Sabtu, 06 Juli 2013



: Posted on Sabtu, 06 Juli 2013 - 01.29 with No comments

Kotabumi Lampung Utara: Kepolisian Resor Lampung Utara melaksanakan Operasi Patuh 2013 di beberapa jalan di kawasan Kotabumi. Operasi Patuh 2013 digelar selama 14 hari, dimulai pada tanggal 4 Juli 2013 hingga 17 Juli 2013. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat secara persuasif dan edukatif untuk mematuhi peraturan berlalu-lintas yang sudah diberlakukan selama ini. Pada hari pertama pelaksanaan, yaitu Kamis, 4 Juli 2013, petugas kepolisian mencatat ada 47 unit sepeda motor yang kedapatan melanggar peraturan, dan 7 orang pengendara yang tidak melengkapi diri dengan dokumen berlalu-lintas yang seharusnya selalu dibawa.
Polres Lampung Utara. Kotabumi Lampung Utara
Puluhan Kendaraan Terjaring Razia

Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh 2013, Polres Lampung Utara menggelar razia di sejumlah lokasi jalan Raya daerah setempat, Kamis (4/7/2013). Puluhan kendaraan bermotor yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan terjaring. Kasat Lantas Polres Lampura, AKP Surono yang didampingi Kanit turjawali IPDA Elvis mengatakan bahwa pihaknya melakukan razia kendaran di Jalan Jendral Sudirman Kotabumi dan dalam razia itu kedapatan 42 unit sepeda motor yang melakukan pelangaran serta tujuh kendaraan pemiliknya tidak membawa kelengkapan surat menyurat. Dalam pelangaran itu, diketahui lima unit kendaraan pegendaranya di berikan sangsi tindakan tegas ditilang izin mengemudi (SIM). Sedangkan 30 unit kendaraan lainya ditilang STNKnya dan memberikan sembilan teguran bagi pengguna jalan tidak menghidupkan lampu. "Kami terpaksa memberikan tindakan tegas, karena dalam razia ini masih banyak masyarakat khsusnya para pemilik kendaraan yang melangar peraturan," ujarnya.

Surono juga menjelaskan, kegiatan Operasi Patuh 2013 merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, yang dilaksanakan dengan manfaat momentum menjelang Bulan Suci Ramadhan, melalui pendekatan persuasif dan Edukatif. Kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari itu, dilakukan dengan cara memberdaykan fungsi Dikmas Lantas secara optimal. "Tujuan utama Operasi patuh 2013 yang dilaksanakn ini adalah, agar terwujutnya kamseltibcar Lantas, dengan melaksanakan pelayanan prima anti KKN dan anti Kekerasan sebagai bukti kinerja untuk meraih prestasi," terangya.

Selain itu, lanjut Surono, tujuan razia tersebut adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas secara optimal, serta menurunya angka Kecelakaan lalu lintas, terciptanya kepercayaan masyrakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. "Menurunnya tingkat pelanggaran dan kemacetan, serta tersosialisasinya UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan," jelasnya.

Pengendara yang melanggar peraturan diberikan sanksi tilang dan teguran. "Untuk pengendara motor dan mobil yang diberikan sangsi tilang apa bila tidak memiliki SIM, STNK, serta tidak memekai kelengkapan berkendaraan, sedangkan sanksi teguran diberikan jika pengendara tidak memakai kenalpot setandar dan tidak memakai sabuk pengaman buat pengendara mobil," pungkasnya.

lampost.co


Bagikan :


Artikel terkait :
thumbnail Polres Lampura Gelar Operasi Patuh 2013 Untuk Memasyarakatkan Disiplin Dan Tertib Berlalu-lintas Prokimal Kotabumi 2013-07-06T01:29:00+07:00 4.9 100 Reviews

Poskan Komentar


Copyright © 2013. Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Kotabumi Lampung Utara
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA