di tempat terpisah saat sedang bermain biliar.
Pelaku begal. Kotabumi Lampung Utara
Satu Pelaku Begal di Lampura Masih Belia

Satreskrim Polres Lampung Utara bersama dengan Jatrantas Polda Lampung membekuk empat pelaku begal, Kamis (18/4/2013) pukul 04.00 WIB. Kasatreskrim Polres Lampung Utara AKP Bunyamin membenarkan penangkapan keempat pelaku: Ar (14), warga Sindangsari, Kotabumi; Yudi Ardiansyah (24), warga Desa Banjar Agung, Abung Timur; Agus Dewantoro (21), warga Desa Banjar Agung, Abung Timur; Me (16), warga Desa Banjar Agung, Abung Timur.

Keempatnya merampas sepeda motor milik Edi (29), warga Dusun Labuhan, Desa Suak, Sidomulyo, Lampung Selatan, pada Rabu (17/4/2013) malam. "Pelaku melakukan aksi terakhirnya di jalan lintas Sumatera, Simpang Bernah, Kotabumi Selatan," katanya, Kamis (18/4/2013).
Bunyamin menjelaskan bahwa para pelaku dibekuk di rumahnya masing-masing. Dari tangan para pelaku polisi menyita sepeda motor Yamaha Mio dan Suzuki Shogun..

Begal Pura-pura Nebeng lalu Todongkan Pisau

Unit Reskrim Polsek Kotabumi Utara membekuk tersangka begal, Kamis (18/4/2013) pukul 03.00 WIB. Wakapolsek Kotabumi Utara Iptu Tampubolon menjelaskan, tersangka Ri (16), warga Kotabumi, Lampung Utara, ditangkap di arena permainan biliar di daerah Cempedak.

Tampubolon mengatakan, tersangka dibekuk karena diduga mencuri sepeda motor milik Najrianto (16), warga Desa Kalicinta, Kotabumi Utara, Rabu (17/4/2013) siang. Dalam melakukan aksinya, tersangka berikut temannya berpura-pura nebeng sepeda motor korban. Namun saat melintas di Jalan Raya Desa Abung Raya Timur, Kotabumi, mereka langsung menodong korban dengan pisau.

lampung.tribunnews.com

Kamis, 18 April 2013

Lemahnya Peraturan Disiplin PNS Pada PP RI No. 53/2010

Pihak Inspektorat Lampung Utara mengatakan bahwa dr. M. Rifki Agung Cahyono, Sp.A tetap berhak atas gajinya sebagai PNS meskipun yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran peraturan disiplin PNS. Tidak ada satu pun pasal dan ayat yang mengatur tentang gaji PNS dalam PP RI No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Seperti diketahui, bahwa usai menamatkan tugas belajar yang dibiayai dari APBD Lampung Utara, dr. M. Rifki Agung Cahyono, Sp.A sempat tidak diketahui keberadaannya dan selama beberapa waktu tidak memenuhi kewajibannya sebagai PNS.
RSUD Ryacudu. Kotabumi Lampung Utara
Dokter "Nakal" Penuhi Panggilan Inspektorat

Dokter spesialis anak, dr. M. Rifki Agung Cahyono, Sp.A., akhirnya memenuhi panggilan Inspektorat Lampung Utara, Selasa (16/4/2013). Dokter "nakal" itu diperiksa sekitar dua jam sejak pukul 09.00–11.00 WIB. Sekretaris Inspektorat Nozi Efialis membenarkan, pihaknya telah memeriksa dr. M. Rifki. Menurutnya, dokter itu dicecar sekitar 20 pertanyaan oleh tim pemeriksa. Pertanyaan yang diajukan seputar status PNS (pegawai negeri sipil), surat keputusan (SK), dan izin belajar yang sudah dilaksanakan.

Sayangnya, Nozi enggan menjelaskan hasil dari pemeriksaan itu dengan alasan dalam proses. Terkait gaji yang selama ini diambil dr. M. Rifki, meski tidak masuk kerja, Nozi menjelaskan adalah hak PNS. Dan, tidak ada satu pasal pun dalam PP RI No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang mengatur larangan pengambilan gaji bagi PNS. "Jadi selama dia masih berstatus PNS, gaji tersebut memang menjadi haknya," jelas Nozi.

Dia menerangkan, laporan hasil pemeriksaan (LHP) akan direkomendasikan ke bupati selaku pimpinan. Kemudian LHP menjadi pertimbangan dalam pemberian sanksi. "Yang memberikan sanksi juga bukan kita, tapi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) berdasarkan hasil rekomendasi ke pimpinan," terangnya seraya menyatakan, pihaknya masih menunggu LHP dari tim pemeriksa.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Lampura Arnol Alam mengatakan, belum memanggil dr. M. Rifki. Namun demikian, kemarin pihaknya sudah menggelar rapat internal dalam membahas berbagai permasalahan dan pengaduan masyarakat ke komisinya. "Nah, untuk masalah dokter spesialis ini kemungkinan pekan depan kami panggil," janji Arnol.

Diketahui, pengawasan Dinas Kesehatan Lampung Utara terhadap dokter yang bersekolah mengambil gelar spesialis di bidangnya sangat lemah. Buktinya, dr. M. Rifki Agung Cahyono, Sp.A. yang telah menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro, Jawa Tengah, sebelumnya tidak diketahui rimbanya. Pada tahun lalu, dua dokter spesialis, yakni Farida Nurhayati, Sp.T.H.T. dan Billy, Sp.Rad., yang disekolahkan Pemkab Lampura menggunakan ratusan juta dana APBD sempat melakukan hal sama. Sebab, setelah lulus mengambil spesialisasi di bidangnya, kedua dokter spesialis itu juga tidak jelas rimbanya. Kini kedua dokter itu telah kembali mengabdi di Lampura. Meskipun, sebelumnya ramai diberitakan sejumlah media massa di Lampung.

www.jpnn.com

5 Kasus Pencabulan Anak Dibawah Umur Dalam Waktu 4 Bulan

Dalam waktu 4 bulan terkahir, ada 5 kasus pencabulan dan pemerkosaan anak dibawah umur yang resmi dilaporkan kepada Kepolisian Resort Lampung Utara. Seorang pejabat Polres Lampura menuding maraknya peredaran gambar dan video porno yang memicu terjadinya kasus pencabulan dan pemerkosaan anak dibawah umur ini. Para korban sebagian besar dari kalangan para pelajar dari tingkat SD hingga SLTA. Para pelakunya justru berasal dari orang-orang yang dekat dengan korban.
Pencabulan anak dibawah umur. Kotabumi Lampung Utara
4 Bulan, 5 Anak di Bawah Umur Dicabuli

Para orang tua di Lampung Utara, tampaknya, harus lebih ketat mengawasi si buah hati yang masih tergolong di bawah umur. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu empat bulan, yakni sejak Januari 2013 hingga kemarin, polres setempat telah menerima lima laporan kasus pencabulan anak di bawah umur. "Faktor utama terjadinya pencabulan itu dikarenakan pengaruh dari gambar atau film porno. Sejak Januari hingga sekarang, ada lima laporan yang kami terima. Untuk pelaku yang belum terungkap, identitasnya telah kami kantongi. Rata-rata pelaku setelah mencabuli langsung melarikan diri keluar daerah," ujar Kasatreskrim Polres Lampura AKP Bunyamin kemarin.

Dia menjelaskan, faktor penyebab tertinggi sehingga adanya pemerkosaan atau pencabulan di bawah umur dikarenakan gambar porno. "Rata-rata korban dan pelaku masih pelajar SMP atau SMA, dan ada pula yang masih balita," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada orang tua yang mempunyai anak perempuan di bawah umur agar tidak ditinggalkan atau dititipkan dengan orang lain. "Biasanya, modus pencabulan anak di bawah umur itu diawali dengan bujuk rayu dengan memberikan makanan, jajanan, uang, dan lainnya," jelas dia.

Terpisah, Praktisi Hukum Lampura Karjuli Ali, S.H. mengatakan, berdasarkan fakta di persidangan, faktor pemerkosaan atau pencabulan memang pemicunya adalah gambar dan film porno. "Seharusnya diadakannya kembali penyisiran counter-counter telepon seluler dan warnet yang dapat dengan mudah diakses oleh remaja, serta kembali merazia sekolah-sekolah," sarannya.

Menurut dia, rata-rata pelaku dan korban masih tergolong muda dan atas unsur paksaan. Seperti sesama pelajar SMP dan SMA. Mirisnya, kata dia, pernah ada tujuh pelaku yang menggilir satu wanita yang masih tercatat sebagai pelajar SMA. Karena umumnya kasus pemerkosaan terjadi terhadap anak di bawah umur, imbuh Karzuli, sebaiknya orang tua memberi perhatian ekstra. "Serta tidak lupa memberikan pembekalan ilmu agama," katanya.

www.radarlampung.co.id

Rabu, 17 April 2013

Berinvestasi Secara Bijaksana

Berinvestasi secara bijaksana. Mengelola dana untuk berinvestasi. Investasi merupakan salah satu bentuk atau cara dalam memenuhi kebutuhan keuangan.
Investasi. Kotabumi Lampung Utara
Oleh : Taufik Gumulya (CFP® Financial Planner & CEO pada TGRM Perencana Keuangan)

Ada kiat sederhana yang mudah namun memerlukan kedisiplinan yaitu buatlah dafttar kebutuhan dan bukan keinginan. Misal kebutuhan pendidikan anak, sangat berlebihan jika orang tua memaksakan diri dengan membayar biaya yang tinggi di sebuah sekolah swasta sementara jumlah penghasilan sangat pas-pasan, lebih bijaksana jika menyekolahkan anak di sekolah negeri.

Dalam kasus ini sekolah swasta merupakan keinginan bukan kebutuhan orang tua, sebaliknya sekolah negeri adalah sebuah kebutuhan bukan keinginan. Demikian selanjutnya buatlah skala prioritas kebutuhan dan keinginan sehingga dapat bermuara pada penghematan.

Sekarang marilah kita memasuki tahap selanjutnya, setelah melakukan evaluasi atas penghasilan dan membuat daftar prioritas kebutuhan dan keinginan maka tahapan berikut adalah membuat perhitungan atas besaran kebutuhan tersebut. Langkah pertama sebelum melakukan perhitungan adalah kelompokan kebutuhan anda menjadi 3 (tiga) kategori:
  1. Kebutuhan jangka pendek, sasaran pencapaian < 3 tahun;
  2. Kebutuhan jangka menengah, sasaran pencapaian 3 s/d 5 tahun;
  3. Kebutuhan jangka panjang, sasaran pencapaian > 5tahun.
Setelah melakukan pengelompokan maka selanjutnya adalah menghitung besar dana yang dibutuhkan pada saat nanti, gunakan metode perhitungan 'Nilai Waktu Uang' atau 'Time Value of Money', contoh sederhana perhitungan dana pendidikan, misalkan dana untuk masuk universitas diperlukan dana saat ini (tahun 2013) sebesar Rp 80.000.000,-. Dana harus tersedia di tahun 2028, maka waktu yang tersedia untuk menyiapkan dana tersebut adalah 15 tahun dihitung dari saat ini.

Jangan lupa untuk menghitung kenaikan dana setiap tahunnya gunakan besaran inflasi rata-rata di Indonesia (data didapat dari Biro Pusat Statistik) dikalikan dengan 1,5. Mengapa demikian karena berdasarkan penelitian kami, kenaikan biaya pendidikan melebihi inflasi negara tersebut dimanapun berada.

Berikut adalah contoh sederhana, jika rata-rata inflasi di Indonesia adalah 9% maka untuk menghitung biaya pendidikan kelak faktor inflasi menjadi 9% x 1,5 = 13,5%.

Jadi untuk mendapatkan dana pendidikan kelak selama 15 tahun gunakan formulasi nilai yang akan datang atau dikenal dengan nama 'Future Value' berikut rumusnya:
FV = PVx (1+inflasi)

dengan demikian dana pendidikan kelak adalah:
FV = Rp 80.000.000x(1+13,5%)

atau sama dengan Rp 534.598.714,- dan jika dana tersebut dipersiapkan dari sekarang serta ditempatkan pada investasi dengan tingkat pengembalian 18% maka jumlah dana yang di investasikan setiap akhir bulan (pada saat terima gaji) adalah sebesar Rp 590.310,-.

Lalu dimana saya harus menempatkan dana investasi untuk pendidikan tersebut? Alangkah bijaksana jika anda dapat melakukan investasi dengan tepat serta hindari spekulasi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan proteksi kekayaan (wealth protection) terlebih dahulu gunakan asuransi jiwa tradisional dengan jenis Yearly Renewable Term (YRT) untuk memproteksi keluarga anda jika ternyata usia anda (mohon maaf) ternyata tidak cukup panjang.

Berapa besar uang pertanggungan asuransi jiwa yang harus diterima oleh keluarga anda dalam rangka pemenuhan biaya pendidikan? Kami menyarankan kisaran uang pertanggungan asuransi jiwa sebesar 60% s/d 100% dari nilai dana pendidikan kelak yaitu sebesar Rp 321 juta hingga Rp 535 juta, dengan kisaran premi asuransi jiwa untuk seorang tertanggung (dengan contoh usia 35 tahun) yaitu sebesar Rp 700.000,- hingga Rp 2.000.000,- pertahunnya.

Jadi, jika anda memiliki usia 35 tahun (sesuai contoh) dan ditawarkan asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar Rp 535 juta lalu anda harus membayar premi diatas Rp 2.000.000 setiap tahunnya maka sudah dipastikan bahwa asuransi tersebut tidak tepat, silahkan anda cari produk asuransi lain yang memiliki kisaran premi pada kisaran jumlah diatas, karena bagaimanapun produk asuransi jiwa sangat beraneka macam.

Berikutnya adalah penempatan investasi dana pendidikan, saran kami adalah tempatkan dana tersebut pada reksa dana saham dengan jumlah sebesar Rp 590.500,- per bulannya dan disertai target pencapaian keuntungan sebesar minimal 18 % setiap tahunnya.

Mengapa ditempatkan pada reksa dana? Ini wajib dilakukan bagi mereka yang sibuk serta tidak memiliki kompetensi yang memadai untuk melakukan perdagangan saham secara langsung. Keunggulan penempatan dana di reksa dana adalah anda tidak perlu berusah payah melakukan pemantauan investasi setiap harinya karena reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi yang telah lulus uji kompetensi di bidangnya, dialah bertugas untuk melakukan pemantauan tersebut hari demi hari. Ibarat seorang sopir yang bersangkutan telah memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) yang tepat dengan kendaraan yang cukup canggih sehingga faktor resiko menjadi lebih kecil.

Ada masukan yang patut anda pertimbangkan sebelum anda memutuskan ingin membeli reksa dana yaitu demi keamanan belilah reksa dana yang memiliki dasar hukum 'Kontrak Investasi Kolekti'’ atau dikenal dengan reksa dana KIK, hindari investasi yang mengaku reksa dana tetapi sebenarnya adalah 'Kontrak Pengelolaan Dana' atau KPD, ini merupakan 'Discretionary Fund'. Mengapa demikian? Karena pada reksa dana KIK seluruh portfolio atau 'isi perut' investasi tercatat pada suatu badan yang bernama 'Bank Kustodian', sehingga seluruh pergerakan reksa dana tersebut mudah dideteksi baik oleh Bank Kustodian dan diawasi oleh Bapepam sebagai lembaga otoritas pengawas di pasar modal.

Namun bagi mereka yang sangat suka untuk melakukan investasi di saham secara langsung, tidak terlalu tertarik dengan reksa dana, untuk kelompok ini adalah mutlak untuk melakukan pelatihan di bidang perdagangan saham terlebih dahulu, sehingga mereka dapat melakukan analisa saham baik secara fundamental maupun teknikal dengan tujuan agar dapat menekan faktor resiko yang ada. Jangan pernah melakukan trading saham tanpa pelatihan yang baik karena anda akan terjerumus dalam spekulasi dan bukan investasi.

Batasan antara spekulasi dan investasi sangat tipis. Untuk menghindari spekulasi anda mutlak dan harus memiliki kompetensi yang memadai. Hal ini juga sesuai dengan masukan dari partner ahli analisa saham pada bidang Wealth Acceleration bernama Anton Seloaji yang menyatakan bahwa pelatihan yang baik akan membawa anda menjadi seorang investor yang berkualitas, sehingga resiko dapat dikelola dengan baik serta mampu ditekan semaksimal mungkin.

Saran kami untuk mereka yang melakukan investasi saham secara langsung sebaiknya tidak serta merta menempatkan 100% porsi investasi tersebut kedalam portfolio investasi saham, melainkan dapat dilakukan secara berkala dan meningkat secara bertahap. Karena bagaimanapun kesuksesan memerlukan pengalaman dan pengalaman adalah pembelajaran.

Jadi, kesuksesan yang sejati adalah hasil dari pembelajaran. Tanpa pembelajaran kesuksesan menjadi kebetulan dan kebetulan adalah bagian terbesar dari spekulasi. Demikian pembaca yang bijaksana selamat melakukan investasi bukan spekulasi.

detikfinance.com

Selasa, 16 April 2013

Geshindo Lampura Desak Agar SPBU Kalibalangan Ditindak Tegas

Gerakan Supremasi Hukum Indonesia (Geshindo) Lampung Utara mendesak pihak Pertamina agar menghentikan pasokan BBM ke SPBU 24.345.22 Kalibalangan yang berlokasi di Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara. Geshindo menuding SPBU Kalibalangan belum memiliki izin operasional dan sering kali melakukan pengecoran BBM dalam jumlah besar. Aksi nakal SPBU tersebut bahkan sempat dipergoki oleh sejumlah anggota DPRD Lampung Utara yang memang sengaja melakukan inspeksi mendadak (sidak) atas laporan yang mereka terima.
SPBU. Kotabumi Lampung Utara
Setop Pasokan SPBU Nakal!

Dugaan adanya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) nakal terus bergulir. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Supremasi Hukum Indonesia (Geshindo) Lampung Utara M. Rozi Ardiansyah mendesak Pertamina Panjang untuk menghentikan pasokan ke SPBU 24.345.22 Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Lampura. Pasalnya selain belum ada izin, Geshindo juga menuding pihak SPBU kerap melakukan pengecoran BBM dalam jumlah besar. Mirisnya, kegiatan itu juga dipergoki oleh anggota DPRD Lampura. "Kita dapatkan informasi memang SPBU itu kerap melakukan pengecoran BBM dalam jumlah besar," terang Rozi, Minggu (14/4/2013).

Ia juga menuding SPBU itu terkesan sengaja tak memperpanjang izin dengan alasan yang tidak logis. Seperti sedang dalam proses rehab. "Ini ada indikasi kesengajaan pihak SPBU tak mau memperpanjang izin dan ada pembiaran. Jadi, kami minta untuk menghentikan sebelum perizinan kelar," tegasnya.

Dia juga mendesak penegak hukum dan instansi terkait untuk menindak tegas masalah pengecoran dengan jumlah besar yang dilakukan pihak SPBU ini. "Jadi selain masalah izin, juga pengecoran dalam jumlah besar dijadikan menu utama dalam proses hukumnya. Sehingga bisa menimbulkan efek jera terhadap SPBU lainnya," kata Rozi.

Sementara Ketua Komisi A DPRD Lampung Utara Arnol Alam, S.H. menegaskan, semua perusahaan di kabupaten setempat wajib hukumnya melengkapi perizinan, karena merupakan salah satu sumber pendapatan daerah. "Jadi semua perusahaan harus melengkapi semua perizinannya. Karena ini salah satu sumber PAD," ujar Arnol, Minggu (14/4/2013).

Ditanya mengenai rencana pemanggilan terhadap pemilik SPBU 24.345.22 Kali Balangan, Arnol menyatakan Komisi A DPRD Lampura akan melakukan rapat internal dengan seluruh anggotanya. "Jadwalnya belum kita tentukan tapi secepatnya. Kita akan lakukan rapat internal terlebih dahulu," tambah Arnol.

Diberitakan, Sukri, selaku pengelola SPBU 24.345.22 Desa Kalibalangan, membantah jika tidak berizin. Namun demikian, dia mengakui beberapa izin tersebut belum diperpanjang. Bahkan dia mengklaim masalah perizinan sudah lama diurus untuk perpanjangannya sejak dua bulan lalu. Namun, ada kekurangan yakni nomor surat dari Kemenkumham belum ada. "Mereka (KPTSP, Red) belum mau memperpanjang itu. Dan, saya sudah nunggu dari hari ke hari belum juga dapat (nomor surat)," tukas Sukri, Kamis(11/4/2013)

www.radarlampung.co.id

Senin, 15 April 2013

Mengelola Usaha Kursus Dan Les

Mengelola bisnis usaha penyelenggaraan kursus dan les tidak lah terlalu sulit. Apa lagi bagi Anda yang memang berkecimpung di dunia pendidikan. Bagi Anda yang sangat menguasai bidang tertentu, misalnya menjahit, service elektronik, komputer, dan sebagainya, Anda juga bisa menularkan pengetahuan dan keterampilan tersebut kepada orang lain dengan cara membuka kursus atau pelatihan. Pasar untuk bisnis usaha jasa penyelenggaraan kursus dan les terbuka lebar. Sebab setiap orang selalu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk bisa bersaing dalam dunia kerja.
Usaha Kursus dan Les. Kotabumi Lampung Utara
Kebutuhan belajar memang tidak hanya cukup di sekolah saja. Banyak orangtua zaman sekarang yang ingin anak mereka lebih pintar sehingga mengirim anak-anak itu belajar lagi di luar jam sekolah dengan mengikuti les. Mulai dari les pelajaran, bahasa asing, hingga kursus musik. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan. Untuk itu, Anda perlu menyediakan tempat, tenaga pengajar, dan fasilitas layaknya sebuah sekolah kecil. Cukup banyak, ya? Namun perlu diingat, selain menguntungkan, bisnis kursus ini selalu dibutuhkan sampai kapan pun alias bisnis yang selalu ada sepanjang zaman.

Tentukan Konsumen

Sebelum memulai usaha, ada baiknya tentukan dulu jenis kursus yang ingin dijalankan dan siapa target utama konsumennya. Pilih yang sesuai dengan kesenangan Anda. Dengan begitu, Anda akan bersemangat menjalankan usaha ini. Jika menyukai dan memiliki hobi musik, Anda bisa membuka kursus musik yang konsumennya mulai dari murid prasekolah hingga sekolah menengah atas. Namun, jika kursus bahasa asing atau pelajaran sekolah yang Anda pilih, targetkan untuk usianya mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pasalnya, pelajaran yang diajarkan di tempat kursus bisa disesuaikan dengan pelajaran di sekolah.

Lalu, bagaimana jika Anda lebih tertarik membuka kursus untuk anak-anak usia prasekolah? Tak masalah. Saat ini kursus membaca dan berhitung untuk anak-anak usia prasekolah juga sedang marak. Jika berminat, Anda bisa mencoba bisnis ini.

Bagaimana Untuk Memulai?

Ada dua pilihan. Jika dana yang dimiliki besar, Anda bisa membeli bisnis kursus franchise alias waralaba yang sekarang banyak ditawarkan. Nama besar tempat kursus franchise akan membuat orang melirik tempat Anda. Namun, biaya franchise-nya pun cukup besar, mulai Rp35-500 juta (belum termasuk sewa tempat). Namun, jika dana yang Anda miliki terbatas, membuka kursus sendiri saja. Setelah menentukan siapa target utama konsumen, selanjutnya pilih lokasi dan cari tempat yang cukup luas. Untuk lokasi, akan lebih baik jika berada di daerah perumahan atau dekat sekolah. Kedua lokasi ini memungkinkan dilirik para orangtua karena tidak membutuhkan waktu lama dan biaya lebih untuk sampai ke tempat.

Sementara luas minimal tempat yang bisa dijadikan tempat kursus adalah sekitar 120 meter persegi. Sebagai sarana pendukung, Anda bisa menyediakan kursi yang memiliki meja kecil untuk menulis. Kursi semacam ini tidak memakan tempat sehingga ruangan bisa lebih maksimal. Untuk pegawai yang merupakan para pengajar, Anda bisa merekrut dari kalangan mahasiswa yang masih aktif atau pun mahasiswa tingkat akhir. Biasanya para pengajar yang sudah memiliki gelar sarjana akan lebih memilih melamar pekerjaan lain. Kalaupun bersedia, mereka akan meminta honor lebih tinggi dibandingkan honor untuk para pengajar dari kalangan mahasiswa.

Kunci Sukses

Menghadapi dan mengajar anak-anak, apalagi usia prasekolah dan remaja, bukanlah hal yang mudah. Mereka cenderung suka bermain daripada belajar. Butuh kesabaran dan kharisma tersendiri. Itu sebabnya, Anda perlu menyeleksi para pengajar dengan cukup ketat. Umumnya, anak-anak lebih suka pengajar yang bisa berkomunikasi dengan baik, bersikap lembut dan bisa mengajar dengan cara menyenangkan. Nah, pilihlah pengajar yang tak hanya suka bergaul dengan anak-anak, tapi juga memiliki ketiga kriteria tadi. Dengan demikian, anak-anak yang belajar di tempat kursus Anda akan merasa senang dan betah.

Mencari pelanggan alias siswa-siswa yang akan belajar di tempat kursus, juga bukan perkara mudah. Apalagi jika tempat kursus Anda belum punya nama besar. Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan bahwa beberapa orangtua akan memilih guru privat dibandingkan membawa anak mereka ke tempat kursus. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberikan bonus kepada para siswa yang sudah memilih tempat kursus Anda. Bonus itu bisa bermacam-macam, mulai dari pulpen, topi, kaus, tas, hingga diskon pembayaran. Selain itu, saat belajar, sisipkan permainan-permainan yang sesuai dengan karakteristik umur siswa agar mereka tidak lekas bosan dan selalu ingin datang ke tempat kursus.

kompas.com

Minggu, 14 April 2013

53 Siswa SLTA Tak Bisa Ikuti Ujian Nasional

Sebanyak 53 orang siswa dan siswi SLTA di Kabupaten Lampung Utara tak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN). 53 siswa tersebut terdiri dari 37 siswa SMA dan 16 siswa SMK. Mereka tidak bisa mengikuti UN yang diselenggarakan pada 15 April 2013 hingga 18 April 2013 dikarenakan berbagai hal, yaitu karena sudah menikah, terlibat masalah hukum, pindah sekolah, dank arena sudah bekerja. Namun bagi siswa yang sedang terlibat hukum dan saat ini sedang dalam penahanan polisi tapi sudah mendapatkan kartu UN, mereka masih bisa mengikuti ujian di dalam ruangan sel penahanan.
Ujian Nasional. Kotabumi Lampung Utara
25 Siswa SMA di Lampura Batal UN karena Menikah

Sebanyak 53 siswa tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tidak mengikuti ujian nasional (UN) yang akan digelar pada 15 April mendatang. Rinciannya, 37 siswa dari tingkat SMA dan 16 siswa SMK. Mereka tidak dapat mengikuti UN karena sudah ada yang menikah, terlibat hukum, pindah sekolah, dan bekerja. Mat Soleh, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Lampura menerangkan, alasan karena telah menikah menempati urutan teratas. Jumlahnya ada 25 siswa SMA atau sekitar 70 persen. "Sisanya karena mereka yang tersandung hukum," katanya.

Menurut Mat Soleh, bagi siswa yang tersandung masalah hukum, namun telah mendapat kartu UN, maka MKKS akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan, Rutan Kelas II B Kotabumi, Lapas Kelas II A Kotabumi, kepolisian, dan pihak Unila. "Harapannya siswa mereka tetap dapat mengikuti UN meski tersandung hukum," ujarnya.

Dijelaskan, meski nanti siswa yang tersandung hukum terpaksa mengikuti ujian di dalam sel, mereka akan tetap diawasi oleh pihak Unila. "Mereka saat ujian akan diawasi dari pihak independen," jelas Mat Soleh.

Dalam pelaksanaan UN, terus dia, untuk jam masuk UN lebih awal dari tahun sebelumnya yakni pukul 07.30 WIB. Sebelumnya siswa biasa masuk pukul 08.00 WIB. Peraturan lainnya adalah yang ada di ruang ujian hanya dua orang pengawas, peserta, serta beberapa perlengkapan ujian milik peserta. Untuk handphone tetap dilarang dibawa masuk ke ruang ujian. "Pengawasan dilakukan dengan sistem silang sekolah, sehingga kecurangan dapat diminimalisir," terang Mat Soleh yang juga Kepala SMA 1 Kotabumi ini.

A Helmi, Ketua MKKS SMK Lampung Utara membenarkan bahwa dari 1.939 siswa SMK yang terdaftar sebagai peserta UN, 16 siswa di antaranya tidak dapat mengikuti UN. UN SMA dan MA akan digelar mulai 15-18 April 2013 untuk SMA, sedangkan UN SMK dari 15-17 April 2013.

lampung.tribunnews.com

Sabtu, 13 April 2013

Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial Secara Positif

Tidak sedikit para pengguna internet yang menggunakan keanggotaannya pada situs jejaring sosial. Namun seringkali pemilik akun jejaring sosial tidak menggunakannya secara optimal, bahkan tak jarang malah menimbulkan masalah bagi diri sendiri dan orang lain. Bagaimana cara menggunakan situs jejaring social agar member manfaat bagi diri kita dan orang lain?
Jejaring Sosial. Kotabumi Lampung Utara
Berbagai macam situs jejaring sosial sudah mewabah di Indonesia. Sebut saja, Facebook, Twitter, MySpace, Multiply, Plurk, Hi5, dan Tagged. Namun, keberadaan situs-situs jejaring sosial sempat menuai kritik karena dianggap kurang mendidik dan menyebabkan kecanduan. Seringkali orang menjadi lupa waktu dalam mengakses situs jejaring sosial dan dapat teralienasi dari kehidupan nyata.

Dilihat dari sisi lain, selain mampu menjalin komunikasi dengan teman dan kerabat, situs jejaring sosial pun memiliki banyak faedah. Berikut ini sejumlah aktivitas bermanfaat yang bisa diperoleh melalui situs jejaring sosial:

Menjalin relasi bisnis dan networking.
Penelitian yang dilakukan Firma Demos menunjukkan situs jejaring sosial membantu pekerja dalam mencari relasi bisnis dan bisa mendongkrak penjualan produk perusahaan.

Pencarian informasi lowongan pekerjaan, tempat-tempat wisata, dan lain-lain.
Layaknya milis, (mailing list), berbagai informasi dari teman juga dapat diunduh dari situs jejaring sosial.

Online shopping.
Tidak sedikit anggota situs jejaring sosial yang memanfaatkan laman (web) untuk mengiklankan produk niaganya.

Kampanye politik.
Keberhasilan Barrack Obama dalam meraih kursi kepresidenan juga tidak lepas dari dukungan situs jejaring sosial. Akibat peristiwa ini, pamor situs jejaring sosial membumbung tinggi.

Konsultasi pendidikan.
Situs jejaring sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa dan dosen, terlebih jika dosen berada di luar kota.

Ajang pencarian jodoh.
Berhubung tersedia ruang untuk menampilkan profil diri, secara tidak langsung situs jejaring sosial bersifat "mengiklankan diri". Status seseorang, misalnya masih sendiri atau sudah berpasangan, akan terlihat dalam situs jejaring sosial. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi orang yang sedang mencari pasangan.

Walaupun menyajikan segudang manfaat, sebaiknya batasi waktu dalam mengakses situs jejaring sosial. Sebab, kehidupan yang sesungguhnya ada di luar sana, bukan terkungkung dalam layar komputer.