Cari di Blog Ini

Rabu, 10 Juli 2013

Jam Kerja PNS Lampura Dikurangi Selama Ramadhan

Kotabumi Lampung Utara: Jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kabupaten Lampung Utara dikurangi selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1434 Hijriah atau tahun 2013 ini. Pengurangan jam kerja PNS tersebut diberlakukan untuk memudahkan mereka lebih khusu' dalm menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Kantor Bupati. Kotabumi Lampung Utara
Ramadhan, Jam Kerja PNS Lampura Berkurang

Selama Ramadhan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara mendapatkan pengurangan jam kerja atas perubahan jadwal masuk kerja dan pulang kerja. Yakni, Senin hingga Kamis pukul 08.00 hingga pukul 15.00, Istirahat pukul 12.00 hingga pukul 12.30. Pada Jumat pukul 08.00 hingga pukul 15.30, Istirahat pukul 11.30 hingga pukul 12.30. Selain hal itu, apel/upacara mingguan dan bulanan serta senam ditiadakan selama ramadhan. Kebijakan ini mengacu pada surat edaran Gubernur Lampung, nomor: 45.21/8411/1/2013, tanggal 1 Juli 2013, tentang ketentuan jam kerja PNS selama Ramadhan 1434 Hijriah, di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan mengacu pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia nomor 07 tanggal 25 Juni 2013.

Sekdakab Lampung Utara Rifki Wirawan ketika dimintai keterangan kemarin mengatakan, pemberlakuan pengurangan jam kerja tersebut dalam rangka meningkatkan kesempurnaan PNS dalam menjalankan ibadah puasa. "Ini adalah bentuk tenggang rasa. Meskipun tengah menjalankan ibadah puasa, tapi kami tetap meminta kepada seluruh pegawai untuk tidak mengurangi semangat kerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya tetap akan memberikan sanksi yang tegas jika ditemukan ada pegawai yang memang sengaja berangkat lebih siang dari pada jadwal yang sudah ditentukan. Hal itu, lanjut Rifki, sebagai pembelajaran tentang disiplin pegawai, terlebih lagi, selama Ramadhan mendatang Pemerintah sudah mengurangi jam kerja, tidak seperti hari-hari biasa, yakni lebih awal. "Kalau sanksi, bagi yang membolos maupun yang datang terlambat tanpa keterangan tetap ada. Nanti bagian Inspektorat yang akan meninda k lanjuti," terangnya.

Diberlakukannya pengunduran jam masuk kerja tersebut, untuk mendukung produktivitas pegawai serta agar tidak menghambat kekhusukan ibadah puasa. "Sekali lagi Saya berharap dengan diberlakukannya ketentuan tersebut, para pegawai di Lingkungan Pemkab Lampura tidak ada yang terlambat, pulang lebih cepat, apalagi membolos dengan alasan menjalankan ibadah puasa," tegasnya.

Dia menambahkan, seharusnya para PNS dapat menjadikan pelayanan pada masa Ramadan sebagai sebuah bentuk ibadah dalam melayani masyarakat. "Sekali lagi saya meminta kepada seluruh PNS di Lampura, untuk menjalankan aktifitas sepert biasanya dibulan Ramadhan dengan tetap mematuhi aturan jam kerja yang telah ditentukan," kata dia. .

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar