Cari di Blog Ini

Sabtu, 29 Juni 2013

7 Negara ASEAN Yang Tak Sediakan BBM Bersubsidi Kepada Rakyatnya

Kotabumi Lampung Utara: Negara yang tak menyediakan BBM bersubsidi untuk rakyatnya di kawasan ASEAN ada sekitar 7 negara. Di negara-negara ini, harga BBM jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga BBM di Indonesia. Padahal, rata-rata negara-negara ini memiliki tingkat perekonomian yang jauh dibawah Indonesia. 7 negara mana saja di ASEAN yang tak menyediakan BBM bersubsidi untuk rakyatnya tersebut?
BBM (Bahan Bakar Minyak). Kotabumi Lampung Utara
Ini 7 Negara Tetangga Kita yang Berani Tak Beri Subsidi BBM

Sebagian besar negara-negara di ASEAN tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Setidaknya ada 7 Negara yang menjual BBM dengan harga keekonomian, siapa saja negara tersebut? Berdasarkan data Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 23 Mei 2013, negara-negara tersebut adalah:

1. Myanmar
Negara yang hanya memiliki luas wilayah seluas 680.000 km2 dan memiliki penduduk sekitar 50 juta jiwa ini menjual BBM kepada rakyatnya Rp 10.340 per liter. Harga BBM di Myanmar hampir sama dengan harga BBM non subsidi jenis Pertamax Ron 92 yang di jual PT Pertamina berkisar Rp 9.000- Rp 10.200 per liter. Pemerintah Myanmar memilih untuk tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya.

2. Thailand
Negeri berjuluk Gajah Putih ini memiliki perusahaan minyak berskala besar yakni PTT Eksploitasi dan Produksi (PTTEP). Namun negara tersebut tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Saat ini di Thailand harga BBM berkualitas paling rendah yakni Ron 91 dijual Rp 12.453 per liter.

3. Filipina
Negara kepulauan yang memiliki 7.107 pulau ini tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Harga BBM paling murah di Filipina adalah Ron 92 yang dijual dengan harga Rp 12.147 per liter.

4. Laos
Negara yng luasnya hampir dua kali Pulau Jawa ini cukup mahal menjual BBM kepada masyarakatnya dibandingkan dengan Indonesia. Di Indonesia, harga BBM jenis Premium dengan Ron 88 dijual Rp 6.500 per liter, sementara di Laos BBM Ron 87 di jual Rp 13.396 per liter dan sudah pasti tidak disubsidi.

5. Kamboja
Negara yang merdeka pada tahun 1953 ini menjual BBM paling murah ke masyarakatnya dengan Ron 92 Rp 13.298 per liter. Sudah pasti Pemerintah Kamboja tidak memberikan subsidi BBM.

6. Vietnam
Negara berjuluk negara 1.000 pagoda ini menjual BBM paling murah dengan Ron 92 Rp 14.553. Sudah pasti negara yang menganut faham komunis ini tidak memberikan subsidi kepada rakyatnya.

7. Singapura
Negara yang menjadi salah satu pusat perdagangan minyak di dunia ini juga tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Bahkan harga BBM di Singapura paling mahal jika dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN yakni Rp 15.695 per liter.

finance.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar