Cari di Blog Ini

Selasa, 13 Agustus 2013

159 Penghuni Rutan Dan Lapas Kotabumi Peroleh Remisi

Kotabumi Lampung Utara: Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B dan Lembaga Permasyarakatan (LP) Anak Kelas II A wilayah Lampung Utara telah memberikan remisi kepada 159 orang narapidana. Pemberian remisi tersebut bertepatan dengan perayaan Idul Fitri 1434 H atau pada tanggal 8 Agustus 2013. Perincian para napi yang memperoleh remisi tersebut adalah 71 orang di Rutan Kelas II B Kotabumi dan 88 orang di LP Anak Kelas II A Kotabumi.
Lapas. Kotabumi Lampung Utara
Ratusan Napi Mendapat Remisi

159 orang narapidana (napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B dan Lembaga Permasyarakatan (LP) Anak Kelas II A wilayah Lampung Utara mendapatkan remisi khusus (penguragan masa tahanan) saat Lebaran. Mereka mendapatkan potongan masa tahanan rata-rata sebanyak 15 hari hingga 1 bulan yang diberikan kepada 71 orang di Rutan Kelas II B Kotabumi dan sebanyak 88 orang napi di LP Anak Kelas II A Kotabumi setempat.

Kepala Rutan Kelas II B Kotabumi Chandran Listiyono, Minggu (11/8/2013), mengatakan pihaknya memberikan remisi kepada para napi sebanyak 71 yang telah berhak mendapatkan remisi tersebut. Dia menjelaskan para napi yang mendapatkan remisi tersebut yang telah memenuhi persyaratan, yakni statusnya sudah narapidana kemudian sudah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan. "Ada beberapa persyaratan dan ketentuan bagi napi yang mendapatkan remisi. Jadi, napi yang merasa sudah layak mendapat remisi tetapi tidak mendapat remisi diminta segera melapor ke petugas," kata dia.

Pemberian remisi khusus ini, ujar Chndaran Listiono, diberikan kepada seluruh narapidana yang ditahan di rumah tahanan (rutan) dan LP di seluruh Indonesia. "Dengan pemberian remisi ini, selain memberikan motivasi para narapidana untuk berperilaku yang baik juga mengurangi dampak overkapasitas yang ada di LP atau rutan," kata dia lagi.

Sementara itu, dalam proses pemberian remisi khusus kepada narapidana dilakukan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 28/2006 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 32/1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. "Mereka yang mendapatkan remisi bervariasi, mulai dari 15 hari hingga satu bulan pengurangan masa tahanan," ujarnya.

Persyaratan bagi napi yang berhak memperoleh remisi khusus itu adalah berkelakuan baik dalam kurun waktu remisi berjalan dan telah menjalani pidana paling sedikit 6 bulan. "Jadi, mereka yang selama ini menjalani masa pembinaan berkelakuan baik, tidak melanggar disiplin, dengan sendirinya hak mereka dapat remisi," kata dia, seraya menyebutkan remisi merupakan hak para napi yang diatur dalam Keppres 174/1999.

Sementara itu, di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Anak kelas II A Kotabumi, sebanyak 88 napi mendapatkan remisi khusus Lebaran tahun ini. "Pihak LP Anak Kelas II A Kotabumi memberikan remisi di hari Lebaran 2013 kepada 88 napi," ujar Kepala LP Supriyono.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar