Cari di Blog Ini

Sabtu, 31 Agustus 2013

Kemenag Lampura Adakan Pembinaan Administrasi Madrasah

Kotabumi Lampung Utara: Kemenag Lampura Adakan Pembinaan Administrasi Madrasah. Dengan mengambil tempat di ruang aula RM Taruko Jaya, Kotabumi, Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Lampung Utara telah melaksanakan kegiatan Pembinaan Administrasi Madrasah pada Kamis 29 Agustus 2013. Kegiatan tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 300 peserta yang umumnya menjabat sebagai kepala sekolah RA, MI/MIN, MTs, dan MA/MAN dari seluruh Kabupaten Lampung Utara. Dalam kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi untuk para peserta, antara lain tentang kurikulum pendidikan, kelembagaan sekolah, dan tentang akreditasi.
Pembinaan Administrasi Madrasah. Kotabumi Lampung Utara
Kemenag Lampung dan Lampura Bina Madrasah

Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Utara (Lampura) melalui Seksi Pendidikan Madrasah, melaksanakan kegiatan Pembinaan Administrasi Madrasah Tingkat RA, MI/MIN, MTs, dan MA/MAN se-Kabupaten Lampung Utara Tahun 2013, Kamis (29/8/2013). Kegiatan dilaksanakan di Aula RM Taruko Jaya. Peserta kegiatan berjumlah 300 orang, dari Kepala Sekolah RA, MI/MIN, MTs, serta MA/MAN se-Lampura. Dalam sambutannya, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Lampung, Daswir, S.E., M.M. hadir sebagai pemateri. Dia menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Lampung, karena ada kegiatan lain. Materi yang disampaikan adalah tentang sosialisasi kurikulum. Dia menjelaskan, tahun 2013 hanya sosialisasi kurikulum, tetapi penerapannya di tahun ajaran 2014. Hal itu bertujuan agar para pendidik lebih paham dan menguasai kurikulum baru yang akan diterapkan.

Selain itu, penyampaian materi tentang kelembagaan ada 2115 sekolah Madrasah negeri dan swasta di Provinsi Lampung. Daswir mengatakan, masih banyak Madrasah swasta yang belum terakreditasi. Daswir berharap, sekolah Madrasah bisa terakreditasi. "Karena pengakuan sangat penting, dengan harapan sekolah Madrasah lebih maju dan akan lebih meningkat mutu pendidikannya," ujarnya.

Ditambahkannya, Kemenag Lampung tidak berpangku tangan menanggapi banyaknya Madrasah yang belum terakreditasi, sudah berusaha mencari pendanaan. Karena salah satu syarat untuk akreditasi adalah dari sisi dana yang akan digunakan untuk pembangunan sekolah dan mutu pendidikan dengan mengambil bantuan dari Australia. Untuk pendanaan Madrasah swasta, sampai saat ini yang baru terealisasi 55 Madrasah di dua kabupaten, yaitu Lamteng dan Lampura. "Dengan peningkatan mutu, kami berharap orangtua murid bisa mempercayakan anaknya sekolah di Madrasah. Namun dia berpesan agar Madrasah juga bisa membuktikan kepada para orangtua untuk meningkatkan kwalitas pendidikan," pungkas Daswir.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Lampura, Hi. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I., menyambut baik kegiatan ini dan berharap, lulusan Madrasah bisa bersaing. "Semua usaha yang dilakukan Kemenag, dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah, agar mutu pendidikan Madrasah semakin baik. Sehingga, lulusan Madrasah adalah sumber daya manusia yang berakhlaq dan cerdas. Dengan demikian, bisa bersaing dengan lulusan sekolah umum," singkatnya.

www.mytrans.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar