Cari di Blog Ini

Senin, 18 Maret 2013

Makna Pada Motif Kain Batik

Ada beberapa motif pada kain batik yang cukup banyak dikenal orang. Bagi penggemar batik atau orang-orang yang terbiasa bergelut dengan perbatikan, tentunya sudah memahami apa arti makna pada setiap motif lukisan pada kain batik. Tentu menjadi lain halnya bagi masyarakat awam. Pada artikel ini dijabarkan secara sekilas apa arti makna dari beberapa motif kain batik.
Batik. Kotabumi Lampung Utara
1. Motif Batik Kawung.
Kain ini dipakai oleh Raja dan keluarga dekatnya sebagai lambang keadilan dan keperkasaan . Empat bulatan dengan sebuah titik pusat melambangkan Raja didampingi pembantunya.

2. Motif Batik Sido Mukti.
Dipakai oleh pengantin dalam upacara pernikahan. Sido berarti terus-menerus, Mukti berarti kecukupan dan penuh kebahagiaan. Diharapkan pengantin yang memakai batik ini kelak akan bahagia dan sejahtera

3. Motif Batik Truntum.
Kain ini dipakai oleh orang tua pengantin dalam upacara pernikahan. Truntum berarti menuntun. Diharapkan si pemakai / orang tua mempelai mampu memberikan petunjuk dan contoh kepada putra putrinya untuk memasuki kehidupan baru berumah tangga yang penuh lika-liku.

4. Motif Batik Parang.
Parang berarti senjata,menggambarkan kekuasaan, kekuatan dan kecepatan gerak.

5. Motif Batik Ciptoning.
Diharapkan pemakainya menjadi orang bijak, mampu memberikan petunjuk tentang keluhuran budi dan jalan yang benar untuk mengharapkan Yang Maha Kuasa

6. Motif Batik Sido Mulyo Semen.
Sido berarti terus menerus , sedangkan Mulyo berarti kecukupan dan kemakmuran. Diharapkan yang memakai batik ini diberikan kecukupan dan kemakmuran

7. Motif Batik Sawat.
Motif berbentuk sayap, hanya dikenakan oleh raja dan putra raja yang mendakan suatu kebesaran atau kekuasaan.

8. Motif Batik Slobong.
Bermakna lancar dan longgar. Motif ini digunakan untuk melayat dan bermakna harapan agar arwah orang yang meninggal dunia dapat dengan lancar menghadap kepada Tuhan dan diterima di sisi-Nya.

Untuk pembaca yang menjadi penggemar kain dan busana batik, Anda bisa berbelanja online kain atau busana batik yang menjadi favorit Anda di Batik Distro, toko online pusat penjualan batik terbesar dan terlengkap di Indonesia. Di toko online tersebut menyediakan berbagai jenis dan motif kain batik serta berbagai jenis busana batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar