Cari di Blog Ini

Minggu, 21 Juli 2013

Lampura Akan Berangkatkan 494 Orang Calon Haji Tahun Ini

Kotabumi Lampung Utara: Sebanyak 494 orang calon jemaah Haji dari Lampung Utara dijadwalkan akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada tahun 2013 ini. Sementara itu, 113 orang calon haji Lampura terpaksa ditunda keberangkatannya pada 2013 ini dikarenakan imbas dari diberlakukannya pemangkasan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi.
Haji. Kotabumi Lampung Utara
113 Calhaj Lampura Batal Berangkat

Kurang lebih 113 Jemaah Calon Haji (Calhaj) Lampung Utara (Lampura) dipastikan ditunda keberangkatannya menuju tanah suci Mekkah tahun ini. Penundaan ini merupakan imbas dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang memangkas kuota haji di seluruh dunia. "Calon Haji Lampura yang ditunda tahun ini berjumlah 113 orang," kata Kepala Seksi Pelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten setempat, Makmur, Kamis (18/7/2013).

Makmur menuturkan bahwa penetapan penundaan Calhaj ini ditetapkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag). "Penetapannya secara global dari Kemenag pusat. Karena kita (Lampura) termasuk dalam kuota provinsi Lampung maka secara otomatis kita juga menjadi bagian dari 20 persen Calhaj yang ditunda keberangkatannya dipropinsi Lampung," ujarnya.

Kriteria penundaan Calhaj ini sendiri, katanya lagi, diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No 62/2013 tentang Kriteria Penundaan Keberangkatan Jamaah Yang Telah Melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1434H/2013M. Dimana kriterianya terdiri dari 3 kriteria yakni Pertama, berusia 75 tahun atau lebih. Kedua, memiliki keterbatasan kemampuan fisik sehingga memerlukan alat bantu antara lain kursi roda, tongkat, dan sebagainya. "Yang ketiga, memiliki nomor urut porsi yang terakhir hingga memenuhi pengurangan kuota yang ditentukan di provinsi atau kabupaten/kota," terangnya.

Sementara untuk jumlah Calhaj Lampura sendiri yang akan berangkat menuju tanah suci, ia menyebutkan bahwa jumlahnya mencapai 494 orang. "Sebenernya ada 495 calhaj yang akan pergi ke tanah suci tahun ini, tapi belum lama ini satu orang Calhaj kita meninggal dunia. Jadi, calhaj kita berkurang satu," papar dia seraya menerangkan bila jumlah itu telah termasuk 3 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Sebelumnya, pihak Kemenag Lampura memperkirakan setidaknya terdapat 114 Calon Haji Lampura yang akan ditunda keberangkatannya bila kebijakan pengurangan Calhaj tahun 2013 dari Arab Saudi benar terealisasi. Kementerian Haji Saudi memangkas kuota hingga 50 persen untuk jamaah dalam negeri dan 20 persen untuk jamaah luar negeri. Kebijakan tersebut diambil lantaran pekerjaan konstruksi untuk memperluas Masjidil Haram di Mekkah sedang dilakukan.

www.mytrans.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar