Cari di Blog Ini

Rabu, 03 Juli 2013

Hari Pertama Pembagian BLSM Di Kantor Pos Cabang Kotabumi Tanpa KPS

Kotabumi Lampung Utara: Pembagian dana BLSM kepada warga yang berhak di Kantor Pos Cabang Kotabumi, Lampung Utara, pada hari pertama diperbolehkan tanpa menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jeda waktu yang terbatas membuat pihak Kantor Pos Cabang Kotabumi belum sempat membagikan KPS tersebut kepada para warga yang namanya terdaftar sebagai penerima BLSM.
KPS (Kartu Perlindungan Sosial). Kotabumi Lampung Utara
Penerima BLSM belum Miliki KPS

Kantor Pos Cabang Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) mulai membagikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada masyarakat, Senin (1/7/2013). Namun, berdasarkan pantauan di lapangan, para penerima BLSM yang datang untuk mengambil dana itu kebanyakan belum memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Padahal, KPS ini sendiri merupakan syarat utama dalam pencairan BLSM itu.

Humas Kantor Pos setempat, Amrulloh AS, saat ditemui disela-sela pembagian BLSM di kantornya, Senin (1/7/2013), membenarkan bila pembagian BLSM yang dilakukan pihaknya pada hari pertama ini tidak menggunakan Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Hal ini dikarenakan pihaknya terkendala waktu dalam pembagian KPS tersebut kepada seluruh masyarakat penerima BLSM. Oleh karenanya, untuk mengatasi hal itu, pihaknya telah menyerahkan data-data warga penerima BLSM kepada pihak terkait seperti Kelurahan, agar dapat memberitahukan kepada warga-warganya yang menerima BLSM untuk mencairkan dana itu di Kantor Pos sesuai jadwal yang telah ditentukan. "Waktunya sudah mepet. Jadi, pembagian KPS itu kita lakukan berbarengan dengan pencairan BLSM ini. Mereka (warga) hanya bawa KTP dan KK untuk pencairan kali ini," tuturnya.

Pencairan BLS kali ini adalah pencairan tahap pertama yakni bulan Juli dan Agustus 2013. Sedangkan mengenai berapa banyak warga yang menerima BLSM pada hari pertama tersebut, ia menyebutkan bahwa jumlahnya mencapai 854 warga. Dimana, ratusan warga tersebut berasal dari dua kelurahan di Kecamatan Kotabumi yakni Kelurahan Kotabumi Udik dan Kelurahan Kotabumi Pasar. "Rencananya pada hari ini (Senin, 1/7/2013), kita akan menyerahkan BLSM kepada 854 warga dari dua kelurahan yakni Kelurahan Kotabumi Udik dan Kelurahan Kotabumi Pasar," katanya.

Sementara, Nero Wijaya, warga Kelurahan Kotabumi Pasar mengaku kecewa dengan cara pembagian BLSM tersebut lantaran dirinya tidak termasuk dalam daftar penerima BLSM dari Kelurahannya. Padahal, masih katanya, ia sengaja mendatangi Kantor Pos sejak pagi hari lantaran menurut keterangan ketua RT di kediamannya, dirinya masuk sebagai penerima BLSM dilingkungannya. "Tadi nama saya dipanggil oleh petugas Kantor Pos, tapi ternyata saya tidak mendapat BLSM itu meski saya ini tergolong orang tidak mampu. Saya ini enggak punya kerjaan, anak saya empat. Yang sekolah ada dua orang. Tapi, kenapa saya tidak dapat (BLSM)," kata bapak empat anak ini dengan lirih.

Sebelumnya, jumlah RTS penerima dana BLSM di wilayah Lampung Utara mencapai 56.130 jiwa. Dimana, setiap RTS ini akan memperoleh BLSM sebesar Rp150 ribu setiap bulannya. BLSM ini sendiri diperuntukan untuk empat bulan kedepan yakni Juli, September, Oktober, November.

www.mytrans.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar