Cari di Blog Ini

Kamis, 28 Februari 2013

Payan Emas, Air Minum Kemasan Produksi Perusahaan Daerah Lampura Diresmikan

Kabupaten Lampung Utara melalui perusahaan daerahnya kini telah memproduksi sendiri Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) berlogo Payan Emas. Pabrik pembuatan air minuman dalam kemasan Payan Emas Lampura tersebut telah diresmikan oleh Bupati Lampung Utara pada hari Selasa 26 Februari 2013. Pembuatan sendiri air minuman dalam kemasan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.
Payan Emas. Kotabumi Lampung Utara
Lampura Miliki Air Minum Kemasan

Terobosan dilakukan Pemkab Lampung Utara. Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten setempat, pemkab membangun pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Payan Emas yang merupakan unit usaha dari Perusahaan Daerah (PD) Lampura Niaga. Persemiannya dilakukan oleh Bupati Lampura Hi. Zainal Abidin, M.M. kemarin yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh orang nomor satu di Lampura itu. Zainal mengatakan, yang diprogramkan pemerintah tentunya untuk kepentingan masyarakat umum dan melalui BUMD harus dimanfaatkan dikelola dengan baik. "Dengan adanya pabrik AMDK ini, kita mampu membuat suatu produksi yang lebih berkualitas," ujarnya.

Menurutnya, pengembangan produksi minuman kemasan ini manfaatnya sangat jelas buat masyarakat. Karena itu, perlu sosialisasi kepada masyarakat. "Jadi, kita bisa menikmati minuman mineral produksi daerah sendiri. Begitu pun harga jualnya juga harus diperhatikan. Kalau perlu lebih murah dari minuman mineral yang diproduksi perusahaan-perusahaan swasta," katanya.

Selain itu, lanjut dia, perlu juga diperhatikan keamanan mengonsumsi minuman mineral Payan Mas dan diuji kualitas airnya di laboratorium yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan masyarakat. "Saya instruksikan langsung kepada sekretaris kabupaten, seluruh pegawai harus mengonsumsi minuman kemasan produksi daerah kita sendiri," ungkapnya.

Sehingga, lanjut dia, ke depannya tidak hanya para pegawai yang mengonsumsi, tapi seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakannya. Zainal menegaskan, dalam pengelolaan usaha, para pegawai harus profesional dan piawai dalam mengemas minuman berlogo Payan Mas itu. "Baik dalam bentuknya, kualitas airnya, maupun manajemennya, semua harus dipersiapkan dan dilakukan dengan matang. Sehingga ke depannya air minum kemasan Payan Emas ini semakin berkembang usahanya," ujarnya.

Sementara Direktur Utama PD Lampura Niaga Yusuf Baginda mengatakan, rencana memproduksi AMDK sudah digagas sejak 2010 dengan cara melakukan berbagai kegiatan studi banding ke berbagai perusahaan air minum yang ada di daerah lain. "Jadi, kita persiapkan semuanya sebelum melakukan produksi air minum kemasan ini," katanya.

Kemudian sebelumnya, pihaknya sudah menguji berbagai kelayakan konsumsi air dengan melibatkan berbagai pihak. Seperti uji laboratorium dan persiapan perizinannya. Ini agar AMDK layak konsumsi. "Semua izin tingkat kabupaten sudah kita penuhi. Tinggal tingkat provinsi yang sedang kita proses," ungkapnya.

www.radarlampung.co.id

Polres Lampura Gagalkan Perampokan Mobil Boks

Beberapa anggota Kepolisian Resort Lampung Utara berhasil menggagalkan percobaan perampokan dengan senjata api terhadap sebuah mobil boks Mitsubishi Double BE 9435 CI yang terjadi di daerah Soponyono Pakuan Ratu, Waykanan. Namun setelah terjadi kontak senjata, pelaku perampokan berhasil melarikan diri dengan menyelinap masuk perkebunan lada yang berlokasi di dekat kejadian.
Perampokan mobil. Kotabumi Lampung Utara
Dor! Ada Suara Tembakan di Mobil Curian Ini

Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Utara menggagalkan percobaan perampokan mobil boks yang membawa rokok, Rabu (27/2) sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut Kanit Turjawali Ipda Elvis, saat itu dirinya sedang berpatroli rutin di wilayah Ogan Lima, Abung Barat. Kala itu dia mendapatkan informasi telah terjadi curas di daerah Soponyono Pakuan Ratu, Waykanan dengan mobil Mitsubishi Double BE 9435 CI. "Kebetulan saat itu terjadi antrean yang panjang, dan melihat ciri mobil yang dirampok," ujarnya, Rabu (27/2).

Melihat buruannya, ia bersama anggota buser Polsek Waykanan, dan Polres Lampung Utara, dan beberapa anggota Turjawali langsung mengejar pelaku. "Salah satu anggota melihat salah satu pelaku yang ada di dalam mobil membuang tembakan," katanya.

Sempat terjadi kontak senjata antara pelaku dengan polisi. Beruntung tidak ada korban. Dan pelaku berhasil melarikan diri ke daerah perkebunan lada di daerah setempat. "Pelaku melarikan diri langsung kabur," bebernya.

lampung.tribunnews.com

Rabu, 27 Februari 2013

Tentukan Misi Dan Tujuan Hidup Anda

Memiliki misi dan tujuan hidup, lalu membuat misi dan tujuan hidup itu menjadi jelas dan gamblang, akan membuat hidup kita menjadi sangat berarti. Bagi diri kita dan bagi banyak orang. Agar tidak menyimpang dari jalur moral, norma, atau nilai-nilai hidup yang kita anut, kita diharuskan bisa menentukan misi dan tujuan hidup kita.
Tujuan hidup. Kotabumi Lampung Utara
Seorang wanita sukses yang hampir memasuki usia 80 tahun, ditanya teman-temannya, apakah beliau akan membuat pesta besar untuk merayakan ulang tahunnya. Dengan penuh senyum ia menjawab bahwa dirinya ingin "cari duit" saja. Maksudnya, dalam rangka ulang tahun, ia akan membuat acara penggalangan dana. Dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membangun gedung laboratorium, asrama untuk anak jalanan, atau kegiatan sejenisnya.

Dalam usia yang sudah lanjut, beliau masih memikirkan cara membangun dan membuat sesuatu. Saat ditanya apa yang menjadi gregetnya, ia berkomentar,“Sederhana saja. Saya melaksanakan misi suami yang sejak dulu ingin membantu orang miskin, memajukan kesehatan dan pendidikan.”

Ternyata kekuatan kehendak suaminya yang sudah meninggal puluhan tahun lalu membuat wanita ini bertujuan dan mampu memaknai hidupnya dengan upaya-upaya positif, berarti dan berguna.

Seorang psikiater, Victor Frankl, mengemukakan pentingnya menyadari dan menyuarakan "purpose of life" individu. Tidak hanya untuk diri pribadinya, namun juga untuk keluarga, anak, cucu, karyawan, anggota kelompok, bahkan rakyatnya. Frankl juga menekankan bahwa manusia punya kebebasan penuh untuk menyikapi situasi yang dihadapinya. Apakah itu kegelapan, tantangan, godaan, kenikmatan, batu besar ataupun kerikil. Pada akhirnya, manusia memang bisa mengisi hidupnya dengan "good stuff" atau "bad stuff" dan menjadikan dirinya pribadi yang terhormat atau tidak terhormat.

Di jaman modern ini, kita lihat semakin banyak individu berkeyakinan bahwa kebahagiaannya datang dari kekayaan materi. Banyak orang sudah tidak bisa membedakan halal tidak halalnya mata pencaharian, dibudakkan harta, lupa batas antara kebutuhan dan keserakahan, bahkan tidak peduli membangun karakter pribadi. Buntut-buntutnya, setelah kekayaan di tangan pun, hidup tetap terasa pahit dan tidak berarti. Banyak orang yang sudah "punya segalanya", namun tidak bahagia dan berusaha mencari ketenangan melalui upaya penggalangan kegiatan religius yang tidak berujung.

Bagaimana pun, kesibukan dan tantangan yang terus-menerus hadir di depan mata, memang bisa membuat kita tidak punya lagi banyak waktu untuk melakukan refleksi diri. Jika kita ingin hidup kita berarti, tampaknya kita harus memaksa diri untuk diam sejenak, memikirkan kembali, dan memahami dengan jelas apa misi hidup kita.

Power of missions

Pertanyaannya, bisakah seseorang menjalankan hidup tanpa misi yang jelas? Terkadang banyak orang di sekitar kita yang mengambil keputusan tanpa repot-repot pikir panjang mengenai apa yang ingin ia capai dalam hidupnya. Banyak di antara kita tidak mendera diri untuk mencari jawaban mengapa ia bersikap dalam situasi tertentu. Misalnya saja, orang tua yang bercerai karena emosi dan marah pada pasangan, tanpa memikirkan nasih putra-putrinya. Dalam situasi ini kita bisa meilihat bahwa prioritas untuk membuat putra-putrinya bahagia, aman dan nyaman, tidak menjadi dasar mengambil keputusan. Ada seorang pemilik perusahaan yang membawa perusahaannya tumbuh besar, kemudian menjualnya dan meraup keuntungan besar dari proses akuisisi perusahaan. Setelah diakuisisi, ia tidak lagi tampak serius menggarap pengembangan perusahaan dan berhenti berinvestasi. Di sini kita bisa bertanya-tanya, apa misi pemiliknya? Dalam situasi ini, masih bisakah ia mempengaruhi karyawan untuk terus berinovasi? Apakah beliau kemudian bisa menjawab kepentingan kolektif stakeholder lainnya?

Dari situasi tadi kita bisa melihat betapa seseorang bisa kehilangan arah dan power jika tidak jelas misi dirinya. Dalam situasi kepemimpinan, para pengikut akan dibuat bingung oleh pemimpin yang tidak jelas ke mana tim akan dibawa. Sebaliknya, pimpinan yang punya misi mencerdaskan bawahan, bisa bertindak tegas, bahkan keras, pada anak buahnya yang enggan belajar. Teman saya, seorang pengusaha sukses, berprinsip: "Pokoknya perusahaan, orang, dan industri harus maju terus". Kedengaran seperti tagline Ganefo jaman Sukarno, "Onward, never retreat". Namun, kejelasan misinya itu membuat seluruh karyawan jadi tidak berani untuk tidak maju, aktif dan agresif dalam bekerja.

Berisi dengan misi

Rasanya kita perlu kembali menyadari bahwa misi lebih sakti daripada sekadar uang. Chris Gardner yang kisah hidupnya diangkat ke layar kaca mengatakan: "Your pursuit determines your happiness." Kita sesungguhnya bisa mengecek sendiri, apakah di akhir hidup nanti kita bisa berkata: “I did what I was created to do. I contributed to this world in a significant manner.”

Setiap kali tindakan kita mengarah pada pencapaian misi, kita tentu serta-merta merasa happy dan semakin menikmati hidup ber-misi kita. Dengan misi yang jelas, kita bisa lebih kuat menangkis godaan, apakah itu harta, jabatan dan fasilitas. Misi akan otomatis menjadi patokan yang membuat kita jadi lebih jelas dalam mengambil keputusan dan tindakan. Misi dapat dikatakan bagaikan magnet yang menjaga agar kita "stay on track".

Selasa, 26 Februari 2013

Korban Dibegal 200 Meter Dari Tempat Kerja

Aksi begal kembali terjadi di Kotabumi Lampung Utara. Kali ini korban pembegalan adalah Eka, 39 tahun, seorang karyawan pada perusahaan PT Sinar Laut. Aksi begal terjadi saat korban hendak menuju Kantor Pos Kotabumi untuk menabung. Sekitar 200 meter dari tempatnya bekerja (PT Sinar Laut), pelaku pembegalan memepet korban dengan maksud untuk merampas sepeda motor Honda Revo nomor polisi BE 7696 JO. Namun pelaku gagal merampas motor dan hanya berhasil membawa lari tas milik korban.
Eka, korban pembegalan Kotabumi Lampung Utara
Karyawan PT Sinar Laut Ini Jadi Korban Begal

Eka (39) karyawan PT Sinar Laut, menjadi korban pembegalan disertai perampasan, Senin (25/2/2013) pukul 12.15 WIB. Menurut korban, kejadian sekitar 200 meter dari tempatnya bekerja. Di mana saat itu, korban hendak ke kantor pos. "Saya mau menabung uang Rp 3 juta di kantor pos Kotabumi," ujarnya.

Saat itu, motor korban dipepet dua orang tak dikenal, dan berusaha merampas kendaraan korban. "Saya diteriaki suruh berhenti, salah satu dari pelaku langsung memutuskan tali tas dengan golok," katanya seraya menjelaskan akibatnya, tiga jari tangan kirinya terkena sabetan golok.

Namun, pelaku begal gagal membawa motor korban, Honda Revo BE 7696 JO, warna merah. "Saya balik ke perusahaan dan melapor ke satpam menjadi korban pembegalan sekaligus perampokan," jelasnya.

Menurut Refki, satpam PT Sinar Laut, melihat korban bersimbah darah, ia kemudian mengantarkannya ke RSUD Ryacudu Kotabumi. "Saya langsung antar korban ke Eka, korban pembegalan Kotabumi Lampung Utara," ujarnya.

lampung.tribunnews.com

Minggu, 24 Februari 2013

Peralatan Para Agen Spionase

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang peralatan canggih yang digunakan oleh para agen rahasia dalam menjalankan misi rahasianya seperti yang sering ditampilkan dalam banyak film bertema spionase. Benarkah peralatan seperti itu memang ada? Dan ternyata peralatan-peralatan agen rahasia seperti yang dipertontonkan dalam film itu memang benar-benar ada, bahkan sebagian diperjual belikan.
Agen Rahasia. Kotabumi Lampung Utara
Kehadiran kembali agen 007 James Bond melalui pemeran terbarunya, Daniel Craig, telah membuat orang menyadari akan keberadaan dunia para agen rahasia. Meskipun kegiatan spionase antar negara sudah berkurang karena berakhir perang dingin antara Amerika dan Uni Sovyet, tapi kegiatan spionase ini sudah merambah dalam dunia industri dan bisnis dengan cerita yang tidak kalah seru. Dalam film kita sering melihat peralatan canggih yang digunakan oleh para agen rahasia yang membuat banyak orang menjadi bertanya, benarkah peralatan seperti itu memang ada? Percayalah, sebagian besar peralatan para agen rahasia itu memang ada, dan sebagian diantaranya memang banyak dijual. Mau tahu seperti apa peralatan-peralatan dalam kegiatan spionase? Beberapa diantaranya diulas secara singkat dibawah ini.

Bungkus rokok berkamera
Bungkus rokok berkamera. Kotabumi Lampung Utara
Kamera mini ini disembunyikan didalam bungkus rokok palsu. Tapi mungkin metode pengintaian menggunakan kamera bungkus rokok ini sudah tidak bisa dilakukan lagi di banyak kawasan yang sudah menerapkan peraturan dilarang merokok. Namun bagaimana pun kamera seperti ini masih banyak digunakan karena fleksibelitasnya. Anda bisa duduk sambil menikmati hidangan di sebuah kafe pinggir jalan, dan sasaran Anda tidak mengetahui bahwa Anda sedang mengincarnya.

Kamera kancing baju
Kamera kancing baju. Kotabumi Lampung Utara
Jika kegiatan spionase atau pengumpulan data intelijen membutuhkan pakaian formal, dasi ini seperti pada gambar bisa sangat diandalkan. Dasi ini tampaknya seperti sebuah dasi biasa, tapi kamera beresolusi tinggi sebesar lubang jarum dengan sistem perekam suara berkualitas tinggi yang ada di dalamnya bisa sangat berguna bagi seorang praktisi kegiatan mata-mata. Demikian pula dengan kancing pada jas yang dikenakan. Kancing itu terlihat seperti kancing jas biasa, tapi itu sebenarnya sebuah kamera dengan kualitas warna yang sangat tinggi. Kamera seperti ini tersedia dengan varian yang dilengkapi dengan seperangkat sistem yang bisa digunakan pada banyak jenis pakaian.

Pengubah suara telepon
Pengubah suara telepon. Kotabumi Lampung Utara
Alat ini terkadang dijual sebagai mainan anak-anak, tapi system yang bekerja di dalamnya cukup modern dan lebih pantas digunakan oleh seorang agen spionase. Banyak pengubah suara tersedia saat ini kompatibel dengan kebanyakan telepon dan ponsel. Suara si pengguna bisa disamarkan dengan cara menyesuaikan tombol yang ada sesuai keinginan. Suara bisa diubah menjadi suara laki-laki, suara perempuan, bahkan seperti suara anak-anak. Itu yang akan didengar oleh lawan bicara pada telepon atau ponsel.

Detektor alat penyadap
Detektor alat penyadap. Kotabumi Lampung Utara
Jika Anda sering terlibat dalam kegiatan spionase, mengintai dan memata-matai lawan dengan peralatan spionase yang Anda gunakan, maka Anda akan sangat paham bahwa lawan atau orang lain juga akan melakukan hal yang sama pada Anda. Wajar jika kemudian Anda membutuhkan detektor yang bisa mendeteksi keberadaan perangkat penyadap yang siapa tahu sudah dipasang oleh lawan untuk mengawasi kegiatan Anda. Alat ini bisa mencium aktifitas perangkat elektronik tersembunyi, pada ponsel Anda yang dipasang oleh lawan, di dalam ruangan maupun dalam kendaraan.

Noise Generator
Noise Generator. Kotabumi Lampung Utara
Alat ini berfungsi untuk melumpuhkan perangkat sadap atau mata-mata yang telah dipasang oleh lawan. Seperti mikrofon tersebunyi yang tertanam pada dinding, pemancar mini yang sering dipasang pada saluran AC, laser atau reflektor gelombang mikro yang dipancarkan dari jendela. Neoise Generator, seperti namanya, akan memberikan pengaman karena getaran suara khas yang ditimbulkannya. Suara itu akan mengacaukan dialog sasaran yang coba disadap dan membuat percakapan yang bersifat rahasia atau pribadi akan tetap aman dilanjutkan.

Pena listrik
Pena listrik. Kotabumi Lampung Utara
Senjata mini ini memiliki ukuran sebesar pena atau pulpen, tapi jangan pernah meragukan daya serangnya. Pena listrik ini mampu mengalirkan kejutan arus listrik sebesar 500.000 Volt. Kejutan arus listrik sebesar itu menimbulkan rasa yang sangat sakit, membuat otot berkontraksi dengan hebat. Orang yang terkena serangan pena listrik ini bisa kehilangan kesadaran dan segera jatuh pingsan.

Cincin penyemprot cairan lada
Cincin penyemprot cairan lada. Kotabumi Lampung Utara
Sesuai dengan namanya, cincin ini digunakan untuk menyemprotkan cairan lada berkonsentrasi tinggi. Cara melakukannya dengan menekan tombol kecil pada sisi lingkaran cincin. Pada jarak kurang dari satu meter, dengan dua hinga tiga semprotan lada. Lawan yang terkena semprotan cairan lada atau merica ini akan mengalami efek yang sangat tidak menyenangkan. Misalnya kehilangan penglihatan selama beberapa waktu, sesak nafas, tersedak, bersin dan mual. Pada beberapa kasus, efek seperti itu bisa terjadi hingga selama empat puluh lima menit.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis peralatan yang biasa digunakan oleh para agen spionase tapi tidak bisa ditampilkan pada tulisan ini. Bukan tidak boleh atau karena dilarang, tapi lebih dikarenakan halaman pada situs ini yang terbatas.

darkroastedblend.com

Sabtu, 23 Februari 2013

RSU Ryacudu Dilaporkan Tak Optimal Tangani Pasien Pasca Operasi Caesar Sehingga Pasien Meninggal Dunia

Pengelola RSU Ryacudu Kotabumi Lampung Utara dilaporkan ke Mapolres Lampura karena dianggap tidak optimal menangani kondisi kritis seorang pasien yang baru selesai menjalani operasi caesar sehingga pasien tersebut menjadi meninggal dunia. Pelapor adalah Bambang Winanto, seorang warga Tanjung Aman, Kotabumi Selatan, yang tak lain adalah suami si pasien yang meninggal tersebut.
RSU Ryacudu. Kotabumi Lampung Utara
Usai Caesar, Diliana Kritis hanya Diberi Infus lalu Meninggal

Bambang Winanto (40) warga Jalan Tjoekoel Soebroto Nomor 10, Tanjung Aman, Kotabumi Selatan mendatangi Mapolres Lampung Utara, Kamis (21/2/2013) pukul 11.30 WIB.

Kedatangan bapak empat anak ini ke polres karena melaporkan tindakan RSU Ryacudu yang tidak optimal terhadap isterinya yang baru saja menjalani operasi caesar kelahiran anak ketiganya. Sebab, setelah melahirkan Diliana (36) istri Bambang berada dalam keadaan kritis. Namun hanya mendapat pengobatan melalui infus, tanpa dilakukan pemeriksaan lanjutan. "Karena itu, tidak berapa lama istri saya meninggal dunia, sedangkan kedua anak saya yang dilahirkan kembar dalam keadaan selamat," tutur Bambang.

Kasatreskrim Polres Lampung Utara, AKP Bunyamin membenarkan adanya laporan atas nama Bambang Winanto dengan nomor LPP/155/II/2013/Polda Lampung/Polres Lam Utara tanggal 21 Februari 2013. "Kami akan meminta keterangan ke RSU Ryacudu Kotabumi," bebernya.

Direktur RSU Ryacudu dr Septi Dwi Putra mengaku sudah melakukan sesuai standar operasi pelayanan. "Kami sudah memberikan pelayanan yang optimal pasca operasi caesar terhadap Diliana," katanya.

Mengenai laporan, Septi mempersilahkan korban untuk melaporkan kepada pihak berwajib. "Yang jelas itu hak per orangan untuk melapor atau tidak melapor," tukasnya.

lampung.tribunnews.com

PLN Lampung Utara Dituding Asal-asalan Tagih Rekening Pemakaian Listrik

Beberapa pelanggan PLN di Kabupaten Lampung Utara mengeluh tentang jumlah tagihan pemakaian listrik yang melonjak hingga lima kali lipat dibanding dengan tagihan pada bulan-bulan sebelumnya. Mereka menuduh PLN Lampung Utara tidak profesional dan hanya asal-asalan menghitung pemakaian listrik pelanggannya. Seperti yang diungkap oleh Samsul, seorang pelanggan PLN yang tinggal di Raden Intan, Kotabumi, Lampung Utara. Untuk biaya pemakaian listrik bulan Januari 2013, tagihannya mencapai Rp.1.958.560. Padahal tagihan PLN Lampung Utara untuk pemakaian listrik bulan sebelumnya (Desember 2012) hanya sebesar Rp. 438.900.
PLN. Kotabumi Lampung Utara
Pelanggan Tuding PLN Asal-asalan Keluarkan Tagihan Listrik

Sejumlah pelanggan PLN di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengeluhkan membengkaknya tagihan rekening listrik bulanan miliknya yang naik hingga sepuluh kali lipat dari biasanya. "Saya sangat terkejut sekali waktu mau bayar listrik di Bank. Ternyata tagihan listrik saya di bulan Januari mencapai Rp.1.958.560. Padahal, tagihan listrik saya pada bulan lalu (Desember) hanya Rp. 438.900," keluh salah seorang pelanggan PLN setempat, Samsul, Kamis (21/2/2013)

Warga Raden Intan ini mengatakan bahwa jumlah tagihan rekening listrik yang harus ia bayar untuk bulan Januari lalu jelas sangat tidak masuk akal. Lantaran, penggunaan listrik di rumahnya sama seperti bulan - bulan sebelumnya. "Semua peralatan listrik saya tidak ada yang bertambah. Tapi kenapa kok bisa naik?. Bahkan, naiknya enggak kira-kira. Ini kan gila namanya. Yang jelas saya tidak mau bayar kalau segini biayanya," ujar dia.

Dirinya sempat mendatangi kantor PLN Ranting Bumi Nabung guna mengetahui alasan mengapa tagihan listriknya dapat membengkak sedemikian rupa alias tidak wajar. Namun dirinya terpaksa gigit jari lantaran petugas PLN yang membidangi tagihan listrik tersebut tidak dapat ia temui tanpa alasan yang jelas.

Keluhan serupa juga dinyatakan oleh Meliana, pelanggan lainnya. Tagihan rekening listrikya untuk bulan Januari ini jumlah membengkak hingga Rp. 1.620.334 dari yang sebelumnya Rp. 301.230. "Jelas saya tidak terima dengan tagihan ini. Masa dari Rp. 301.230, naiknya sampai Rp. 1.620.334. Ini kan tidak benar namanya," keluh dia kesal.

Andaipun mengalami kenaikan, kata dia, dirinya berani memastikan bahwa jumlah tagihan rekening listriknya tidak akan berbeda jauh dengan tagihan bulan lalu. Hal ini dikarenakan penggunaan lsitrik dikediamannya sama seperti bulan sebelumnya. "Tapi kenyataannya, tagihan lsitrik saya naik sampai 5 kali lipat," keluhnya.

Kedua pelanggan PLN tersebut menuding pihak petugas PLN Lampung Utara tidak melakukan penghitungan tagihan rekening listrik secara profesional alias sembarangan. Sebab, jika penghitungannya dilakukan secara professional, tentu tagihan listrik keduanya tak akan membengkak hingga seperti sekarang ini. "Kalau mereka (PLN) itu profesional, kami yakin tagihan listrik kami tak akan sebesar ini. Apa PLN itu asal tembak saja berapa besaran tagihan rekening listrik pelanggannya," sergah dia.

lampung.tribunnews.com

Jumat, 22 Februari 2013

Pilih Investasi Surat Berharga Atau Investasi Aset Riil?

Ada beberapa cara yang bisa kita pilih untuk menginvestasikan uang kita. Misalnya pilihan berinvestasi dengan membeli surat berharga, bisa juga membeli asset riil berupa tanah, emas, bangunan, atau pembelian bentuk investasi lain yang bisa melipat gandakan uang kita. Sebagian orang memiliki pandangan yang berbeda untuk pilihan berinvestasi. Tentu hal ini lebih banyak dikarenakan perbedaan selera atau penguasaan bidang investasi yang dipahaminya.
Emas. Kotabumi Lampung Utara
"Surat berharga membuat ekonomi makin bubbling saja. Lebih baik membeli tanah atau emas."
Membeli surat berharga adalah salah satu cara untuk berinvestasi. Contohnya pembelian sukuk ritel seri 002 yang laris manis merupakan fenomena yang patut dicermati. Namun, reaksi yang berseberangan seperti komentar-komentar di atas juga tak jarang menghiasi diskusi di berbagai komunitas.

Dari pandangan umum masyarakat, bagaimanapun surat-surat berharga hanyalah kertas yang mewakili atas beberapa hal antara lain sebagai pernyataan berutang, penyertaan modal, hak pemanfaatan aset juga hak atas sejumlah arus kas dari objek yang ditransaksikan. Karakter surat berharga yang transferable atau bisa diperjualbelikan dianggap mendorong suburnya kecenderungan spekulasi dibandingkan dengan investasi. Kalau begitu apakah memegang aset keras lebih menguntungkan daripada membeli aset kertas?

Istilah aset keras mengacu pada kategori pilihan investasi yang dicirikan oleh kenyataan bahwa secara fisik nyata, antara lain properti yaitu tanah dan bangunan, komoditas seperti emas dan barang koleksi. Ini berlawanan dari saham, obligasi, reksa dana, kontrak berjangka juga sertifikat deposito.

Aset keras dapat memainkan peranan penting dalam portofolio investasi apa pun, terutama jika profil investor lebih mengutamakan kepada keamanan dan pendapatan. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengalokasikan uang Anda ke aset keras ini. Mari kita analisis kelebihan dan kekurangannya.

Properti

Secara fisik memiliki properti dapat menjadi media pelindung nilai yang baik terhadap inflasi. Sewa properti (baik perumahan atau komersial) juga dapat memberikan arus kas relatif konsisten bagi investor yang mencari pendapatan. Namun, investasi properti secara fisik dapat memakan waktu dan biaya yang tinggi yang tidak muncul dalam investasi jenis lain. Misalnya, biaya perawatan dan renovasi, juga jika harus berurusan dengan dengan penyewa yang sulit. Properti juga memerlukan investasi awal yang besar, yang sulit dijangkau investor kecil. Properti juga kurang likuid dari kebanyakan kelas aset lainnya sehingga sulit bagi investor untuk mendapatkan uang tunai jika perlu.

Cara yang lebih mudah untuk memiliki properti adalah dengan membeli surat berharga yang didukung oleh sejumlah properti. Surat berharga ini dapat berupa saham dari emiten di industri properti, reksa dana indeks berbasis saham properti, atau obligasi (sekuritas beragun aset). Membeli surat berharganya dalam banyak hal lebih mudah daripada fisik propertinya . Namun, investor kehilangan manfaat dari memiliki aset fisik.

Hampir kebanyakan orang menyarankan jika investor bersedia dan mampu untuk berinvestasi langsung dalam properti, sebaiknya melakukannya. Jika tidak, bisa mempertimbangkan membeli surat berharganya .

Emas

Selama bertahun-tahun, investor memandang emas sebagai salah satu investasi paling aman. Pada masa-masa krisis atau pasar panik, investor memborong emas membuat harganya melejit. Selain itu, emas dianggap sebagai pelindung terhadap inflasi dan harganya cenderung naik selama masa inflasi. Umumnya emas dalam jangka panjang memberikan kinerja yang biasa saja, walaupun biasanya diikuti dengan keuntungan yang besar dalam periode pendek karena terjadi gejolak ekonomi. Emas bisa menjadi bagian dari portofolio yang terdiversifikasi, jika investor mengutamakan keamanan. Namun, penting untuk diingat bahwa emas tidak memberikan penghasilan apa pun dan karena itu tidak sesuai bagi investor yang menginginkan arus kas dari portofolio mereka.

Investor memiliki beberapa pilihan untuk membeli emas. Pertama, mereka bisa membeli fisik emas dalam bentuk emas batangan atau koin emas. Pendekatan ini memiliki beberapa kekurangan, termasuk biaya penyimpanan dan keamanan. Pendekatan yang lebih mudah adalah dengan membeli reksa dana indeks dari saham-saham perusahaan penambangan emas. Instrumen ini memberikan eksposur ke harga emas tanpa perlu menyimpan aset yang mendasarinya. Kekurangannya adalah biaya manajemen yang akan sedikit mengurangi total return investasi emas.

Cara lain adalah membeli kontrak berjangka atau opsi emas. Pilihan ini cocok untuk investor yang suka berspelukasi bukan yang mengutamakan keamanan. Investor juga dapat membeli saham perusahaan yang terlibat dalam industri emas.

Barang koleksi

Koleksi seperti perak, perhiasan, seni, atau bahkan prangko dan buku komik semua bisa dianggap aset riil. Barang koleksi dapat bertindak sebagai penyimpan nilai dan memberikan keamanan kepada portofolio investor di samping potensi capital gainnya. Namun, pasar barang koleksi sangat khusus, sehingga investor harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka hadapi.

Pembelian barang koleksi biasanya bermotifasikan hobi atau alasan lain yang tidak terukur secara materi. Oleh karena itu, investor akan menghadapi tantangan unik saat mencoba menjelajahi pasar barang koleksi ini dengan maksud untuk investasi, antara lain kurangnya informasi, kurangnya data harga yang dapat diandalkan, biaya penyimpanan tinggi, dan besarnya perbedaan harga diantara barang-barang koleksi sejenis. Juga, kebanyakan dari aset tersebut tidak menghasilkan pendapatan.

Semua faktor itu menyebabkan barang koleksi kurang layak untuk investor kecil. Hanya jika investor tertarik pada koleksi sebagai bagian dari hobi atau untuk alasan estetika, dan jika aspek investasi hanya dipandang sebagai bonus, maka barang koleksi sangat mungkin menjadi bagian dari portofolio yang terdiversifikasi.

Berinvestasi di aset riil memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan investasi lain. Investor harus hati-hati mempertimbangkan tantangan-tantangan ini sebelum memutuskan apakah akan menyertakan aset riil sebagai bagian dari portofolio investasi yang terdiversifikasi. Ini sangat berguna untuk menjaga kepala Anda tetap dingin dalam berinvestasi.

bisnis.com

Selasa, 19 Februari 2013

8 Point Sederhana Untuk Merebut Peluang Bisnis

Darrell Zahorsky mencoba menjabarkan 8 poin penting yang harus diperhatikan saat kita mulai mengelola sebuah usaha atau bisnis. Baik bisnis atau bidang usaha dalam skala besar maupun kecil. 8 poin penting untuk mensiasati keberhasilan sebuah bisnis meliputi: menawarkan produk gratis, menentukan pangsa pasar, perlindungan produk kita terhadap produk saingan, memperhatikan kebutuhan pelanggan, memahami jumlah modal yang kita butuhkan, menggunakan pengalaman dan keterampilan kita, memperhatikan peluang jangka panjang, dan memperhatikan factor SDM (Sumber Daya Manusia).
Bisnis. Kotabumi Lampung Utara
Apakah Anda sedang merencanakan sebuah bidang usaha kecil yang akan membuat Anda bisa meraih banyak keuntungan? Apakah rencana usaha kecil itu sudah memenuhi 8 point sederhana? Perhatikan point-point itu sebelum Anda menghabiskan uang tabungan untuk dijadikan modal usaha lalu menghentikan usaha kecil yang sudah Anda rintis itu karena kegagalan demi kegagalan yang Anda temui di tengah jalan.

Semangat atau gairah adalah unsur penting dalam kesuksesan bisnis. Tapi tahan sebentar gairah dan semangat itu sampai peluang bisnis Anda memiliki 8 point sederhana yang akan menentukan apakah Anda akan berhasil atau mengalami kegagalan. Apakah 8 point itu? Berikut ini adalah penjelasan dari Darrell Zahorsky tentang 8 syarat sederhana tapi mutlak tersebut.

1. Tawarkan produk gratis :
Metode seperti ini sudah sering dijadikan strategi pemasaran oleh para pengusaha saat mereka menawarkan produk baru di pasaran. Pada awalnya, mereka menawarkan produknya untuk digunakan secara gratis oleh para calon konsumen. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan penilaian atau umpan balik dari calon pelanggan / konsumen tentang produk yang dihasilkan. Tentu saja sebagai pengusaha kecil hanya bisa menawarkan kesempatan gratis ini dalam jumlah kecil dan untuk kalangan terbatas yang dianggap sesuai untuk mewakili calon pangsa pasar. Tanpa memiliki informasi yang mencukupi tentang penilaian orang terhadap produk yang akan dipasarkan, bisa dipastikan produk tersebut akan kehilangan calon pembeli.

2. Tentukan pangsa pasar :
Banyak usaha kecil yang gagal ketika mencoba menjadikan produknya disuka oleh pasar. Mungkin produk yang Anda tawarkan memiliki potensi pada berbagai jenis konsumen, tapi cobalah untuk mengawalinya dengan kelompok konsumen yang memiliki potensi paling besar. Tentukan pangsa pasar yang lebih spesifik dan mudah Anda dapatkan. Dalam ulasannya Darrell Zahorsky memberikan contoh bahwa "remaja wanita yang gemar membaca buku-buku agama" adalah kelompok konsumen yang lebih mudah dimengerti kebutuhannya dibanding "para remaja yang memiliki perhatian terhadap agama". "Orang yang punya hobby makan buah pisang" tentu lebih mudah ditebak apa yang selalu dia inginkan dari pada "orang yang punya hobby makan buah-buahan".

3. Miliki perlindungan terhadap produk saingan :
Setiap bidang usaha baru yang akan kita coba jalankan bisa dipastikan memiliki banyak kendala. Untuk melindungi dan memelihara bisnis Anda diperlukan suatu perlindungan dengan cara-cara tertentu. Ini untuk memastikan bahwa produk yang sama milik orang lain tidak akan merebut atau menguasai pasar yang sudah Anda incar. Perlindungan terhadap kemungkinan adanya pesaing ini bisa berupa kontak eksklusif dengan pelanggan, lisensi, hak paten, atau lokasi usaha yang strategis.

4. Perhatikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan :
Secara sederhana, peluang bisnis adalah ketika kita mengetahui produk atau jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebenarnya ini hal yang sederhana tapi sering kali kita abaikan. Peluang usaha yang Anda miliki akan dinilai tinggi / potensial jika apa yang Anda tawarkan bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar.

5. Pahami jumlah modal yang diperlukan :
Semua peluang usaha kecil membutuhkan evaluasi terhadap kebutuhan dana untuk menjalankan usaha tersebut. Jika Anda tidak memiliki modal yang mencukupi untuk menjalankan sebuah bisnis, maka seharusnya Anda paham bahwa peluang usaha itu bukan untuk Anda. Sebuah peluang bisnis bisa dinilai bagus jika memang sesuai dengan kemampuan Anda dalam menangani jumlah modal yang dibutuhkan. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa untuk menambah modal awal dan bukan untuk membayar pinjaman modal.

6. Gunakan pengalaman dan keterampilan Anda :
Sebuah keterampilan atau keahlian sangat dibutuhkan untuk menangani bisnis yang mulai dirintis. Ini akan menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha yang sedang dijalankan. Adalah bijaksana jika Anda tidak menjalankan usaha / bisnis yang berada diluar bidang atau keahlian Anda. Sepuluh tahun pengalaman dalam menangani penjualan eceran memiliki lebih banyak peluang keberhasilan daripada kesempatan yang didasarkan pada keterampilan telemarketing.

7. Lihat peluang jangka panjang :
Apakah dalam waktu dekat ada kemungkinan bisnis yang Anda jalankan akan mengalami kemunduran karena perkembangan teknologi, perubahan peraturan pemerintah, atau karena perubahan nilai-nilai sosial? Analisa pada perkembangan zaman dan pengaruhnya terhadap bisnis yang Anda jalankan adalah penting jika Anda ingin usaha bisnis yang Anda jalankan bisa berumur panjang. Misalnya, tidak realistis jika Anda membuka sebuah usaha toko musik pada saat pembajakan musik digital sedang merajalela.

8. Perhatikan faktor SDM :
Banyak perusahaan yang termotivasi dan membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan jujur. Pastikan bahwa Anda mampu memenuhi kebutuhan tersebut yang pada gilirannya akan sangat menentukan perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Ingat, orang baik sulit ditemukan. Fikirkan strategi apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan dan mempertahankan mereka.

Apakah peluang bisnis yang Anda miliki sudah memenuhi 8 point sederhana seperti yang sudah dipaparkan diatas? Jika belum, jangan putus asa. Mungkin Anda hanya harus menyusun kembali ide bisnis tersebut agar menjadi lebih layak untuk dijalankan. Setelah rencana bisnis Anda sudah disusun dengan dasar yang kokoh, Anda bisa lebih bersemangat dalam melakukan usaha agar usaha bisnis tersebut bisa dikembangkan hingga pada tingkat keberhasilan yang Anda inginkan.

Minggu, 17 Februari 2013

Pemkab Lampura Alokasikan Rp 600 Juta Untuk Penerbitan 893 Sertifikat Tanah Secara Gratis

Pemkab Lampura Alokasikan Rp 600 Juta Untuk Penerbitan 893 Sertifikat Tanah Secara Gratis. 15 Kelurahan dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan mendapatkan bantuan berupa penerbitan sertifikat tanah gratis bagi warga yang tidak mampu mendanai sendiri biaya penerbitan sertifikat tanahnya. Untuk keperluan bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah mengalokasikan dana sebesar Rp 600 juta guna penerbitan 893 sertifikat tanah. Hingga saat ini jumlah usulan sertifikasi tanah yang sudah masuk mencapai 1.700 bidang tanah.
Rp600 Juta untuk 893 Sertifikat Tanah

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengucurkan anggaran Rp600 juta untuk penerbitan 893 sertifikat tanah melalui program proyek daerah (proda) di 15 kelurahan. Penerbitan sertifikat itu merupakan tindak lanjut pendataan dari kelurahan pada 2012. Untuk sisa tanah yang belum disertifikatkan tahun ini akan dimasukkan dalam data 2014 dan menjadi prioritas penerbitan sertifikat tahun berikutnya.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Lampura I Wayan Gunawan mengatakan, kini usulan sertifikat itu sudah mencapai 1.700 bidang. Karena itu, akan dilakukan pengecekan terhadap status tanah tersebut. Kini BPN tengah melakukan pengukuran lokasi tanah yang masuk dalam program itu. "Jika ternyata tanah itu berstatus sengketa, akan dibatalkan penerbitan sertifikatnya dan sebagai penggantinya akan diambil nomor urut selanjutnya," kata Wayan.

Wayan menuturkan, bantuan proda itu merupakan kebijakan Pemkab Lampura untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam melegalitas tanah milik mereka. "Biaya yang ditanggung pemkab, mulai dari pengukuran, pendaftaran, dan penerbitannya," ungkapnya.

Ia berharap program penerbitan sertifikat tanah secara gratis ini mampu meringankan beban masyarakat kurang mampu di 15 kelurahan itu.

www.radarlampung.co.id

Sabtu, 16 Februari 2013

7 Kiat Mengelola Bisnis Retail

Bisnis penjualan aneka barang atau biasa disebut retail mungkin menjadi bidang bisnis yang umum ditekuni oleh banyak usahawan. Kecenderungan bisnis retail adalah terjadinya persaingan untuk memperebutkan ketertarikan pembeli. Itu bisa dilihat dengan menjamurnya barisan toko-toko di pinggir jalan yang biasanya sama-sama menjual barang yang sejenis. Mensiasati persaingan ini tentu saja diperlukan kiat-kiat tersendiri. Pada artikel usahawan ini dijabarkan 7 kiat agar bisnis retail yang dikelola bisa bertahan bahkan makin maju.
Toko. Kotabumi Lampung Utara
Mungkin keinginan Anda membangun mal baru sebatas impian. Usaha yang Anda miliki saja baru berupa butik kecil. Namun poin-poin yang diungkapkan Handaka Sentosa, CEO Senayan City, di bawah ini akan memberikan Anda petunjuk dan arah dalam memegang kendali bisnis terutama di bidang retail atau penjualan barang-barang. Apa saja?

1. Ide fresh, bukan sekadar ikut tren
Pintar-pintarlah mengikuti situasi pasar, dan jeli melihat yang diinginkan oleh pasar lokal. ''Ciptakan sesuatu yang baru dan fresh. Contohnya, dengan membuat suasana belanja yang berbeda,'' ungkap Handaka, yang mempelopori adanya midnight sale di Indonesia. Melirik cara peritel luar negeri? Boleh saja. Namun jika tidak sesuai dengan keinginan pasar di dalam negeri, lama-kelamaan pasti akan hancur. Sebab orang mencari sesuatu yang sedang tren di dalam negeri, yang belum tentu diadopsi dari luar negeri.

2. Terapkan inovasi sesuai kondisi
Niat ingin membuat sesuatu yang baru merupakan salah satu tanda kemajuan. Tetapi lihat juga apakah konsep Anda bakal berhasil. Mengadakan pertunjukan peragaan busana di pasar tradisional? Tentunya merupakan sesuatu yang baru, tetapi tidak tepat sasaran. ''Saya pernah mencoba untuk memberikan kupon undian mobil (jenis pick up) untuk sebuah pasar terkelola di Jakarta,tapi ternyata inovasi ini salah,'' ujarnya mencontohkan.

3. Perhitungkan ketersediaan sarana penunjang
Ingin menggelar midnight shopping untuk butik Anda? Perhatikan ketersediaan angkutan seperti taksi. Kalau customer sudah berbelanja banyak namun tidak ada kendaraan, apa yang harus mereka lakukan? Selain itu, apakah kondisi toilet yang disediakan sangat kotor sehingga membuat mereka enggan menggunakannya?

4. Pelayanan ramah layaknya menjamu tamu
Pernah berbelanja di suatu tempat, dan merasa Anda digiring untuk pulang karena sudah waktunya toko tutup? Apa jadinya perasaan Anda saat lampu-lampu mulai dimatikan secara bertahap? Apakah pelayanan jadi kurang ramah untuk mengisyaratkan toko sudah tutup? Hal seperti ini pasti membuat Anda tidak tenang, dan merasa diburu. Sesekali Anda juga bisa memberikan rewards seperti minuman dan makanan ringan. Adakan juga program undian, misalnya saat menjelang Lebaran atau hari Natal.

5. Pilih merek ternama (sudah dikenal)
Memasukkan brand-brand ternama untuk koleksi butik Anda memang baik. Namun jangan melupakan riset produk. Belum tentu brand ternama di luar negeri akan disukai dan bertahan di dalam negeri. ''Brand ternama tapi tidak favorit? It's a big no! Brand tidak dikenal dan harganya mahal? Ini lebih parah lagi,'' tegas Handaka. Ada baiknya juga Anda melihat pangsa pasar. Mereka yang pernah lama tinggal di luar negeri biasanya tahu brand-brand apa yang mungkin akan sukses di dalam negeri.

6. Maintenance
Minta pekerja untuk memberikan pelayanan yang ramah, jujur, dan penuh senyuman. Jangan memburu pelanggan atau membuat mereka merasa diikuti atau diawasi. Patuhi jam operasional, namun tetap fleksibel jika ada pelanggan yang masih ingin berbelanja.

7. Desain interior
Pandangan mata merupakan hal yang menentukan. Desain yang apik dan menarik akan mengundang pengunjung untuk masuk. Jangan lupakan juga faktor kebersihan dan kenyamanan.

Jumat, 15 Februari 2013

Cara Membuat Proposal Pinjaman Modal Usaha

Cara membuat proposal pinjaman modal usaha, proposal bisnis. Memulai sebuah usaha bisnis tentu saja memerlukan modal, bisa dalam jumlah besar maupun kecil sesuai dengan bidang bisnis yang akan dikelola. Sayangnya tidak setiap orang memiliki modal sendiri untuk menjalankan bisnisnya. Untuk itu perlu meminjam modal kepada pihak lain. Agar usaha peminjaman modal usaha atau bisnis ini bisa didapatkan, dibutuhkan cara-cara yang baik, misalnya dengan mengajukan proposal pinjaman modal usaha.
Proposal. Kotabumi Lampung Utara
Dalam setiap usaha, apa pun jenisnya, tentu melibatkan modal. Modal ini dapat kita kumpulkan dari simpanan pribadi, meminjam dari bank atau lembaga pemberi pinjaman lain, atau patungan dengan partner. Jika kita berniat untuk meminjam ke bank atau pihak pemberi pinjaman, Anda tentu harus membuat proposal usaha. Proposal ini akan digunakan untuk memberi informasi menyeluruh tentang usaha yang ingin Anda jalankan.

Orang biasanya berpikir, membuat proposal pasti sulit. Ternyata tidak juga. "Sebuah proposal yang baik adalah proposal yang mampu menjelaskan secara detail sebuah usaha. Tidak harus ribet. Bisa saja sebuah proposal hanya terdiri atas satu lembar kertas," ungkap Godo Tjahjono, SE, MSi, praktisi bisnis wirausaha. Tidak semua orang tahu atau mengenal bidang usaha yang jadi minat Anda. Jadi buatlah penjelasan-penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Proposal usaha sebaiknya memuat tujuh hal berikut ini :

1. Gambaran usaha

Poin ini memuat penjelasan secara singkat mengenai usaha yang hendak Anda jalankan.

2. Pelaku usaha

Beri penjelasan tentang diri Anda. Masukkan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang bisa menunjang pelaksanaan usaha. Pemberi pinjaman akan menganggap Anda adalah orang yang tepat.

3. Apa yang diusahakan

Poin ini menjelaskan apa yang menjadi fokus usaha Anda, apakah berbentuk barang atau jasa. Beri tahu alasan pemilihan usaha tersebut. Akan lebih baik jika jenis usahanya memang sedang naik daun atau yang tak lekang dimakan waktu.

4. Target pelanggan

Poin ini menjabarkan siapa calon pelanggan potensial Anda, apakah mereka pegawai kantor, ibu rumah tangga, atau yang lainnya. Jelaskan mengapa Anda memilih mereka. Sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang mendalam soal ini karena hal tersebut akan sangat membantu aspek-aspek usaha yang lainnya. Anda jadi tahu bagaimana cara pemasaran dan promosi yang paling tepat untuk mereka. Tidak akan ada waktu, uang, dan tenaga yang terbuang percuma. Pihak yang memberi pinjaman akan melihat keseriusan Anda, dan menganggapnya sebuah kelebihan.

5. Lokasi

Ini adalah salah satu poin penting dalam proposal. Jelaskan mengapa Anda memilih suatu lokasi sebagai tempat menjalankan usaha. Sebaiknya Anda menyesuaikan lokasi ini dengan barang atau jasa yang ditawarkan serta calon pelanggan. Kalau bergerak dalam bidang makanan, sangat tidak tepat rasanya bila lokasi yang dipilih adalah yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Bila menargetkan pelanggan dari kalangan menengah ke atas, jangan pilih lokasi yang dekat pabrik. Harus yang lebih nyaman dan berkelas.

Pemberi pinjaman akan datang untuk melihat langsung lokasi itu, dan melakukan penilaian. Jika usaha terletak di tempat yang kurang strategis, tapi masih dalam batas kewajaran, yakinkan pemberi usaha bahwa Anda bisa mengimbangi kekurangan ini dengan cara-cara lain. Bisa pelayanannya yang memuaskan, atau kualitas barang atau jasanya yang di atas rata-rata.

Segi pemasaran juga bisa dioptimalkan dengan menciptakan slogan yang menarik dan mudah diingat.

6. Jumlah pinjaman

Sebelumnya Anda harus sudah menghitung semua poin pengeluaran. Dalam proposal peminjaman modal usaha, cantumkan jumlah pinjaman yang sesuai dengan perhitungan yang Anda buat. Pihak bank akan menanyakan kemampuan Anda mengembalikan jumlah pinjaman itu. Berilah penjelasan yang masuk akal.

7. Arus kas

Arus kas (cash flow) adalah penjabaran rencana pemasukan dan pengeluaran usaha. Buatlah perhitungan secara rinci dan realistis. Jangan menetapkan target terlalu muluk di bulan-bulan awal karena usaha baru saja dimulai. Setelah beberapa waktu, baru Anda bisa menargetkan pemasukan yang jumlahnya stabil. Panjangnya arus kas sebaiknya dibuat sesuai dengan lamanya waktu pinjaman yang disepakati. Bila pinjaman akan berlangsung selama dua tahun, aturlah arus kas selama dua tahun juga. Perinciannya dibagi dalam 24 bulan.

Satu prinsip yang perlu diingat para calon pebisnis, pemberi pinjaman biasanya tidak mau menanggung seluruh biaya yang kita butuhkan. "Mereka hanya mau memberi pinjaman sekian persen dari total. Mereka ingin kita juga berkontribusi," ungkap Godo. Jadi, tunjukkan bahwa Anda juga memiliki tanggung jawab atas usaha Anda sendiri. Tidak masalah jika dana yang Anda miliki sedikit. Yang penting mereka melihat niat baik Anda untuk berusaha.

kompas.com

Kamis, 14 Februari 2013

Mengenal Usaha Home Service Business

Mensiasati semakin sulitnya mencari lapangan pekerjaan, ada baiknya jika kita mencoba membangun usaha bisnis milik kita sendiri. Home Business Service cukup layak untuk dicoba jika Anda ingin memulai pengalaman untuk berbisnis.
Home service business. Kotabumi Lampung Utara
Home service business adalah bisnis jasa yang memberikan pelayanan ke rumah. Apa saja yang bisa dijadikan home service business? Mulai dari jasa menjual dan mengantarkan bahan makanan pokok, jasa cuci mobil panggilan, mobile spa, laundry (dari pakaian hingga karpet dan sofa), salon hewan, hingga membersihkan apartemen pun bisa. Bagaimana memulai dan sistem kerjanya? Ikuti panduan ini.

Lebih Menguntungkan

Sebelum mulai menekuni, ada baiknya Anda memahami dulu sistem kerja home service business. Apa pun usaha yang Anda pilih, yang pasti banyak keuntungan bisa didapatkan. Pertama, berhubung usaha jasa ini mengandalkan panggilan, maka modal utamanya adalah telepon. Jadi, sudah dipastikan modal yang Anda perlukan tidak besar. Toh, Anda akan lebih banyak menerima panggilan.

Dengan beberapa juta rupiah saja, usaha ini sudah bisa berjalan. Dana itu pun untuk melengkapi sejumlah alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalnya, Anda memilih home service business berupa laundry panggilan. Alat yang dibutuhkan antara lain mesin cuci plus pengering, dan steamer, atau setrika uap (setrika biasa pun bisa). Pasalnya, Anda hanya datang menjemput pakaian kotor, mencucinya di tempat Anda dan mengantarkan kembali ke pelanggan dalam kondisi sudah bersih dan rapi.

Jika home service business berupa mobile spa atau salon hewan panggilan yang Anda pilih, Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan peralatan untuk memberikan jasa tersebut. Peralatannya pun tidak besar dan banyak. Jadi, tidak terlalu merepotkan.

Kedua, karena mendatangi pelanggan, Anda tak membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha. Anda bisa melakukan usaha di rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu menyiapkan dana untuk sewa tempat ataupun membangun sarana yang menunjang usaha ini. Hal ini tentu membuat biaya operasional pun tidak besar.

Sarana Penunjang

Karena Anda yang mendatangi para pelanggan ke rumah dengan membawa sejumlah barang dan peralatan kerja, tentu Anda membutuhkan kendaraan sendiri dan modal usaha tak banyak, cari saja kendaraan bekas untuk membantu kelancaran usaha ini. Bisa juga menyewa kendaraan milik teman sebagai permulaan sebelum mampu membelinya sendiri. Kendaraan roda dua atau roda empat, sesuaikan dengan usaha yang Anda jalani.

Lalu, bagaimana dengan tenaga kerjanya? Tak perlu melakukan semuanya sendiri. Apalagi jika usaha ini adalah pekerjaan sampingan. Untuk tahap awal, carilah 1-2 pegawai yang bisa membantu. Anda bisa mencari tenaga bantuan dari lingkungan sekitar yang mau bekerja sesuai dengan usaha yang Anda tekuni. Namun, untuk usaha mobile spa, Anda memang perlu mencari karyawan dengan kemampuan tersebut. Kalaupun tidak, Anda perlu memberi atau mengikutkan karyawan tersebut kursus sesuai pekerjaannya.

Jangan Lupa Promosi

Setelah semua persiapan beres, sekarang saatnya Anda memperkenalkan home service business ini. Ada banyak cara mempromosikan usaha Anda. Selain memberitahukan teman-teman via blog dan situs jejaring sosial, Anda juga bisa menyebarkan brosur. Titipkan brosur tersebut di apartemen, komplek perumahan atau tempat-tempat umum yang memungkinkan.

Jangan lupa, dalam brosur atau promo online itu, tonjolkan kelebihan usaha home service Anda, yaitu bisa dipanggil ke rumah. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu kehilangan waktu karena Andalah yang mendatangi mereka. Bila perlu, berikan penawaran khusus pada para pelanggan berupa potongan harga atau gratis satu kali untuk pemakaian jasa setelah lima kali.

Ingat, kunci sukses usaha home service, selain pelayanan yang memuaskan adalah siap dan cepat dipanggil kapan pun. Jadikan ini moto usaha Anda. Selamat berbisnis!

Mengembangkan Hobi Menjadi Bisnis

Para pengumpul barang bekas belum tentu bisa disebut orang yang profesinya sebagai pemulung. Ada yang sebagian lebih suka disebut sebagai kolektor, orang-orang yang punya hobi mengumpulkan barang-barang berusia tua. Dari high class, misalnya kolektor mobil antik, hingga kolektor barang-barang sederhana seperti mainan anak-anak bahkan kalender bekas. Mungkin Anda pernah membaca bahwa mainan anak-anak tempo "doeloe", sekarang bisa mencapai harga yang selangit. Contohnya mainan mobil-mobilan yang sering digunakan untuk menghibur anak-anak.
Komunitas Djadoel. Kotabumi Lampung Utara
Dalam suatu mimpi, Yanuar Christianto (39) datang ke sebuah toko mainan. Secara fisik, bangunanya sama sekali tidak menarik. Berdebu dan kotor. Hal serupa juga tampak dari mainan yang dijual, layaknya dagangan yang tak kunjung laku.

Ketika mentari telah bersinar, tanpa menghiraukan mimpinya, ia berkeliling Jakarta dengan sepeda motornya. Arah mana yang ia tuju hasil dari bisikan hatinya. Berjalan dan terus berjalan, melewati Jalan Gajah Mada lalu ke Jalan Hayam Wuruk, dan terus menuju ke Utara. Sampai di suatu tempat, yang ia sendiri tidak tahu di mana, Yanuar kaget tak terkira. Saat ia memberhentikan motornya untuk istirahat, dan menoleh ke kiri, tampak olehnya toko mainan yang ada dalam mimpinya.

Masih dengan rasa tidak percaya, Yanuar mengayunkan langkah menuju toko tersebut. Belum sempat ia bersuara, matanya telah menangkap kardus lusuh berisi mainan-mainan. "Saya borong semuanya. Ini terjadi pada akhir tahun kemarin," kata Yanuar, kolektor mainan.

Yanuar adalah salah satu anggota Komunitas Djadoel, komunitas pencinta barang antik, yang berdiri pada Mei 2009. Ia mengaku laki-laki yang kesehariannya bekerja sebagai waitress di Kapal Pesiar berbendera Italia ini dari umur 5 tahun gemar mengumpulkan barang. Didukung pekerjaannya, koleksinya berasal dari banyak negara seperti Italia, Malta, Spanyol, Perancis, Inggris dan Jerman. "Kalau di jalan saya menemukan skrup atau baut, saya bawa pulang dan ditaruh dalam kotak korek api. Sampai banyak," papar Yanuar.

Anggota komunitas lainnya, Muchlis Amir (57) juga mengumpulkan barang antik bermula dari hobi. Dari sekian banyak barang, ia memilih kalender untuk dikoleksi. Dalam perjalana waktu, kalender koleksinya yang mulai tahun 1940-1980 banyak dicari orang. "Mereka ingin tahu hari lahirnya kapan. Juga apakah bertepatan dengan hari besar (agama maupun nasional). Di kalender juga ada hari pasaranya," ujar pensiunan pekerja swasta ini.

Lebih lanjut, anggota komunitas ini tidak sekadar mengumpulkan barang. Tetapi juga menjualnya, karena pasar untuk barang-barang antik cukup menjanjikan. Menurut Daniel Supriyono, Ketua Komunitas Djadoel, meski barang jadul, namun pembelinya tidak hanya orang-orang berumur, tapi anak baru gede dan juga anak-anak kecil pun menjadi pasar. "Anak kecil suka pada mainan. ABG yang ingin bergaya jadul beli kaca mata berlensa gede. Sedangkan kakek-nenek, selain untuk bernostalgia juga diberikan untuk cucunya untuk memperkenalkan barang pada zamannya," tutur Daniel yang juga wartawan Nova, kelompok Gramedia Majalah.

Baik Yanuar, Muchlis maupun Daniel sama-sama memahami jika sebagaian orang keberatan kalau barang antik mahal. Padahal hanya barang "bekas". Menurut Daniel, mencari untung wajib hukumnya saat menjual barang koleksinya. Tapi perhitungan untung tersebut bukan sekedar nilai ekonomi tetapi perjuangan mendapatkannya dan nilai kesejarahannya. "Untung harus berlebih karena barangnya tidak selalu mudah didapat. Mahal itu sebagai penghibur saat kami menyerahkan barang yang sulit didapat dan kami miliki," tuturnya.

Orang-orang yang tergabung dalam komunitas Djadoel ini sebenarnya bisa dikatakan sudah mapan. Ada yang bekerja di perusahaan media, bengkel mobil, designer grafis dan ada juga di departemen keuangan. Selain itu tidak semua barang koleksi mereka dijual. "Laku syukur, gak ya gak apa-apa," ucap Daniel.

Masing-masing kolektor memilih barang tertentu untuk dikoleksi, seperti buku, iklan film, jam weker, (bungkus) rokok, kalender, mainan, fashion, perabotan rumah tangga, kacamata, kaset sampai ke aksesoris sepeda ontel. Kategori antik jika barang yang bersangkutan paling muda tahun 1980. Untuk harga, misalnya komik lokal Rp 20.000, gelas PRJ 1979 dihargai Rp 35.000, kacamata Rp 100.000 dan iklan film Rp 50.000. Adapun untuk mainan, sebagaimana dijual Yanuar mulai dari Rp 50.000 – Rp 200.000. "Yang saya koleksi sendiri, tahun 2007 saya beli mainan robot Jepang Rp 200.000. Setelah saya cek di internet ternyata sekarang harganya 1.000 dollar AS," aku Yanuar.

Para kolektor ini tidak pernah menyangka hobinya mengumpulkan barang yang sebagian besar orang menganggapnya sampah ternyata memiliki nilai ekonomi. Lebih dari itu, ketekunan mereka membuat rantai sejarah bangsa terus turun dari generasi ke generasi. Setidaknya, mulai dari keluarga merekalah rantai itu diteruskan untuk memupuk rasa cinta dan bangga pada tanah air karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. "Anak saya, sering saya ajak ke museum dan galeri. Juga saya ajak untuk gemar membaca," pungkas Yanuar.

kompas.com

Selasa, 12 Februari 2013

Cara Memperkenalkan Dan Memasarkan Produk Baru

Pada semua bidang bisnis, memasarkan produk baru atau jasa layanan baru sering kali menimbulkan kesulitan pada awalnya. Hal ini wajar karena masyarakat belum mengenal kegunaan dan kelebihan produk tersebut. Disamping itu mereka enggan meninggalkan produk yang selama ini mereka percayai dan sudah sering mereka gunakan. Tapi selalu ada cara yang bisa digunakan agar pemasaran produk baru bisa mencapai angka penjualan yang memuaskan.
Produk. Kotabumi Lampung Utara
Peluang pasar di Indonesia terbuka lebar asalkan produk yang ditawarkan orisinal dan belum ada sebelumnya. Trik ini yang menjadi salah satu kunci keberhasilan produsen alas laptop, lapTopper. Bisnis lapTopper sukses sejak 2008, bahkan dikenal di sejumlah negara seperti Australia dan Mesir. "Peluang bisnis di Indonesia sangat banyak, hanya perlu membuat sesuatu yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya," papar Juananda Sutan Assin, pemilik brand lokal lapTopper.

Nana, panggilan akrab ibu tiga putra ini, mengatakan cara ini menjadi kunci keberhasilan produk untuk diterima pasar. Tentu saja sejumlah faktor lain juga turut menentukan bagaimana produk lokal dengan brand baru bisa diterima pasar, seperti:

Berani mengambil risiko
Risiko menjadi faktor yang ditempatkan paling depan dalam memulai bisnis. Nana menerapkan hal ini dalam menjalani usahanya. Membawa 50 item lapTopper dalam pameran di Singapura, dengan harapan pasar menyukai produk baru ini, memberikan hasil yang tak terduga sebelumnya. Meski begitu, Nana tetap mengedepankan risiko, dan siap menerima jika ternyata produk tak menarik minat pasar. Nyatanya, orisinalitas dan kesiapan atas risiko justru membuat produk semakin laris dan mendapat pelanggan tetap dari satu kali pameran ini.

Intensitas waktu
Merintis bisnis dengan produk baru dikenal pasar butuh perhatian khusus. Perlu satu tahun bagi Nana untuk memperkenalkan produk. Orisinalitas dan kemampuan pebisnis menangkap kebutuhan dan peluang pasar memang memegang peranan, hingga akhirnya permintaan lapTopper semakin tinggi. Kapasitas produksi pun bisa mencapai 2.000 item. Konsisten pada bisnis dari segi waktu dan komitmen menentukan keberhasilan bisnis.

Fokus pada bisnis yang sedang dibangun
Keterlibatan langsung pemilik dalam membangun bisnis menjadi kunci penting. Nana bersama suaminya fokus penuh, mulai dari pengenalan produk, menjual langsung di setiap pameran, hingga pada pengembangan produk kepada konsumen lebih besar, personal, maupun korporasi. Karyawan tetap dibutuhkan dalam kaitannya dengan produksi dan proses pengiriman barang. Namun terkait dengan manajemen bisnis, keuangan dan produk, pemilik perlu terjun langsung pada tahap pengembangan awal bisnis.

Aktif berpromosi
Mengikuti berbagai ajang promosi, seperti pameran atau bentuk kerjasama lainnya, sangat menunjang keberhasilan produk menjaring pasar. Pebisnis perlu mengambil risiko, meski dibutuhkan biaya tak sedikit untuk promosi. Nilai lebih dari produk orisinal adalah daya jual yang tinggi. Biaya tinggi yang dikeluarkan untuk promosi ke luar negeri, misalkan, adalah risiko yang harus ditempuh. Yakini bahwa produk dibutuhkan konsumen, dan mampu menarik minat pasar.

Membangun kepercayaan pada pelanggan
Kepercayaan konsumen muncul dari bagaimana cara pebisnis membangun relasi. Hal utamanya terletak pada kepuasan pada produk tersebut, dan pelayanan dari pemilik usaha. Nana meyakini, pengiriman tepat waktu, dan pemilik selalu siap merespons permintaan kapan pun, menjadi kunci penting membangun kepercayaan. Pebisnis juga perlu memahami apa yang diinginkan pelanggan. Komunikasi yang baik juga menentukan bagaimana kepercayaan terbangun dengan relasi bisnis.

kompas.com

Senin, 11 Februari 2013

Kiat Dasar Mengelola Bisnis Kuliner

Tips dan kiat menjalankan usaha bisnis kuliner atau penyediaan makanan dan minuman. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan jika Anda ingin mengelola bisnis kuliner. Agar bisnis kuliner bisa langgeng bahkan berkembang pesat, perhatikan hal-hal berikut, yaitu Tidak berdasarkan asumsi, Kualitas makanan, Cari hal yang tidak biasa, Dampak psikologis, Menguasai ilmu life cycle, Selalu memantau selera pelanggan, Price point, dan Aset.
Kuliner. Kotabumi Lampung Utara
Untuk berbisnis di dunia kuliner Anda memang harus jeli dalam memilih jenis dan rasa makanan, harga, hingga lokasinya. Tanpa memperhatikan faktor-faktor ini, rumah makan Anda pasti akan ditinggalkan oleh pelanggan. Sebagai pembaca acara Wisata Kuliner, Bondan Winarno tentu sering diundang oleh banyak pengusaha kuliner. Ia pun telah banyak mengamati apa yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis kuliner agar tetap bisa bertahan. Berikut trik mempertahankan bisnis kuliner dari pemilik kedai kopi Kopitiam Oey di jalan Sabang ini:

1. Tidak berdasarkan asumsi.
Ada banyak makanan yang muncul karena tren, seperti burger yang full mayones, pisang kipas, atau donat dengan segala modifikasinya. Namun selera orang bisa berubah, dan di samping itu tren juga bisa berlalu. Apa yang disukai orang saat ini belum tentu akan disukai orang lima tahun lagi. Jadi, lakukan inovasi baru dengan menciptakan menu-menu baru untuk pelanggan.

2. Kualitas makanan.
Anda pernah kan, memesan menu andalan di restoran langganan Anda, namun mendapati rasa makanannya tak seenak biasanya? Saat koki memasak untuk 10 porsi, rasanya akan berbeda dengan ketika ia harus memasak untuk 100 porsi. Buat standarisasi untuk setiap makanan agar kualitas rasanya tidak berubah.

3. Cari hal yang tidak biasa.
"Anda harus bisa mendeteksi apa yang disukai oleh masyarakat. Tes itu ada di tangan pelanggan. Kalau mereka tidak suka akan mereka tinggal," jelas Bondan. Dulu pisang pontia menjadi hal fenomenal karena merupakan terobosan baru menyajikan pisang. Namun saat ini, pisang goreng itu merupakan hal yang biasa.

4. Dampak psikologis.
Mengapa beberapa cabang rumah makan ayam bakar Wong Solo tutup? Karena ada semacam stigma yang akhirnya masuk ke alam psikologis. "Ibu-ibu mungkin antipati dan tidak ingin mereka atau keluarganya makan di rumah makan yang diasosiasikan dengan poligami, atau stigma masyarakat yang tidak respek dengan cara pengembangan bisnis kuliner seperti itu," paparnya.

5. Menguasai ilmu life cycle.
Ide kreatif saja tidak cukup. Harus ada hal-hal yang membuat pelanggan terus bertahan. Misalnya dengan merombak tatanan interior (dengan meminta survei dari pelanggan tentang kenyamanan tempat makan), atau mencari lokasi yang memang punya pangsa pasar. Lokasi akan amat menentukan. Misalnya dekat dengan kampus atau rumah sakit, atau gedung perkantoran. Namun jangan pernah mengubah tatanan restoran hanya untuk menambah pemasukan. "Saya tidak pernah membuat kedai kopi saya lebih besar. Pengunjung senang berlama-lama di tempat itu karena kecil dan nyaman. Kalau terlalu banyak orang (diperbesar) akan sumpek," tutur Bondan, yang mengaku jarang menyambangi restoran ataupun kedai kopi miliknya.

6. Selalu memantau selera pelanggan.
Lihat apakah mereka memesan menu yang sama. Menu apa yang paling banyak dipesan, atau paling sedikit dipesan. "Sesekali buat kuesioner mini, tanya menu apa yang perlu ditambah, menu apa yang favorit, atau yang paling jarang dipesan. Ini bagus untuk masukan," imbuhnya.

7. Price point.
Harga dan lokasi memang sering dikaitkan. Namun jangan berani-berani memasang harga tinggi, kalau Anda belum memiliki ciri khas dalam makanan. Terlalu mahal dan rasa masakan biasa-biasa saja? Pelanggan akan pergi.

8. Aset.
Anda punya uang, tapi tidak punya keahlian memasak? Koki adalah aset Anda setelah uang. Jadi pastikan Anda memilih koki yang tepat, dan bisa menyajikan masakan dengan rasa yang diinginkan.

kompas.com

Minggu, 10 Februari 2013

Membagi Portofolio Investasi Untuk Menekan Risiko

Untuk bisa selalu memperoleh keuntungan dan menghindari risiko kerugian yang besar, seorang investor hendaknya membagi asetnya kedalam beberapa portofolio investasi secara bijaksana. Portofolio investasi sebaiknya dibagi-bagi dalam kelas investasi yang berbeda. Strategi ini digunakan agar jika satu bentuk investasi untuk sementara waktu belum memberikan keuntungan maka kerugiannya bisa ditutup dengan keuntungan yang diperoleh dari bentuk investasi yang lain.
Investasi. Kotabumi Lampung Utara
"Lokasi, lokasi, lokasi" adalah mantra sakti yang mengantarkan resto burger cepat saji McDonald mendunia, selain standar pelayanan yang cepat dan seragam. Para pesaingnya boleh saja mengklaim bahwa mereka mampu membuat burger yang jauh lebih lezat dari McD. Namun, hanya McD yang mampu berada di sudut-sudut paling strategis di berbagai kota. Begitu mencolok mata, menghipnotis orang untuk berkunjung ke dalamnya. Tak heran jika Ray Kroc pemiliknya secara bergurau mengatakan bahwa bisnis McD bukanlah makanan cepat saji tetapi properti!

Membangun sebuah bisnis yang berhasil kurang lebih sama seperti membangun portofolio investasi yang sukses. Hanya mantranya sedikit digubah menjadi "alokasi, alokasi, alokasi". Lokasi atau alokasi dalam hal ini bisa berarti hidup dan matinya sebuh bisnis, demikian juga dalam sebuah portofolio investasi. Sebelum memilih lokasi, pemilik bisnis benar-benar melakukan pekerjaan rumahnya, bukan semata-mata mengandalkan insting. Sebagai seorang investor Anda pun harus memperlakukan portofolio investasi dengan keseriusan yang sama. Investor yang hati-hati mengetahui bahwa penyusunan kebijakan alokasi portofolio investasi yang tepat, tidak boleh diremehkan.

Pengertian alokasi aset

Alokasi aset secara sederhana adalah membagi penyusunan portofolio aset Anda ke dalam jenis kelas aset yang berbeda risiko dan return-nya. Diharapkan dengan membagi portofolio aset tersebut, secara keseluruhan Anda dapat mengurangi tingkat risiko portofolio di satu sisi dan meningkatkan return di sisi lain.

Alokasi aset didasarkan pada asumsi bahwa tidak semua jenis aset memberikan kinerja terbaiknya tiap tahun. Sulit untuk memperkirakan jenis kelas aset mana yang akan memiliki performa terbaik dalam suatu tahun tertentu. Jadi, meskipun secara psikologis menarik untuk mencoba memprediksi jenis investasi (katakanlah) saham terbaik berikutnya, para pendukung teori alokasi aset mempertimbangkan bahwa pendekatan investasi seperti itu berisiko tinggi.

Seorang investor yang melompat dari satu aset dengan melakukan jual beli instrumen investasi secara aktif belum tentu mendapatkan hasil yang lebih baik daripada orang yang secara konsisten menerapkan kebijakan investasi pasif melalui alokasi aset.

Kelas aset dapat digolongkan dalam pengerti-an luas aset finansial berupa uang tunai, saham, obligasi, realestat, modal usaha, dan investasi alternatif lainnya. Masing-masing kelas aset dapat dibagi lebih lanjut, misalnya, menjadi saham berkapitalisasi besar, saham berkapitalisasi kecil, saham pertumbuhan, saham internasional, dan lain-lain. Sementara itu, obligasi dapat dibagi lagi menjadi obligasi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, obligasi convertible, dan lain-lain.

Tujuan alokasi aset

Pembenaran mendasar untuk alokasi aset adalah pendapat bahwa kelas aset yang berbeda menawarkan tingkat pengembalian dan risiko yang tidak memiliki korelasi searah. Artinya jika kinerja satu jenis kelas aset turun, kinerja jenis kelas aset yang lain malah naik. Oleh karena itu, memiliki campuran kelas aset lebih mungkin untuk memenuhi keinginan investor untuk mengurangi tingkat risiko portofolio investasi secara keseluruhan, tetapi tetap membuka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan investasi yang solid dari waktu ke waktu.

Cara melakukan alokasi aset dipengaruhi oleh berbagai faktor penting, antara lain: kondisi keuangan saat ini, horison waktu investasi, kekuatan dana investasi, tujuan keuangan, kewajiban utang dan profil risiko individu. Khususnya, tiga faktor paling utama yang membentuk alokasi portofolio yaitu tujuan keuangan, horison waktu dan profil risiko. Untuk membangun portofolio yang optimal, pemahaman terhadap profil risiko sangat penting. Profil risiko pribadi ini terdiri dari tiga variabel, yaitu bagaimana sikap atau toleransi Anda terhadap risiko, seberapa besar kemampuan/kapasitas keuangan Anda dalam menghadapi risiko, dan berapa asumsi risiko yang ditetapkan.

Tujuan dari alokasi aset adalah untuk mencapai return tertinggi untuk tingkat risiko yang dapat diterima, atau sebagai alternatif risiko terendah untuk tingkat pengembalian yang diperlukan. Dengan menggabungkan aset berkarakteristik yang berbeda dalam portofolio, investor dapat mencapai hasil yang lebih tinggi dengan risiko rendah dalam jangka panjang.

Kombinasi pasif aktif

Membangun dan menjaga sebuah portofolio yang berhasil bergantung pada seberapa baiknya portofolio tersebut didesain dan dikelola. Faktor penentu dari bagaimana hasil akhir dari sebuh portofolio adalah bagaimana alokasi aset dilaksanakan. Saat dikerjakan dengan baik, Anda bisa mendapatkan kinerja investasi yang bisa diandalkan dalam jangka panjang.

Walaupun begitu sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu susunan portofolio investasi tidak selalu bisa mengalahkan return pasar yang menjadi benchmark-nya tiap tahun. Ini agak mengkhawatirkan ketika rencana yang sudah disusun sedemikian rupa berakhir dengan tidak optimal.

Mungkinkah penyebabnya kondisi ekonomi yang buruk, salah memilih saham atau belum hokinya? Tak satu pun dari jawabannya ini yang akurat. Paling tidak kita tahu bahwa kegagalan dalam menyusun dan melaksanakan formula alokasi aset yang tidak tepat bisa mengakibatkan kinerja suatu portofolio investasi berada di bawah kinerja pasar yang menjadi acuannya. Karena itu pelaksanaan kebijakan investasi alokasi aset harus selalu dikaji ulang dari waktu ke waktu.

Investor dapat mengombinasi kebijakan investasi dengan strategi investasinya yaitu pasif-aktif. Terlebih dulu menetapkan kebijakan investasi (alokasi aset dan portofolio investasi), barulah memilih instrument investasinya melalui strategi Security selection dan market timing yang merupakan strategi untuk menentukan kapan harus membeli atau menjual investasi untuk mendapatkan harga terbaik dengan mencoba untuk memprediksi pergerakan harga pasar. Prediksi didasarkan pada asumsi pasar atau kondisi ekonomi yang dihasilkan dari analisis teknikal atau fundamental.

Security selection adalah pemilihan jenis investasinya, yaitu suatu strategi investasi yang menentukan pemilihan jenis instrumen finansial apa yang akan dibeli atau dijual untuk mendapatkan kualitas terbaik dari jenis kelas aset tertentu yang akan dimasukan ke dalam portofolio. Selanjutnya lakukan evaluasi secara berkala misalnya minimal setahun sekali untuk membandingkan kinerja portofolio investasi terhadap indeks pasar yang menjadi acuannya.

www.bisnis.com