Cari di Blog Ini

Selasa, 25 Juni 2013

Narapidana Kasus Pencurian Kabur Dari Lapas Kotabumi

Kotabumi Lampung Utara: Napi Kasus Pencurian Kabur Dari Lapas Kotabumi. Narapidana tersebut bernama Sodri alias Moncos (26 tahun). Dia diinformasikan telah melarikan dari dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi, Lampung Utara. Sampai saat ini petugas lapas yang dibantu oleh petugas Polres Lampura terus memburu narapidana yang kabur tersebut.
Angkot. Kotabumi Lampung Utara
Usai Bersih-bersih Sodri Kabur dari Lapas Kotabumi

Seorang narapidana atas nama Sodri alias Moncos (26) warga Bandar Lampung kabur, Minggu (23/6/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Kepala Lembaga Pemasyarakatan, kelas II A Kotabumi, Lampung Utara, Supriyono BC,Ip, membenarkan hal tersebut, Senin (24/6/2013) saat jumpa pers di kantornya. Menurutnya, narapidana dengan kasus pencurian itu melarikan diri melalui pintu belakang. Saat itu setiap hari Minggu para tahanan dan narapidana yang ada di Lapas mengikuti bersih-bersih ruang tahanan. Setelah berbenah kemudian para penghuni Lapas pun ke ruangnya masing-masing. Namun saat akan dilakukan pemeriksaan ulang oleh petugas jaga, Sodri tidak ada di dalam ruangan blok B5 dewasa.

Kemungkinan, terang pejabat yang baru memimpin tiga hari itu, Sodri kabur melalui pos 2, yang letaknya di belakang Lapas. "Ia diduga melarikan diri melewati tembok Lapas dengan menggunakan kayu. "Setelah kami periksa keadaan sekitar Lapas, Sodri diduga kabur dengan cara memanjat dinding, dengan melewati pintu belakang," ujarnya.

Di tempat tersebut ditemukan jejak kaki orang dan satu baju tahanan pendamping (tamping) yang merupakan milik narapidana dengan kasus pencurian sepeda motor. "Kaburnya Sodri diduga memanfaatkan situasi pergantian penjaga dan banyaknya buruh yang masih mengerjakan gedung Lapas karena terbakar pada akhir 2011 lalu," katanya.

Untuk penyebab kaburnya Sodri, ia belum dapat mengetahui alasannya. Saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap narapidana yang kabur tersebut. "Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Lampung Utara untuk mengejarnya," bebernya.

Supriyono menerangkan, Sodri (26) warga Sukadana, Telukbetung Bandar Lampung merupakan narapidana kasus pencurian motor. Dia telah mendapat vonis dari pengadilan Negeri Tanjung Karang selama 1 tahun 10 bulan. "Sodri merupakan tahanan limpahan dari Rutan Way Hui, Bandar Lampung. Dia menjalani masa tahanan di Lapas Kotabumi sudah sekitar 4 bulan, yakni bulan Maret 2013," jelas Kalapas seraya menjelaskan kamar yang ditempati Sodri berisi 2 orang di Blok B 5.

Kalapas anak kelas II A, mengatakan Sodri sudah kabur untuk kedua kalinya. Yang pertama terjadi di Rutan Way Hwi, Bandar Lampung, tak lama dari ia menjalani hukumannya. "Dia disini sudah kabur yang kedua kalinya," bebernya. Namun, pada peristiwa meloloskan diri yang pertama Sodri kembali ke Rutan Way Hwi. "Dia di Lapas Kotabumi sudah dimasukkan kedalam program asimilasi bagi tahanan. Dan untuk bulan Juni tahun 2014 ia sudah akan bebas," ujarnya.

Kapolres Lampung Utara, AKBP Helmy Santika menjelaskan pihak kepolisian setempat akan membantu Lapas untuk mengejar tahanan yang kabur. Saat ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Lapas terkait kaburnya Sodri. "Kita sudah kirim anggota sebanyak 5 sampai 6 orang. Saat ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Lapas terkait kaburnya Sodri. "Kami sudah terima informasi dari Lapas anak Kotabumi, dan segera akan kita tangkap," katanya.

www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar