Cari di Blog Ini

Rabu, 13 Maret 2013

Serba-serbi Salju

Pada banyak daerah di negara-negara yang memiliki musim dingin, hampir bisa dipastikan akan dijumpai adanya salju. Oleh karena itu musim dingin di kawasan-kawasan seperti itu sering juga disebut sebagai musim salju. Saat musim salju telah datang, suhu udara menjadi sangat dingin. Karena suhu udara seperti itu yang menjadi syarat untuk membentuk salju.
Salju. Kotabumi Lampung Utara
Pada saat udara dalam keadaan cerah, hamparan salju menjadi sangat menyenangkan bagi banyak orang. Bagi para penggemar olah-raga musim dingin seperti ski salju dan sepatu luncur es kondisi cuaca seperti ini menjadi sangat menyenangkan. Dan tentu saja even-even kejuaraan olah-raga musim dingin hanya bisa diselenggarakan pada musim salju dengan cuaca cerah seperti itu.

Lalu dari mana datangnya salju? Mengapa salju berwarna putih?

Proses terjadinya hujan salju hampir sama dengan proses terjadinya hujan air. Karena pengaruh suhu, air yang turun berubah bentuk menjadi kristal-kristal es berukuran kecil. Tapi jika suhu udara dibawah awan salju lebih tinggi dari titik beku (0ºC) maka salju akan mencair dan turun sebagai hujan air.

Salju berasal dari uap air di awan. Kemudian uap air itu berubah menjadi kristal-kristal es. Sejumlah kristal es bergabung dan membentuk keping salju. Tapi kristal es bisa juga langsung terbentuk dari uap air awan. Dengan syarat, awan harus dalam kondisi suhu yang sangat dingin. Tapi pada umumnya awan tidak cukup dingin untuk membentuk kristal es. Oleh karena itu adanya partikel kecil yang disebut nucleus / inti sublimasi yang sangat membantu proses pembentukan kristal es. Di sekitar partikel akan terbentuk kristal es dengan suhu dibawah 0ºC. Sebagian partikel mempercepat pembentukan kristal es. Tiap kristal es mempunyai bentuk yang berbeda-beda tapi selalu terdiri dari enam sisi.

Selain berwarna putih, sifat salju lainnya adalah sebagai zat penghambat panas (isolator) yang baik. Karena memiliki sifat seperti itu maka salju akan menahan panas permukaan bumi dan bisa melindungi tumbuh-tumbuhan dari angin yang sangat dingin. Tapi di sisi lain, salju bisa mendatangkan bencana. Misalnya terjadinya banjir ketika salju telah mencair.

Di Indonesia, kawasan yang memiliki salju misalnya di puncak Gunung Jayawijaya, sebab ketinggian puncak gunung tersebut berada pada garis salju. Garis salju merupakan ketinggian dimana suatu tempat akan selalu mendapat hujan salju dan tidak mencair sepanjang tahun. Di daerah kutub, garis salju terdapat di semua permukaan laut. Sedangkan di daerah tropis, garis salju hanya terdapat pada ketinggian 5.300 meter dari permukaan laut seperti di puncak Gunung Jajawijaya.

Mengapa salju berwarna putih?

Sebenarnya kristal-kristal es pembentuk keping salju tidak selalu berwarna putih. Cahaya yang menembus kristal es dibelokkan arahnya dan dipantulkan kembali ke luar lapisan es. Cahaya yang dari keping salju tersebut terdiri dari berbagai frekuensi cahaya. Semua tergabung menjadi satu spektrum warna. Spektrum tersebut yang kemudian mampu ditangkap oleh penglihatan kita dan salju pun menjadi tampak berwarna putih.

Salju buatan

Saat ini untuk bisa menikmati salju, orang tidak perlu menunggu musim salju tiba. Bahkan tidak perlu mendatangi negara-negara yang memiliki musim salju. Kemajuan teknologi telah memungkinkan hal ini. Orang sudah bisa membuat salju dengan menggunakan peralatan tertentu. Banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat salju. Tapi persyaratan yang paling penting adalah adanya air dan suhu dingin. Air yang dibutuhkan cukup banyak. Sebagai gambaran, untuk menyelimuti area seluas 61 meter x 61 meter dengan salju setebal 6 inchi, dibutuhkan air sejumlah 285.000 liter.

Mesin pembuat salju dikenal dengan sebutan Snow Gun. Mesin ini memiliki pendingin khusus untuk mempercepat proses pembekuan. Saat ini, Snow Gun merupakan perlengkapan penting dalam usaha Ski Resort. Salju yang disediakan oleh Ski Resort bisa terus bertahan hingga lebih dari empat bulan dalam setahunnya tanpa harus tergantung pada panjangnya waktu musim salju yang sebenarnya. Tentu saja usaha ini yang paling banyak memanfaatkan salju buatan. Selain Ski Resort, mesin pembuat salju juga digunakan dalam industry film, agrikultur, dan percobaan pesawat terbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar