Cari di Blog Ini

Kamis, 04 Juli 2013

Polsek Abung Semuli ringkus 3 Tersangka Kasus Pencurian Sepeda Motor

Kotabumi Lampung Utara: 3 orang tersangka yang diduga pelaku pencurian sepeda motor dan peralatan soundsystem berhasil dibekuk oleh petugas Polsek Abung Semuli, Lampung Utara. Tiga orang tersangka tersebut disinyalir telah melakukan pencurian sepeda motor dan perangkat soundsystem di rumah korban, Rusdi (45 tahun), warga Desa Gunung Sari, Abung Semuli. Aksi kejahatan tersebut dilakukan oleh 3 tersangka pada Rabu, 16 Januari 2013 lalu.
Kejahatan. Kotabumi Lampung Utara
Tiga Residivis Curanmor Ditangkap

Tiga orang residivis tersangka pelaku pencurian sepeda motor ditangkap petugas Polsek Abung Semuli, Lampung Utara di kediamannya masing-masing pada Selasa (2/7/2013), sekitar pukul 03.00. Pada penangkapan itu, petugas terpaksa melumpuhkan dengan timah panas, satu dari tiga orang tersangka dan petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Supara Fit BE-6323-Jl dan sebuah soundsystem alat musik hasil tindak kejahatan milik korban.

Tersangka yang ditembak adalah Yusuf (27 tahun), warga Desa Gunung Keramat, Abung Semuli, Lampung Utara itu, menderita luka tembak dibagian betis kaki kanan. Sementara dua orang rekanya, Tamrin Hadi (30 tahun), dan Rudi Irawan (23 tahun), warga Desa Gunungsari, Abung Semuli, yang kini telah ditahan di Polsek Abung Semuli guna proses penyidikan lebih lanjut atas kasus tersebut. Kaposlek Abung Semuli Iptu S. Lubis mewakili Kapolres Lampung Utara AKBP Helmy Santika ketika dimintai keterangan di ruangan kerjanya, Selasa (2/7/2013), mengatakan bahwa para tersangka ditangkap di rumahnya masing-masing dan salah seorang dari mereka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha kabur saat ditangkap. "Karena tidak mengindahkan tembakan peringatan dan berusaha melarikan diri, maka anggota kami melumpuhkan dengan timah panas pada bagian kaki tersangka," ujarnya.

Sementara itu, para tersangka tersebut diduga melakukan aksi pencurian di rumah Rusdi (45 tahun), warga Desa Gunung Sari, Abung Semuli, Lampung Utara, pada Rabu (16/1/2013) lalu. Dalam melakukan aksinya mereka masuk ke-rumah korban dengan cara mencongkel jendela rumah dan setelah itu para tersangka ini memperdaya dengan mengunakan senjata tajam jenis golok, sebelum membawa kabur sepeda motor Honda Supara Fit milik korban. "Selain mengamankan para tersangka, pihaknya berhasil menyita barang bukti sepeda motor hasil curian yang belum sempat dijualnya," kata S. Lubis.

Menurut catatan kepolisian, diketahui bahwa para tersangka ini adalah mantan residivi kasus pencurian sepeda motor (residivis) yang telah berulang kali menjalani hukuman tahanan. Yusuf menjalani tahanan pada tahun 2007 lalu dan pada tahun 2008 hingga akhir htahun 2012 lalu Yusuf baru menghirup udara bebas hingga akhirnya ditangkap kembali karena mengulangi perbuatanya. Sedangkan tersangka lainya, yaitu Tamrin Hadi, diketahui juga sebagai mantan residivis pada tahun 2009 lalu dan ia kembali ditangkap kasus pencurian sepeda motor. Begitu juga dengan tersangka Rudi Irawan, diduga kuat kerap melakukan aksi pencurian sepeda motor dan telah lama menjadi buruan petugas.

Keberhasilan petugas menangkap para tersangka merupakan hasil pengembangan kasus dari salah seorang rekanya yaitu Tamrin alias Al yang saat ini masih menjalani proses hukum. Para tersangka mengakui perbuatanya yang melakukan aksi pencurian sepeda motor milik korban. "Sebelum melakukan aksi, kami terlebih dahulu melakukan petermuan dan mencari sasaran calon para korban," kata Yusuf yang diamini oleh dua rekanya tersebut.

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar