Cari di Blog Ini

Minggu, 17 Februari 2013

Pemkab Lampura Alokasikan Rp 600 Juta Untuk Penerbitan 893 Sertifikat Tanah Secara Gratis

Pemkab Lampura Alokasikan Rp 600 Juta Untuk Penerbitan 893 Sertifikat Tanah Secara Gratis. 15 Kelurahan dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan mendapatkan bantuan berupa penerbitan sertifikat tanah gratis bagi warga yang tidak mampu mendanai sendiri biaya penerbitan sertifikat tanahnya. Untuk keperluan bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah mengalokasikan dana sebesar Rp 600 juta guna penerbitan 893 sertifikat tanah. Hingga saat ini jumlah usulan sertifikasi tanah yang sudah masuk mencapai 1.700 bidang tanah.
Rp600 Juta untuk 893 Sertifikat Tanah

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengucurkan anggaran Rp600 juta untuk penerbitan 893 sertifikat tanah melalui program proyek daerah (proda) di 15 kelurahan. Penerbitan sertifikat itu merupakan tindak lanjut pendataan dari kelurahan pada 2012. Untuk sisa tanah yang belum disertifikatkan tahun ini akan dimasukkan dalam data 2014 dan menjadi prioritas penerbitan sertifikat tahun berikutnya.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Lampura I Wayan Gunawan mengatakan, kini usulan sertifikat itu sudah mencapai 1.700 bidang. Karena itu, akan dilakukan pengecekan terhadap status tanah tersebut. Kini BPN tengah melakukan pengukuran lokasi tanah yang masuk dalam program itu. "Jika ternyata tanah itu berstatus sengketa, akan dibatalkan penerbitan sertifikatnya dan sebagai penggantinya akan diambil nomor urut selanjutnya," kata Wayan.

Wayan menuturkan, bantuan proda itu merupakan kebijakan Pemkab Lampura untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam melegalitas tanah milik mereka. "Biaya yang ditanggung pemkab, mulai dari pengukuran, pendaftaran, dan penerbitannya," ungkapnya.

Ia berharap program penerbitan sertifikat tanah secara gratis ini mampu meringankan beban masyarakat kurang mampu di 15 kelurahan itu.

www.radarlampung.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar