Cari di Blog Ini

Selasa, 09 Juli 2013

Dalam 1 Hari Polres Lampura Tangkap 5 Pelaku Kejahatan Begal

Kotabumi Lampung Utara: Tim dari Kepolisian Resor Lampung Utara yang bekerjasama dengan para petugas dari Polsek setempat telah berhasil meringkus 7 orang tersangka pelaku pencurian sepeda motor, 5 diantaranya diduga melakukan aksi kejahatan pembegalan sepeda motor. Aksi penangkapan tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 6 Juli 2013. Selain menangkap para pelaku, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.
Kejahatan. Kotabumi Lampung Utara
Lima Begal Dibekuk

Tim gabungan polres dan sejumlah polsek wilayah Lampung Utara dalam sehari menangkap tujuh tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di sejumlah lokasi, Sabtu (6/7/2013). Dari jumlah itu, lima di antaranya merupakan tersangka begal. Tersangka begal yang ditangkap di antaranya Ican Ananda (21 tahun), warga Desa Cahayamakmur, Sungkaijaya, Lampung Utara, yang ditangkap petugas di rumahnya, Sabtu (6/7/2013). Ia ditangkap terlibat kasus pembegalan terhadap Mimin (55 tahun), warga Desa Sidodadi, Sungkai Selatan, pada 2 Mei 2013 lalu.

Saat itu tersangka melakukan aksinya bersama seorang rekannya, yaitu Rika (20 tahun), yang berhasil terlebih dulu ditangkap usai melakukan aksi pembegalan dan berhasil membawa kabur Honda Supra X 125 BE-7937-RG. Tersangka lainnya, Nopriyandi (24 tahun), warga Desa Sungkaijaya, Sungkaijaya, ditangkap petugas karena diduga melakukan aksi pembegalan terhadap Gantri (27 tahun), yang masih tetangganya sendiri pada 27 Juni 2013. Dari tersangka, petugas menyita Honda Supra Fit BE-4917-GG milik korban yang belum sempat dijualnya dan berikut senjata tajam yang diduga dipergunakan untuk melakukan aksinya. Kini rekan tersangka yang sudah diketahui identitasnya masih diburu.

Tiga tersangka begal lainnya adalah Rustam (21 tahun), Melan (21 tahun), dan Ilun Saudin (18 tahun), warga Bandaragung, Abung Timur. Mereka ditangkap di rumah masing-masing, Sabtu (6/7/2013). Dari tangan tersangka, petugas menyita Honda Supra Fit milik Jumino (23 tahun), warga Kampungbaru, Padangratu, Lampung Tengah, yang menjadi aksi pembegalan oleh para tersangka saat melintasi jalan raya Abung Timur, Lampung Utara, 19 Agustus 2012 lalu.

Polisi juga membekuk dua tersangka pelaku pencurian sepeda motor di rumah warga di Desa Tajungiman, Blambanganpagar, Lampung Utara, Sabtu (6/7/2013), sekitar pukul 11.00. Kedua tersangka, Heriyono (20 tahun) dan Rubiyanto (20 tahun), warga Kecamatan Negeribasar, Way Kanan, tertangkap tangan petugas ketika membawa kabur sepeda motor hasil curian milik korban saat melintasi jalan raya Kecamatan Bungamayang, Lampung Utara, Sabtu (6/7/2013), sekitar pukul 11.00. Keduanya diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor di rumah Herman (46), warga Desa Tajungiman, Blambanganpagar, Lampung Utara, Sabtu (6-7), sekitar pukul 01.00. Kedua tersangka masuk rumah korban dengan mencongkel pintu garasi samping rumahnya. Setelah itu mengambil sepeda motor Honda Revo BE-8507-JW yang tengah diparkir dalam garasi rumah tersebut.

Kapolres Lampung Utara AKBP Helmy Santika, didampingi Kasat Reskrim AKP Bunyamin, Minggu (7/7/2013), mengatakan para pelaku curanmor yang diringkus kerap beraksi di wilayah Lampung Utara. "Saya tidak segan-segan memerintahkan anggotanya untuk bertindak tegas terhadap para pelaku tindak kejahatan. Tindakan tegas dilakukan sesuai prosedur dan terarah serta terukur terhadap para pelaku tindak kejahatan yang ada di Lampung Utara," kata dia.

Sementara itu, dalam rangka Operasi Sikat Krakatau 2013 yang dilaksanakan mulai 25 Juni 2013 - 9 Juli 2013, pihaknya telah meringkus sebanyak 15 tersangka curanmor. "Dalam penanganan kasus tindak kejahatan, kami terus memburu para pelaku, baik yang ada di wilayah Lampung Utara maupun kabur di luar daerah," ujarnya. .

lampost.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar