Cari di Blog Ini

Senin, 08 Juli 2013

Sst.., Ada Instruksi Pasang Stiker Bupati Bagi Warga Penerima BLSM

Kotabumi Lampung Utara: Di beberapa kawasan di Lampura beredar rumor bahwa warga penerima BLSM diwajibkan menempelkan stiker gambar Bupati Lampung Utara yang saat ini sedang menjabat. Jika hal ini memang benar terjadi, tentu saja dinilai sebagai muatan politis yang mendompleng pada program pemerintah. Ini dianggap tidak etis, apalagi menjelang pemilihan umum kepala daerah Lampura yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Kasus bernuansa politis ini dikabarkan telah terjadi di Kelurahan Rejosari, Lampung Utara.
BLSM. Kotabumi Lampung Utara
BLSM Dibagikan Tapi Harus Pasang Stiker Bupati Lampung Utara

Pemberian Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kelurahan Rejosari, Lampung Utara (Lampura) diduga disertai dengan kepentingan politis. Betapa tidak, setiap warga penerima BLSM di kelurahan itu diwajibkan memasang stiker bergambarkan Bupati Zainal Abidin. Mirisnya lagi, aksi tidak terpuji tersebut diduga dilakukan oleh Lurah Rejosari, Wasis Harjono. "Jadi, setiap masyarakat yang menerima BLSM diwajibkan oleh Pak Lurah untuk memasang stiker ucapan selamat dari Bupati. Stiker itu harus saya bagikan saat saya memberitahukan atau memanggil warga yang akan menerima BLSM itu di rumah saya," kata Ketua RT 02/LK I, Sofian, di kediamannya, Minggu (7/7/2013).

Menurut Ketua RT 02/LK I ini, perintah tersebut disampaikan langsung oleh Lurah Kelurahan Rejosari, Wasis Harjono melalui telepon pada Rabu (3/7/2013) lalu. "Pak Lurah telepon saya, Pak Sofian setiap warga bapak wajib memasang itu (stiker). Stiker ini yang jelas untuk mempromosikan Bupati (Zainal) supaya dia dapat dukungan," bebernya sembari menunjukkan puluhan stiker bergambarkan Bupati Zainal Abidin.

Kendati begitu, ia memutuskan untuk tidak membagikan puluhan stiker tersebut kepada 21 warganya yang menerima BLSM. "Satu pun (stiker) belum ada yang saya bagikan ke masyarakat," kata dia tanpa menjelaskan alasan kenapa dirinya tidak membagikan stiker itu.

Namun, stiker tersebut telah dibagikan kepada warga di RT 05/LK I dan RT 02/LK III. Hal ini dibuktikan dengan telah terpasangnya stiker itu pada pintu rumah warga di wilayah tersebut. "Banyak warga di RT 05/LK I dan RT 02/LK III yang telah memasang stiker itu," terangnya.

Sementara, Inan Saputra, warga RT 02/LK III membenarkan banyak warga penerima BLSM di lingkungannya telah memasang stiker tersebut. "Banyak kok warga disini yang telah memasang stiker itu karena diperintahkan Ketua RT untuk memasangnya," ungkap dia.

Untuk jumlah BLSM di wilayahnya, ia mengatakan, terdapat sekitar 18 warga yang menerima bantuan kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut. "Jumlah warga sini yang menerima BLSM ada sekitar 18 orang," jelas dia.

Bahkan Inan sempat memperoleh keterangan dari warga lingkungannya bila BLSM itu merupakan bantuan dari Bupati Zainal Abidin. "Saya sempat dengar warga bilang kalau bantuan itu adalah bantuan dari pak bupati. Warga itu dapat informasi dari ketua RT sini," ujar dia.

www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar