Cari di Blog Ini

Kamis, 16 Mei 2013

Waduh.., Jumlah Warga Miskin Di Lampura Bertambah

Kotabumi Lampung Utara: Jumlah RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) di Kabupaten Lampung Utara mengalami peningkatan. Sebelumnya jumlah warga miskin di kabupaten ini adalah 15.994 KK, dan setelah dilakukan pendataan ulang, jumlah warga miskin di Lampura bertambah menjadi 16.213 KK. Menanggapi data tersebut, Operator PKH Lampura mengatakan bahwa pada pendataan sebelumnya beberapa warga tidak berada di tempat. Ketika dilakukan pendataan ulang para warga tersebut sudah pulang kembali ke daerah ini lagi.
Kotabumi Lampung Utara
Warga Miskin Lampura Bertambah 219 KK

Jumlah rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang ditetapkan sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Lampung Utara meningkat. Jika sebelumnya 15.994, naik menjadi 16.213 atau bertambah 219 RTSM. Menurut Operator PKH Lampura Ansyori Ahmad, peningkatan itu disebabkan pendataan ulang. Pada saat kali pertama, banyak RTSM yang tidak ada di tempat. "Nah, ketika pendataan ulang, mereka ada. Sehingga datanya bertambah," terang Ansyori.

Secara keseluruhan, peserta PKH di Lampung Utara menurun dari 20.070 kepala keluarga (KK) yang diusulkan pada November 2012. Sebab, kuota dari Kementerian Sosial (Kemensos) 18.029 KK, beberapa di antaranya terpaksa dicoret. Lalu, mereka yang masuk data awal diberi undangan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Langkah selanjutnya, tambah Ansyori, pihak pendamping memverifikasi data calon penerima. Setelah itu, data KK di-entry oleh operator PKH untuk dikirimkan ke pusat. "Besarnya penerima PKH bervariasi antara Rp600 ribu hingga Rp2,2 juta. Bergantung jumlah keluarga, biaya pendidikan anak hingga balita," jelas Ansyori.

Untuk ibu hamil atau balita, selain mendapat bantuan Rp800 ribu, juga dana tetap selama satu tahun sebesar Rp200 ribu. Kemudian siswa SD Rp400 ribu dan SMP Rp800 ribu. Pada tahap awal 2013, Lampura mendapatkan kucuran dana Rp4,75 miliar. Namun demikian, ia mengaku, hingga kini belum mendapat kabar dari pemerintah pusat kapan dana akan dicairkan. "Kami berharap secepatnya, agar RTSM penerima PKH dapat merasakan manfaatnya," ujar Ansyori.

www.radarlampung.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar