Cari di Blog Ini

Senin, 02 September 2013

KPU Lampura Larang Pemilih Bawa Handphone Ke TPS

Kotabumi Lampung Utara: KPU Lampura Larang Pemilih Bawa Handphone Ke TPS. Larangan membawa handphone, ponsel, dan alat yang memiliki fasilitas pengambilan gambar pada saat pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara tersebut diberlakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal utama yang tidak diinginkan tersebut diantaranya adalah memotret surat suara untuk dijadikan bukti calon pasangan mana yang telah dipilih. Sebab bukti pemotretan surat suara yang telah dicoblos tersebut bisa digunakan oleh si pemilih untuk mendapatkan imbalan dari pihak atau calon pasangan yang telah dipilihnya.
KPU. Kotabumi Lampung Utara
KPU Lampura Larang Pemilih Bawa HP ke TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara melarang pemilih membawa telepon seluler (hand phone/HP) ketika mencoblos di bilik TPS pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Lampung Utara, 19 September 2013.

Ketua KPU Lampung Utara Marthon, Kamis (29-8), mengatakan telepon seluler kini dilengkapi kamera. Jika pemilih membawa telepon seluler ke dalam bilik maka dikhawatirkan coblosan itu akan dipotret dan dijadikan bukti untuk meminta imbalan.

Menurut Marthon, larangan pemilih membawa HP ke dalam bilik boleh disampaikan oleh petugas TPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Marthon mengatakan pencoblosan dimulai pukul 7.00 hingga pukul 13.00. Selama proses pencoblosan tidak boleh ada intervensi. "Tidak ada yang dapat mengintervensi TPS, termasuk calon atau pun bahkan KPU sendiri. Bila kandidat atau tim kampanye ingin memprotes proses atau teknis pelaksanaan pemungutan suara harus melalui saksi tadi. Begitupum komisioner KPU yang ingi memberikan petunjuk, harus disampai secara personal kepada ketua KPPS langsung," kata Marthon.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar