Cari di Blog Ini

Sabtu, 03 Agustus 2013

Polisi Amankan Pelaku Penyelundupan 4,62 Kiloliter BBM Bersubsidi

Kotabumi Lampung Utara: Polres Lampung Utara telah mengamankan 3 orang pelaku penyelundupan 4.620 liter BBM bersubsidi dari jenis solar dan bensin premium. Sebelumnya, para pelaku penyelundupan BBM tersebut telah diamankan terlebih dulu oleh personil dari jajaran Kodim 0412/Lampung Utara pada hari Rabu, 31 Juli 2013 lalu. Selain mengamankan para pelaku, pihak kepolisian juga telah mengamankan sejumlah barang bukti dari aksi kejahatan tersebut.
Penyelundupan BBM Bersubsidi. Kotabumi Lampung Utara
3 Penyeludup BBM Jadi Tersangka

Polres Lampung Utara menetapkan dua sopir dan seorang pemilik kendaraan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelundupan BBM bersubsidi jenis solar dan premium sebanyak 4.620 liter yang diamankan jajaran Kodim 0412/Lampura, Rabu (31/7/2013) lalu. Ketiga tersangka pun sudah ditahan. "Kami telah menetapakan ketiga orang tersebut menjadi tersangka dan kini mereka telah ditahan di Polres Lampung Utara guna proses hukum lebih lanjut," kata Kasat Reskrim AKP Bunyamin, mewakili Kapolres Lampura AKBP Helmy Santika, Kamis (1/8/2013).

Dia juga menjelaskan sebelum menahan kedua sopir, yakni Afandi (29 tahun), warga Desa Bengkulu, Gununglabuhan, Way Kanan, dan Erli (31 tahun), warga Desa Tiyuhbalak, Baradatu, Way Kanan, dan seorang pemilik kendaraan, Reza Ajijul (35 tahun), warga Kecamatan Baradatu, Way Kanan, pihaknya lebih dahulu memeriksa intensif ketiganya. "Hasil pemeriksaan menyatakan mereka akan dijerat dengan Pasal 55 UU No. 22 Tahun 2001 tentang Migas. Mereka juga mengakui barang tersebut akan dibawa dari Kotabumi menuju Way Kanan."

Sementara itu, selain menetapkan ketiga orang tersebut menjadi tersangka, pihaknya juga telah menahan dua mobil pengangkut BBM, yaitu Mitsubishi L-300 BE-9311-BB dan Daihatsu Grand Max BE-9208-WC, untuk dijadikan barang bukti. Mengenai dugaan keterlibatan oknum aparat, Bunyamin mengatakan tidak ada yang terlibat. Menurut para tersangka, perbuatan itu semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan.

Diberitakan sebelumnya, Kodim 0412/Lampung Utara kembali mengamankan dua mobil yang mengangkut BBM bersubsidi jenis solar dan bensin sebanyak 4.620 liter usai mengecor di salah satu SPBU di Kecamatan Buktikemuning, Rabu (31-7), sekitar pukul 17.00. BBM yang diangkut Mitsubishi L-300 BE-9311-BB dan Daihatsu Grand Max BE-9208-WC rencananya akan dibawa ke Baradatu, Way Kanan. Selain menyita barang bukti berikut dua orang sopir, yaitu Afandi (29 tahun) dan Erli (31 tahun), petugas juga menangkap pemilik kedua kendaraan, Reza Ajijul, warga Baradatu, Way Kanan. Barang bukti berikut pelaku para pelaku kemudian diserahkan ke Polres Lampung Utara.

Komandan Kodim 0412/Lampung Utara Letkol Inf. Ayi Lesmana, Rabu petang, membenarkan pihaknya telah menahan dua mobil yang tengah mengangkut BBM bersubsidi jenis solar dan premium yang diduga akan diselundupkan ke Way Kanan. Kedua mobil yang mengangkut 4.620 liter BBM itu diamankan anggotanya yang tengah berpatroli di jalan lintas tengah Sumatera (Jalinteng) guna membantu petugas kepolisian dalam rangka pelaksanaan pengamanan arus mudik.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar