Sabtu, 29 Juni 2013



: Posted on Sabtu, 29 Juni 2013 - 02.45 with No comments

Kotabumi Lampung Utara: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi, Lampung Utara, pada Kamis, 27 Juni 2013 lalu telah menggelar prosesi wisuda atau pengukuhan untuk 250 Sarjana Strata 1 (S1) Program Studi Agama Islam. Prosesi wisuda 250 sarjana tersebut dilaksanakan di Stadiun Sukung Kelapa Tujuh, Kotabumi, Lampung Utara dan dihadiri oleh Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah VII Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Akmal Hawi W.K. dan Sekretaris A. Rifa'i Abun. STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Mewisuda 250 Sarjana.
Alumni STAI Ibnu Rusyd Tingkatkan Pemahaman Agama

Pendiri Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Rusyd, Ahmad Rusdi, meminta alumni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi agar meningkatkan pemahaman ajaran agama Islam. Dengan demikian, mereka akan mampu mengejar ketertinggalan di segala bidang kehidupan, baik ekonomi, politik, sosial, maupun ilmu pengetahuan dan mampu bangkit dari ketidakberdayaan yang saat ini dialami. "Umat Islam harus memahami ajaran Islam secara utuh. Dengan demikian, kita mampu mengejar berbagai ketertinggalan yang saat ini dialami serta bangkit dari ketidakberdayaan, khususnya di bidang ekonomi," kata dia, saat mewisuda 250 sarjana strata satu (S-1) Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Ibnu Rusyd Kotabumi di Stadiun Sukung Kelapa Tujuh, Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (27/6/2013).

Prosesi wisuda berlangsung khidmat itu dihadiri Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah VII Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Akmal Hawi W.K. dan Sekretaris A. Rifa'i Abun. Selanjutnya, Ahmad Rusdi menjelaskan dampak dangkalnya pemahaman ajaran Islam yang dialami umat dapat meruntuhkan ukhuwah islamiah (ikatan persaudaraan umat muslim) sekaligus semangat ta'awu (tolong-menolong) di antara mereka. Selain itu, umat tidak akan memahami mana yang hak dan mana yang batil serta akan berbuat sekehendak hatinya. "Tanpa iman dan akidah karena dangkalnya pemahaman ajaran Islam, selain timbul perpecahan, umat akan berbuat sekehendak hati, ini yang mesti dicegah," ujarnya.

Sementara Ketua Yayasan Ibnu Rusyd Kotabumi Azhar Ujang Salim menjelaskan wisuda yang digelar bukan hanya merupakan acara seremonial sebagai wujud dari simbol keberhasilan mahasiswa dalam menempuh ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Namun, di dalamnya ada rasa syukur karena wisuda ini menjadi babak baru bagi para alumni untuk melangkah dan menggapai tujuan yang ingin dicapai. "Tantangan yang akan dihadapi para alumni ke depan akan lebih kompleks dan wisuda ini adalah awal perjalanan panjang dari langkah yang mesti ditempuh," kata Ujang.

Menurutnya, gelar sarjana adalah simbol masyarakat ilmiah. Setelah meninggalkan dunia akademik, alumni akan memasuki dunia masyarakat yang lebih luas sekaligus menghadapi tantangan zaman yang lebih berat. Dalam menghadapi tantangan tersebut, alumni jangan hanya mengandalkan ijazah, tapi mesti lebih meningkatkan kompetensi diri melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. "Penguasaan dunia informasi dan ilmu pengetahuan merupakan kiat sukses alumni saat memasuki dunia kerja," kata Ujang kembali.

Dia berharap para alumni terus berjuang dengan keras dan menyikapi kehidupan secara cerdas. Dengan itulah, cita-cita yang diinginkan dapat digapai. "Jangan pernah cepat berpuas diri, teruslah belajar dengan itu agar cita-cita dapat diraih," ujarnya.

Untuk menyikapi harapan masyarakat, alumni harus menunjukkan karya baktinya sesuai tuntutan dan kebutuhan yang selalu berkembang dan itu sejalan dengan prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengembangan keilmuan yang selalu dijunjung. "Tunjukkanlah karya bakti nyata di masyarakat, dengan demikian alumni telah mengangkat nama perguruan tinggi dan bernilai bagi masyarakat," kata dia menambahkan.

lampost.co


Bagikan :


Artikel terkait :
thumbnail STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Mewisuda 250 Sarjana Prokimal Kotabumi 2013-06-29T02:45:00+07:00 4.9 100 Reviews

Poskan Komentar


Copyright © 2013. Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Kotabumi Lampung Utara
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA