Cari di Blog Ini

Minggu, 06 Oktober 2013

Balai Benih Bibit Ikan Lampura Tak Difungsikan Dan Ditelantarkan

Kotabumi Lampung Utara. Balai Benih Bibit Ikan Lampura Tak Difungsikan Dan Ditelantarkan. Balai BBI yang berlokasi di Tanjung Raja, Kotabumi, Lampung Utara tersebut tidak dipergunakan sama sekali setelah selesai dibangun sejak dua tahun yang lalu. Meskipun telah menelan biaya yang tidak sedikit, kondisinya sangat terlantar hingga banyak ditumbugi rumput liar dan semak belukar.
Balai Benih Bibit Ikan. Kotabumi Lampung Utara
Balai BBI Dibiarkan Terbengkalai

Balai Benih Bibit Ikan (B3I) Tanjung Raja, Kotabumi, Lampung Utara, dibiarkan begitu saja selama beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan pemantauan Lampung Post, Sabtu (5/10/2013), gedung yang baru dibangun dua tahun lalu dan direncanakan digunakan untuk pembibitan ikan tawar tersebut tidak difungsikan lagi. Padahal dananya terhitung besar, bila diberikan pada masyarakat kurang mampu.

Hal inilah yang menjadi keprihatinan seorang pengembala domba Ahmad (65 tahun) yang berdomisili di sekitar gedung tersebut. Menurutnya, sejak dua tahun terakhir balai tersebut sudah tidak ada penunggunya lagi. Tidak diketahui apa penyebab sebenarnya, padahal jumlah uang yang digunakan untuk pembangunan gedung dan sarana tersebut tidak kecil.

Ahmad mengungkapkan dirinya memanfaatkan tempat kosong yang telah ditumbuhi semak ini untuk mengangon sapinya. Pria asal Jawa Barat ini sehari-harinya berprofesi sebagai pengembala domba selalu menyempatkan singgah disana, sambil melepas lelahnya. Pasalnya, selain rumput liarnya banyak, ditempat tersebut ada bangunannya yang dapat dijadikan tempat berteduh dikala panas dan hujan datang mendera. "Saya merasa prihatin saja, kenapa bangunan megah seperti ini dibiarkan begitu saja oleh aparat terkait. Padahal semuanya telah lengkap, ada kolam-kolam dibelakang sana, bangunan juga terlihat masih kokoh. Kan sayang seperti ini, padahak uang yang digunakan untuki membangun tempat ini tidak sedikit, bila diberikan pada penduduk akan lebih bermanfaat," kata Ahmad.

Ia menyerankan agar pemerintah daerah dapat memanfaatkan bangunan tersebut, karena bila diberdayakan dengan sebenarnya akan mengangkat perekonomian masyarakat. Apalagi didaerah Tanjung Raja banyak petani sawah, sehingga dapat dijadikan mata pencaharian sampingan selain menanam padi.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar