Cari di Blog Ini

Senin, 29 Juli 2013

KPUD Lampura Redam Isu Tentang Dukungan Parpol Kepada Bakal Calon Pasangan Pilkada 2013

Kotabumi Lampung Utara: Beredarnya isu tentang adanya bakal calon pasangan peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lampung Utara yang tidak mendapatkan dukungan hingga angka 15% dari partai politik telah dibantah oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Utara (Lampura), Marthon. Mengenai lolos atau tidaknya masing-masing bakal calon pasangan yang akan menjadi peserta Pilkada Lampung Utara 2013 akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2013.
Pilakda 2013. Kotabumi Lampung Utara
KPUD Lampura Bantah Isu TMS

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Utara (Lampura), membantah keras isu yang menyatakan bahwa pasangan Riza Pahlevi-Ruslan Efendi (RR) dan Pasangan Kesuma Dewangsa-Supeno (Kedeso), dianggap tidak memenuhi dukungan partai politik sebanyak 15 persen dan tidak dapat lagi mengikuti kompetensi berikutnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 19 September 2013 mendatang. "Isu dari mana ini? Kita belum tahu adanya isu itu. Sampai saat ini kami belum masuk tahapan penetapkan mereka. Kita tunggu saja hasilnya 1 Agustus nanti ya," ujar Ketua KPUD Lampura, H. Marthon di ruang kerjanya, seusai rapat internal.

Pihaknya berharap, agar masyarakat Lampura jangan sekali-sekali mempercayai adanya informasi atau bahkan adanya isu yang menyatakan RR dan Kedeso tidak lolos, karena KPU Lampura sendiri hari ini baru menyelesaikan rapat internal guna membahas perbaikan dukungan parpol kepada Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada) yang akan maju nanti. "Hari ini, pihaknya baru akan menyampaikan hasil perbaikan kepada Balonkada melalui LO masing - masing, pokoknya isu tersebut tidak benar, tunggu waktunya saja ya," jelasnya.

Diakuinya, memang pada saat masa setelah pihaknya melakukan Verifikasi Faktual (Vertual) beberapa waktu lalu, ada beberapa parpol yang merubah dukungannya terhadap Balonkada, seperti contoh partai A sahnya kemana, partai B sahnya kemana dan seterusnya. "Pokoknya hasil tersebut sudah dipegang oleh balonkada masing-masing melalui LO dan mereka tidak diperkenakan lagi memperbaiki dukungan parpol tersebut karena sudah kita tutup tanggal 4 Juli 2013 lalu," kata Marthon.

Untuk diketahui, saat massa pendaftaraan calon kepala daerah lalu, dimana Pasangan RR mendaftarkan diri pada KPU setempat Rabu (5/6/2013) sekira pukul 09.00 Wib, dengan diusung Partai Golkar yang berkoalisi dengan lima partai non parlemen yakni Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Kebangkitan Nahdatul Ulama (PKNU), Partai Karya Republik (PAKAR), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), dan Partai Barisan Nasional (PBN).

Sementara pasangan Kedeso mendaftarkan diri ke KPU pada hari yang sama sekitar pukul 11.00 Wib, dengan diusung satu partai parlemen yakni Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) dan berkoalisi dengan 19 partai non parlemen yang terdiri dari partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), PNI Marheinisme, Partai Pelopor, Partai Patriot, Partai Indonesia Sejahtera (PIS), Partai Nasional Banteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI), Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Persatuan Nasional (PPN), Partai Kebangkitan Nahdatul Ulama (PKNU), Partai Karya Perjuangan (PKP), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Barisan Nasional (BBN), Partai Serikat Indonesia (PSI),Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Persatuan Nahdatul Ulama Indonesia (PPNUI), Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan), dan Partai Kedaulatan.

Dari parpol yang memberikan dukungan tersebut terdapat lima parpol yang memberikan dukungan ganda yaitu, PPPI, Partai Barnas, PKNU, PPBI dan Pakar Pangan. Dari lima parpol tersebut, 4 parpol memberi dukungan ganda kepada RRR dan Kedeso. Sedangkan satu parpol lagi PPPI memberi dukungan kepada Zainal Abidin – Ansyori Djausal (ZA) dan Kedeso. Namun dalam hal ini, RR dan Kedeso lah yang perlu dilakukan pemeriksaan dengan seksama, karena pasangan ZA meskipun tidak didukung PPPI kuota persentase kursi maupun suara lebih dari cukup.

www.mytrans.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar