Cari di Blog Ini

Kamis, 29 November 2012

Tenaga Honorer Pemkab Lampung Utara Keluhkan 3 Bulan Gaji Belum Dibayar

Pemkab Lampung Utara
3 Bulan Gaji Honorer di Lampura belum Dibayar

Sejumlah tenaga Honorer di Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengeluhkan belum dibayarnya gaji mereka selama tiga bulan (medio September - November).

Salah seorang honorer yang enggan namanya dipublikasikan ketika dikonfirmasi di Pemkab setempat, Selasa (27/11), membenarkan bahwa telah tiga bulan lamanya gajinya dan rekan kerjanya belum dibayarkan oleh pemkab setempat. "Ya, benar sudah tiga bulan gaji kami belum dibayar. Tiga bulan itu sejak September hinggaNovember," beber dia.

Ia mengatakan sudah beberapa kali mencoba menemui bendahara di pemkab setempat, namun tidak ada jawaban. Menurut perempuan berjilbab ini, uang tersebut sangat berguna bagi dirinya. Terlebih saat ini, terangnya penggunaan uang tersebut antara lain untuk membeli baju honorer. "Jika terlambat, tentu operasional sehari-hari jadi terkendala," katanya.

lampung.tribunnews.com

Begal Di Lampung Utara Kembali Beraksi

Aksi begal di Kotabumi Lampung Utara
Zairil Karim Pasrah Serahkan Dua Motor ke Begal

Satu keluarga warga LK V, Bukit Kemuning, Lampung Utara yang hendak menjenguk keluarga di RSU Ryacudu dibegal delapan orang tidak dikenal, Rabu (28/11/2012) pukul 18.15 WIB. Dua korban mengalami luka bacok di lengan kiri dan pinggang, sedangkan yang lainnya selamat. Peristiwa itu terjadi di jalan lintas Sumatera, Desa Mulang Maya, Kotabumi Selatan tepatnya di kebun bambu sekitar 10 meter dari simpang Kecamatan Kotabumi Selatan.

Menurut salah satu korban, Ujang Samsudin, saat itu dirinya bersama dengan Zairil Karim (32), Ani Maryani (15), dan Winda (13) mengendarai dua motor secara berboncengan hendak ke RSU Ryacudu. Setibanya di dekat simpang kecamatan, motor keduanya diikuti delapan orang dengan berboncengan. "Motor saya posisinya berada di depan, sedangkan motor yang dikendarai Zairil Karim di belakang saya," jelasnya, Rabu (28/11/2012).

Tanpa berbicara salah satu pelaku langsung mengeluarkan golok. Karena ketakutan, dia menyerahkan tunggangan besinya dirampas orang tersebut. "Saya suruh ambil saja motor dengan pasrah," bebernya.

lampung.tribunnews.com

Menyingkirkan Debu Dari Rumah Kita

Membersihkan Debu Dalam Rumah
Tak peduli seberapa sering orang membersihkan, debu selalu balik lagi, dan membuat orang jadi bingung bagaimana caranya terbebas dari pengganggu itu. Kini, para peneliti telah menciptakan model baru komputer untuk menjelaskannya! Mereka mendatapi kebanyakan debu berasal dari luar rumah dan datang melalui udara, bukan menempel di sepatu manusia, setidaknya demikian lah yang terjadi di sekelompok rumah di Midwester Amerika Serikat.

Bukan hanya menjawab keingintahuan warga, model komputer tersebut dapat membantu masyarakat memperkirakan cara terbaik untuk membersihkan tempat sampah yang tercemar, yang mengeluarkan partikel yang dapat berakhir pada debu, demikian laporan penulis LiveScience Rachael Rettner di laman livescience.com.

Debu di dalam rumah adalah campuran benda yang menjijikkan, termasuk sel kulit mati, minyak, partikel udara kecil dan bahkan bahan beracun, seperti timah dan arsenik, yang mungkin berasal dari tempat sampah yang tercemar.

Guna memperkirakan bagaimana penyebab pencemaran semacam itu menumpang partikel debu ke dalam rumah, para peneliti di University of Arizona mengubah kehidupan setiap hari penimbunan debu menjadi serangkai persamaan matematika untuk membuat satu model komputer.

Meskipun para peneliti lain mempelajari dasar debu, banyak studi semacam itu semata-mata dipusatkan pada partikel kecil udara yang dapat menyusup jauh ke dalam paru-paru manusia. Tim Arizona itu juga meneliti partikel yang lebih besar, yang masih dapat memperoleh udara, tapi lebih mungkin untuk menempel ke tangan dan dapat ditelan oleh anak-anak. Model tersebut meliputi banyak faktor yang memantau berapa banyak debu berada di rumah orang. Misalnya, jumlah tanah yang menempel di dalam tergantung atas berapa jumlah orang tinggal di satu rumah, dan berapa kali mereka berada di luar rumah.

Selain itu, berjalan di dalam rumah dapat menyingkirkan debu dari lantai dan karpet dan menyebarkannya ke daerah baru di dalam rumah. Dan kegiatan membersihkan, seperti dengan menggunakan vakum pembersih dan penyedot debu, dapat menghilangkannya.

Berikutnya, mereka menguji dan mengabsahkan data yang digunakan model mereka dan dikumpulkan oleh U.S. Environmental Protection Agency dari rumah-rumah di Medwest. Model tersebut mungkin bermanfaat buat masyarakat yang menangani pembersihan tempat sampah yang menyimpan bahaya. "Sangat sulit untuk memperkirakan seberapa sering anda perlu membersihkan tanah untuk melindungi orang di dalam rumah anda. Jadi model ini akan membantu mengidentifikasi apa tingkat yang cocok untuk membersih tanah," kata peneliti studi tersebut, Paloma Beamer, dan asisten profesor di College of Public Health, University of Arizona.

Selain itu, jika model tersebut mendapati, sebagaimana yang terjadi buat warga di Midwest, bahwa sebagian besar bahan pencemar datang melalui udara, itu akan menunjukkan bahwa awak kebersihan mungkin lebih baik memikirkan cara mencegah tanah menjadi udara, dan bukan berusaha membersihkan tanah dari tempat tersebut --yang tampaknya akan memicu kedatangan lebih banyak debu, kata Beamer.

Minggu, 25 November 2012

Realisasi PAD Disporabudpar Lampung Utara Baru Mencapai Rp 7 Juta

Stadion Sukung Kotabumi Lampung Utara
PAD Disporabudpar Lampura Rp 7 Juta

Hingga pertengahan November Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Lampung Utara (Lampura) sudah terealisasi 70 persen atau Rp 7 juta dari target 2012 sebesar Rp 10 Juta. Jumlah ini cukup tinggi mengingat sumber PAD sebagian besar berasal dari sektor pariwisata.

Sementara pariwisata di Lampura hanya terdapat beberapa obyek wisata yang belum dikelola secara maksimal, "Kami tetap optimistis dan yakin sampai 25 Desember 2012 mendatang target itu akan terpenuhi," ujar Sektetaris Disporabudpar Lampura Evril Irawan, Kamis (22/11).

Menurut mantan Camat Abungtinggi ini, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan target PAD pada tahun mendatang. "Salah satu caranya melakukan pembinaan terhadap petugas lapangan serta pembenahan atau penataan tempat atau obyek wisata yang ada diLampura," terangnya seraya menjelaskan obyek wisata itu yakni Taman Wisata Way Rarem, Way Tebabeng dan Bendungan Tirtayasa.

Diakui, minimnya sumber PAD Disporabudpar disebabkan terbatasnya obyek yang dikelola pihaknya. "Untuk saat ini kita hanya mengelola Taman Olah Seni (TOS) Kotabumi dan Gedung Olah Raga (GOR) Stadion Sukung Kotabumi Lampura. Kalau dari Perhotelan kita hanya memberikan rekomendasi kepada Kantor Penanaman Modal dan Perizinan (KPMP) untuk penerbitan izinnya," ungkap dia.

lampung.tribunnews.com

Warga Minta Dinkes Lampung Utara Adakan Penyuluhan DBD

Demam Berdarah Kotabumi Lampung Utara
Warga Lampung Utara Minta Penyuluhan DBD

Memasuki musim penghujan, masyarakat Lampung Utara (Lampura), meminta Dinas Kesehatan setempat untuk mencegah merebaknya demam berdarah dengue (DBD).

"Tidak semua masyarakat paham cara yang benar menangani penyakit DBD, kami berharap agar dinas kesehatan melakukan penyuluhan kepada masyarakat," ujar Maryani, warga jalan Kapten Mustofa, Tanjung Harapan, Kotabumi Selatan, Minggu (25/11/2012).

Menurutnya, selama ini kesan penyakit DBD dianggap remeh, akibatnya penyuluhan pencegahan tidak pernah ada, hingga korban DBD dan jumlah kematian bagi penderita DBD pun meningkat.

"Fogging bersifat sementara, tidak bisa permanen. Jadi penyuluhan dan penebaran bubuk abate oleh pihak dinas dengan cara mendatangi masyarakat pun harus dilakukan," jelasnya.

lampung.tribunnews.com

Sabtu, 24 November 2012

Bahan Kimia Berbahaya Di Sekitar Kita

B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)
Saat ini ditemukan lebih dari 5 juta struktur bahan kimia dan setiap saat akan terus bertambah. Enam ribu diantaranya digunakan sebagai bahan penunjang kehidupan umat manusia mulai dari 9 bahan pokok, kosmetik, obat-obatan, parfum sampai kepada bahan pembersih pakaian seperti byclean, sunclean dan clean lainnya yang digunakan sebagai bahan pemutih pada pencucian pakaian.

Departemen perindustrian dan perdagangan memasukkan 554 jenis bahan kimia yang digolongkan kedalam bahan beracun dan berbahaya (B3). Menurut definisinya Bahan B3 adalah bahan yang meskipun dalam jumlah relatif sedikit tetapi mempunyai potensi untuk merusak kesehatan manusia, kehidupan dan sumber daya yang ada.

Kehadiran bahan B3 ini digunakan sebagai bahan baku dan bahan penolong mempunyi sifat fisis dan kimia yang cukup membahayakan jika terlepas ke lingkungan atau kontak dengan tubuh manusia. Tingkat bahaya yang ditimbulkan tergantung dengan konsentrasi dan jenis bahan kimia tersebut, seperti dapat merusak kulit, menyulitkan pernafasan, mudah terbakar / meledak dan sebagainya.

Asam sulfat dan Coustik soda dapat menyebabkan iritasi (luka bakar) yang sangat kuat terhadap kulit, larutan kaporit yang digunakan dirumah tangga (byclean dan merek lainnya) merupakan pemutih pakaian pada konsentrasi rendah, dan jika digunakan pada konsentrasi tinggi akan dapat menghancurkan tekstil tersebut.

Gas chlorin merupakan racun yang sangat kuat terhadap saluran pernafasan yang digunakan dalam peroses perjernihan air sebagai zat anti bakteri. Begitu pula dengan zat lainnya seperti gas alam (methana) yang dipakai sebagai bahan baku proses pembuatan methanol bersifat mudah terbakar dan mudah meledak serta dapat menyeabkan aspiksian pada temperaur ambient.

Hidrazin disamping bersifat racun juga mudah terbakar yang digunakan sebagai bahan penyerap Oksigen bebas dalam air umpan boiler. Dalam melaksanakan pekerjaan dengan bahan kimia berbahaya, bahaya yang akan timbul tidaklah perlu terlalu ditakuti selama mengikuti prosedur baku yang ada dan menggunakan peralatan keselamatan yang sesuai.

Jumat, 23 November 2012

Kiat Menyusun Proposal

Proposal
Proposal sebenarnya media penghubung untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan antara satu pihak dengan pihak lain (sponsor). Meski membuat proposal tidak seperti menulis surat resmi biasa, ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan. Pertama, proposal sebaiknya dibuat oleh orang yang menguasai dan memahami masalah. Pasalnya, proposal bukan produk khayalan atau fiktif, melainkan produk nyata yang dibuat berdasarkan gagasan, data, dan prediksi yang rasional.

Kedua, proposal perlu didukung pesan yang optimis. Agar proposal diterima atau setidaknya dipertimbangkan, pilih kata-kata yang sedikit persuasif, tanpa mengurangi keresmian proposal tersebut. Selain itu, karena berisi gagasan maka proposal akan lebih bagus jika dilampiri berbagai dokumen pendukung.

Ketiga, meski bersifat resmi kemasan proposal perlu disusun secara istimewa agar pihak penerima proposal tertarik membacanya. Cantumkan nama lembaga dan orang yang bertanggung jawab atas diterbitkannya proposal tersebut untuk legitimasi.

Siap membuat proposal sekarang? Ini skemanya:

1. Judul Proposal
Memberitahukan isi dalam beberapa kata untuk menarik perhatian pembaca proposal.

2. Isi Proposal
Tak perlu menuliskan banyak hal dalam rangkaian kata indah sehingga menghasilkan proposal yang tebal. Buat to the point dan batasi proposal menjadi beberapa hal dengan tampilan isi yang disesuaikan.

3. Pendahuluan
Bagian ini berisi latar belakang kegiatan dan alasan yang mendasari kegiatan berlangsung. Sertakan sedikit profil lembaga Anda. Buat maksimal dalam 3 paragraf.

4. Tujuan
Berisi tujuan mengapa kegiatan diadakan. Maksimal 1 paragraf.

5. General Information
Isinya informasi umum yang perlu diketahui pihak perusahaan terkait kegiatan yang diajukan. Terdiri dari tempat dan waktu kegiatan, sasaran kegiatan, dan target peserta kegiatan.

6. Acara
Berisi acara-acara yang akan ada dalam kegiatan. Misalnya, games, talkshow, doorprize, dan lain-lain.

7. Pengisi Acara
Menyebutkan siapa saja yang akan mengisi acara. Mulai dari MC, pemateri, narasumber, tokoh, artis, atau mugkin pejabat politik.

8. Anggaran
Tidak perlu ditampilkan secara detail. Cukup tampilkan hal-hal umum saja yang sudah diakumulasikan.

9. Kategori Sponsor
Tampilkan bagian ini dalam bentuk tabel yang mudah dibaca dan dipahami sehingga pihak perusahaan tidak banyak menghabiskan waktu untuk membolak-balikkan halaman.

10. Paket Sponsor
Ini adalah bagian yang menampilkan tawaran kerja sama yang bersifat lebih bebas dan biasanya untuk jumlah kecil. Anda bisa menawarkan paket ini ke beberapa perusahaan yang berbeda. Jelaskan paket yang didapat sponsor apa saja, sesuai dengan nilai yang dia berikan.

11. Co-partnership
Ini merupakan ajuan bentuk kerja sama yang bersifat lebih bebas dan sedikit terlepas dari seputar media dan publikasi. Bentuk kerjasama tambahan ditampilkan di bagian ini, seperti pengadaan konsumsi panitia, barter promo, pemberian produk perusahaan, kerjasama jasa perusahaan, pemberian bantuan sosial untuk acara bakti sosial, dan lain-lain. Di bagian ini juga disampaikan bahwa bentuk kerjasama lain dapat dibicarakan lebih lanjut.

12. Penutup
Tuliskan harapan dan keyakinan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat dan akan berhasil. Ucapkan terima kasih kepada pembaca proposal.

13. Contact Person
Cantumkan alamat, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi agar proposal bisa ditindaklanjuti. Usahakan nomor handphone lebih dari satu orang dengan provider berbeda.

kompas.com

Kamis, 22 November 2012

Lampung Utara Hanya Punya 8 Guru Bahasa Daerah

Kantor Pemda Lampung Utara
Hah... Lampung Utara Cuma Punya 8 Guru Bahasa Daerah

Kabupaten Lampung Utara saat ini masih kekurangan 404 guru PNS bahasa daerah. Di mana saat ini, baru 8 guru yang mengajar mata pelajaran bahasa daerah. "Idealnya ada 412 guru bahasa daerah untuk Kabupaten Lampura," jelas Kasubbag urusan kepegawaian, Dinas Pendidikan Lampura, Rabu (21/11/2012).

Dia menerangkan, untuk mata pelajaran muatan lokal, bahasa Lampung, diajarkan di tingkat SD dan SMP. Untuk Kabupaten Lampura, jumlah sekolah SD sebanyak 423 dan SMP sebanyak 100 memiliki. "Jumlah kekurangan sudah dilakukan berdasarkan pendataan guru dalam rangka pemerataan," ujarnya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Utara Ilham Alawi mengakui bahwa jumlah guru bahasa daerah di Lampura Utara masih kurang memadai. Meski demikian, dia menyatakan pengadaan formasi guru bahasa daerah di Kabupaten Lampura merupakan yang tertinggi di seluruh Lampung. "Pada penerimaan CPNSD lalu, kita menerima 4 (guru bahasa daerah). Tapi, kita sadari masih banyak kekurangan dari guru bahasa daerah. Untuk itu, kita telah ajukan usulan kekurangan ini kepada pemerintah pusat pada CPNSD yang akan datang," kata Ilham Alawi.

lampung.tribunnews.com

Rabu, 21 November 2012

Sejarah Mobil-mobilan

Mobil-mobilan
Mobil-mobilan ternyata baru muncul pada awal abad 20. Jika mobil orang dewasa awalnya mencontoh kereta kuda, maka mainan mobil-mobilan meniru sepeda roda tiga. Mobil-mobilan yang pertama kali dibuat bisa dikatakan merupakan sepeda roda tiga yang diberi roda ekstra, lalu diberi body sederhana dari kayu. Mainan ini dijalankan dengan pedal, rodanya memakai jari-jari dan ban mati, sedangkan chasis-nya dari logam. Tidak lama kemudian dibuatlah mobil-mobilan yang mekanismenya berbeda dari sepeda roda tiga.

Dalam katalog tahun 1902 dari Bon Marche di Paris, tercantum sebuah mainan mobil-mobilan yang mirip kereta tanpa kuda. Padahal pada masa itu mobil orang dewasa sudah berkembang menjauhi bentuk kereta kuda. Mainan itu mempunyai spatbor, rem, lampu, kemudi, dan klakson. Harganya 65 franc. Untuk zaman sekarang mobil-mobilan tersebut bentuknya masih dianggap sangat sederhana, tapi pada masa itu merupakan benda istimewa yang hanya mampu terbeli oleh orang-orang kaya. Pada masa itu harga mobil-mobilan masih mahal karena merupakan hasil pekerjaan tangan. Tapi pembuatnya tidak diketahui.

Pada kartu pos bergambar terbitan tahun 1905 terdapat gambar sebuah mobil-mobilan berpedal yang penampilannya sudah bagus dan anggun. Benda ini diketahui buatan Excelsior, yaitu merk dagang untuk sepeda produksi perusahaan dari Belanda, P.J. Wijtenburg.

Di Amerika Serikat ada mobil-mobilan yang pada radiatornya tertulis Cadillac atau White, tapi bukan buatan kedua pabrik mobil tersebut. Karena pada masa itu orang masih belum percaya pada mobil, angka penjualan mobil-mobilan pun ikut jadi seret. Baru pada sekitar tahun 1910 mobil-mobilan berpedal mulai laku dibeli orang. Pabrik mainan itu bermunculan dan model-model yang ditawarkan pun makin anggun dan menarik. Mainan mobil-mobilan pun mulai mencontoh mobil orang dewasa. Pabrikan mobil-mobilan bersaing dalam model, warna, dan perlengkapan. Ada yang memperkenalkan kaca depan penahan angin, bemper, bagian-bagian bernikel, ban serep, dan tempat duduk dari jok. Bahan kayu mulai ditinggalkan karena terdesak oleh bahan logam.

Pada tahun-tahun menjelang perang dunia pertama, catalog Amerika dipenuhi gambar mobil-mobilan. Ada yang mahal dan ada yang murah. Ada yang berbentuk mobil truk, mobil pemadam kebakaran, mobil polisi, dan bahkan ada yang dijual bersama garasi mini-nya. Di Eropa keadaannya demikian juga. Di Italia bahkan ada perusahaan kursi beroda yang mencoba mencari rezeki dengan memproduksi kendaraan anak-anak. Di Perancis pada tahun 1914, dijual mobil-mobilan yang bisa memuat dua orang. Bentuknya mirip Peugeot Grand Prix 1914 dengan variasi yang bermacam-macam. Yang paling mahal harganya 175 franc, dan yang paling murah harganya 25 franc.

Setelah perang dunia selesai, timbul demam mobil untuk anak. Andre Citroen yang pandai melihat jauh ke depan segera mendapatkan gagasan untuk mempergunakan mobil-mobilan sebagai alat publisitas bagi mobil orang dewasa. Ia mengharapkan anak-anak pemakai mobil-mobilan Citroen akan membeli mobil Citroen setelah mereka menjadi dewasa nanti. Mobil-mobilan mereka harus disebut Citroen saya bukan mobil saya. Pabrik mobil Citroen pun mendirikan divisi khusus yang memproduksi mobil-mobilan.

Kini mobil-mobilan Citroen produksi setelah perang dunia banyak dicari oleh para kolektor. Kebanyakan benda ini terbuat dari logam. Perbandingan ukurannya dengan mobil yang asli adalah 1:10, malah ada juga yang 1:3 dan bisa berjalan dengan kecepatan 15 kilometer per jam. Perlengkapannya cukup banyak, antara lain versneling mundur dan lampu sorot yang bisa menyala.

Pada tahun 1927, Ettore Bugatti merancang mobil-mobilan yang sangat mirip dengan mobil balap Bugatti 35 Grand Prix yang sedang terkenal pada masa itu. Mobil-mobilan itu dibuat untuk putranya, Roland, dan diberi nama Baby Grand Prix type 52. Kemudian menyusul 90 model Bugatti kecil lainnya yang dibuat dan dibagikan kepada para putra pelanggan-pelanggan yang kaya. Perusahaan-perusahaan lain segera meniru langkah itu.

Mobil-mobilan menjadi hadiah menarik bagi putra-putri raja ata anak-anak orang terkemuka. Putri Elizabeth (kini ratu Britania) memperoleh Rolls-Royce mini dari Lines Bros pada bulan April 1932. Citroen juga menghadiahkan sebuah mobil-mobilan kepada beliau. Putri Margaret juga mendapat hadiah sebuah mobil-mobilan Citroen yang sama. Putra raja Muangthai sudah mendapat miniatur Cadillac pada tahun 1916, dan putra sultan Maroko mendapat sebuah miniatur Penhard 6 silinder pada tahun 1934.

Ketika polystyrene, PVC, dan fiberglass sudah digunakan dalam industri mobil-mobilan, harga bisa ditekan, sehingga mobil-mobilan bisa dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas. Mainan itu sudah diberi motor kecil dan pada tahun 1935 seorang industrialis dari California membuat arena balap untuk mobil-mobilan di Lawndale. Pada tahun 1966, sebelum balap mobil Le Mans yang memakan waktu 24 jam itu dimulai, terlebih dulu diadakan perlombaan mobil anak-anak yang disebut 24 Minutes.

Dewasa ini, malah orang-orang dewasa yang tergila-gila pada mobil-mobilan. Bukan untuk ditumpangi, tapi untuk dikumpulkan, dikoleksi. Sudah banyak museum yang memiliki koleksi mobil anak-anak. Seorang warga Perancis yang bernama Francis Mortarini merupakan salah seorang kolektor yang paling top. Dia pandai memperbaiki mobil-mobilan itu yang sering sudah tidak karuan karena usianya kebanyakan sudah sangat tua. Mobil-mobilan kuno bisa memiliki harga tinggi di tempat-tempat lelang seperti Sotheby. Dan…, siapa tahu ada sebuah yang masih tersimpan di gudang rumah Anda.

Selasa, 20 November 2012

Ball Lightning, Bola Cahaya Yang Misterius

Ball Lightning
Istilah Ball Lightning adalah untuk menyebutkan benda transparan berbentuk bulat (bola) dengan cahaya berpendar yang melayang-layang di udara atau diatas permukaan tanah dan benda atau bangunan. Sudah sejak lama fenomena Ball Lightning ini dilaporkan banyak orang. Di Amerika kabarnya sejak tahun 1960 saja sudah lebih dari 10.000 kasus yang dilaporkan.

Dulu, sebelum diketahui bahwa kemunculan bola cahaya akibat dari adanya petir, orang sering menghubungkannya dengan keberadaan UFO dan hal-hal mistis. Anda bisa bayangkan jika sedang melihat sebuah benda bulat bercahaya yang melayang-layang dengan kecepatan pelan, melintas di dekat kita. Itu benar-benar pemandangan yang menakjubkan. Dan kabarnya hingga sekarang para ahli belum bisa memastikan bagaimana Ball Lightning bisa terbentuk. Bahkan tidak sedikit orang yang menyangsikan bahwa Ball Lightning itu benar-benar ada. Mungkin Anda salah satunya.

Ball Lightning sering digambarkan sebagai bola dengan cahaya berpendar yang muncul secara tiba-tiba lalu menghilang begitu saja bagai ditelan bumi. Ukurannya bermacam-macam, dari yang berdiameter 2 inchi hingga 10 inchi. Bahkan pernah dilaporkan kehadiran Ball Lightning dengan diameter 400 meter yang muncul di Tunguska. Jika kebanyakan dari ball lightning diduga terbentuk karena adanya petir, ball lightning di Tunguska berkaitan dengan adanya meteor. Apa pun penyebabnya, ball lightning diduga bermuatan listrik statis.

Sebuah kejadian yang membuat keberadaan ball lightning benar-benar diakui keberadaannya adalah yang dialami oleh penumpang pesawat terbang Eastern Airline pada tanggal 19 Maret 1963. Para penumpang itu adalah sekelompok ilmuwan yang sedang dalam penerbangan dari New York menuju Washington. Diceritakan bahwa saat itu pesawat berada di tengah cuaca buruk yang ditandai dengan adanya badai kilat. Tiba-tiba kilat menyambar disertai suara gemuruh guntur. Saat itulah mereka melihat sebuah bola dengan cahaya berpendar (ball lightning) keluar dari kabin pilot. Ball lightning itu terlihat berbentuk padat dengan warna putih kebiruan dan melayang pada ketinggian satu meter dari lantai pesawat, dengan tenang melintas sepanjang gang kabin. Beberapa saat kemudian bola itu menghilang di bagian toilet belakang pesawat.

Sejak kejadian itu, ada beberapa teori yang sudah dibuat oleh para ahli tentang penyebab terbentuknya bola cahaya itu. Tapi teori-teori itu masih menimbulkan kontroversi untuk bisa memberikan penjelasan tentang ball lightning ini.

Sebuah teori yang dianggap mendekati kebenaran adalah teori penguapan silicon. Teori ini mengatakan bahwa saat kilat menyambar tanah, energinya yang besar membuat silicon yang memang banyak terdapat pada tanah menguap dan menyembur ke udara. Lalu uap itu akan terkondensasi menjadi partikel-partikel yang sangat kecil yang segera ditarik oleh energi listrik yang saat itu terjadi. Panas yang ditimbulkan oleh energy listrik itu menyebabkan partikel silicon terbakar dengan kecepatan yang bervariasi. Kadang cepat, kadang lambat. Dan dikarenakan beratnya silicon, maka ball lightning tidak terbang makin tinggi. Hanya melayang pada ketinggian tertentu. Teori ini disampaikan oleh John Abrahamson dan kabarnya sudah berhasil dibuat ball lightning berdasarkan teori ini. Tapi bagaimana dengan keberadaan ball lightning yang terjadi dalam pesawat Eastern Airline yang sudah jelas jauh berada diatas tanah tersebut?

Beberapa teori sebelumnya juga sudah dibuat. Misalnya Oleg Meshcheryakov dengan teori nanobattery-nya. Lalu VanDevender Pace dengan teori black hole yang cukup mendapat perhatian dari banyak ahli. Tapi meskipun banyak teori sudah dikembangkan dan banyak bola-bola gas yang mirip dengan ball lightning berhasil dibuat di laboratorium, belum ada ditemukan penjelasan yang bisa disepakati oleh banyak ahli.

Sementara itu beberapa ilmuwan telah mencoba untuk membuat ball lightning bukan untuk menjawab proses terbentuknya fenomena tersebut. Melainkan berharap dari eksperimen mereka itu bisa menjadi gerbang menuju jalan untuk mendapatkan listrik murah dan bersih yang terjadi karena adanya reaksi fusi dalam ball lightning tersebut.

news.nationalgeographic.com, dmv.com

Senin, 19 November 2012

Blogging Dan Sejarahnya

Kotabumi Lampung Utara
Rasanya bisa jadi kurang lengkap bagi para pengguna internet jika belum mengelola sebuah blog. Terutama bagi orang yang hampir setiap hari mengakses internet. Terlebih bagi mereka yang pada dasarnya memang punya kegemaran menulis atau membuat content tertentu. Sebuah blog, sering juga disebut weblog, bisa menjadi sarana aktualisasi diri, bahkan sudah menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Tentunya jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, dikelola dengan baik sehingga banyak memberi manfaat bagi pengunjungnya. Setidaknya selalu punya content yang menarik.

Menurut wikipedia, blog atau weblog terdiri dari beberapa jenis. Misalnya personal blog, yang kurang lebih berfungsi sebagai diary online. Tempat pengelola blog (admin atau webmaster) menuliskan kejadian sehari-hari yang dialaminya, sesuatu yang dirasakan atau yang sedangk difikirkannya. Umumnya admin membolehkan orang lain untuk mengakses personal blognya. Ini gambaran blog sebagai sarana mengaktualisasikan diri.

Lalu ada jenis corporate blog, yaitu blog yang dikelola oleh pihak swasta, misalnya sebuah perusahaan atau organisasi tertentu, yang bisa digunakan bagi karyawan atau anggota untuk berbagai keperluan. Seringkali blog jenis ini berfungsi sebagai media pemasaran produk perusahaan, atau paling tidak sebagai media penghubung dengan masyarakat luas.

Selain itu ada juga Question Blog yang umumnya berfungsi sebagai forum diskusi online. Blog seperti ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki ketertarikan atau berkecimpung pada suatu bidang yang sama. Misalnya forum diskusi bagi penggemar bidang elektronika, IT, olah-raga, seni, dan lain sebagainya.

Dewasa ini kegiatan blogging sudah banyak dimanfaatkan oleh para profesional. Terutama mereka yang bergerak dalam bidang bisnis. Paralel dengan makin meningkatnya jumlah pengakses internet, pasar bisnis mereka pun makin luas. Berbisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dianggap sama dengan memasuki pasar global, pasar dunia. Tentunya dengan penggunaan content berbahasa internasional, bahasa Inggris. Bagi admin yang tidak mengelola blog komersial, blogging adalah cara yang efektif untuk membangun pertemanan atau komunitas secara global.

Sejarah blogging

Kabarnya istilah weblog digunakan pertama kali oleh John Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Pria dengan pemilik cambang yang lebat ini juga menjadi editor Robot Wisdom Weblog. Ini info versi wikipedia. Sementara sumber lain, the Blog Herald, mengatakan bahwa istilah weblog pertama kali digunakan oleh G. Raikundalia dan M. Rees pada tanggal 14 Agustus 1995 pada paper yang berjudul "Exploiting the World-Wide Web for Electronic Meeting Analysis and Management". Mereka berdua adalah dosen Universitas Bond, Gold Coast – Australia.

Diantara dua klaim yang berbeda waktu itu, orang lebih mempercayai bahwa John Barger sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah "weblog", sesuai info dari banyak sumber yang berbicara tentang hal ini. Lalu pada tahun 1999, Peter Merholz yang mengelola blog Peterme.com, menggantikan istilah weblog ke dalam phrase we blog (blog kita). Dan beberapa waktu kemudian Evan Williams dari Pyra Labs, mengganti istilah weblog menjadi yang lebih singkat, blog. Pyra Labs ini juga yang melahirkan layanan blogging www.blogger.com dengan fasilitas host subdomain blogspot.com yang terkenal itu. Pada bulan Februari 2003 layanan blogging ini dibeli oleh Google. Pada perjalanan waktu berikutnya, bermunculan layanan blogging lainnya. Misalnya wordpress.com yang pertama kali dibuka dalam versi beta tanggal 8 Agustus 2005 dan baru dibuka untuk umum pada tanggal 21 Nopember 2005. Lalu beberapa situs social network pun melengkapi fasilitasnya dengan layanan blogging. Misalnya multiply.com yang muncul pada bulan Maret 2004. Dan banyak lagi situs yang serupa.

Sebagai catatan, ada beberapa info menarik tentang sejarah blogging yang menjadi akhir dari tulisan ini. Misalnya tentang Justin Hall yang bisa dianggap sebagai pelopor personal blog. Justin Hall telah membuat content pribadi sejak tahun 1994 saat masih menjadi siswa Swarthmore College, Pennsylvania - AS. Dari tulisan tentang keseharian, kisah-kisah pribadi, foto, bahkan beberapa film pendek. Selama hampir sepuluh tahun content-content pribadinya telah mengisi lebih dari 4.800 halaman di situs www.links.net. Pada saat usianya menginjak 30 tahun, New York Times menobatkannya sebagai Bapak Personal Blog.

Selain Justin Hall sebagai pelopor personal weblog, ada juga seorang Jerry Eugene Pournelle yang kabarnya bisa dianggap sebagai pengelola blog pribadi yang paling lama. Pria kelahiran 7 Agustus 1933 ini memang seorang profesional dalam multy bidang. Memahami bidang psikologi, militer, matematika, teknologi ruang angkasa, computer, dan tentu saja sastra. Sudah berpuluh buku lahir dari tangannya. Baik yang bertema ilmiah maupun non-fiksi. Hal ini membuatnya sempat menjabat sebagai Presiden dari Science Fiction and Fantasy Writers of America. Hingga sekarang blognya, www.jerrypournelle.com, yang sudah dikelolanya sejak tahun 1998 itu masih dapat Anda kunjungi.

wikipedia.org, blogherald.com, wired.com, sfgate.com

Minggu, 18 November 2012

Serba-serbi Permen Karet

Permen Karet
Siapa yang tidak mengenal permen karet? Permen karet memang jenis kunyahan yang sangat populer. Penulis sendiri lebih cenderung menyebutnya kunyahan, bukan penganan atau makanan. Karena biasanya sebuah permen karet memang bukan untuk ditelan seperti fungsi makanan. Pada umumnya setelah cukup lama dikunyah, permen karet akhirnya dibuang.

Manfaat permen karet

Meskipun begitu, ternyata permen karet punya banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah untuk mencegah kerusakan pada gigi. Sebuah fakta ilmiah membuktikan bahwa mengunyah permen karet dari jenis yang bebas gula dapat melindungi gigi dari kerusakan. Selain itu, mengunyah permen karet dapat menggantikan fungsi menggosok gigi setelah makan. Tentu saja ini hanya alternatif sementara saja. Terutama jika karena suatu hal terpaksa kita meluangkan waktu makan di luar rumah dan tidak membawa sikat dan pasta gigi.

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan kinerja berbagai aktivitas yang memerlukan perhatian, konsentrasi dan kewaspadaan. Misalnya pengemudi yang mengunyah permen karet sambil menyetir memiliki respons yang lebih baik dalam berkendaraan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan, dengan mengunyah permen karet sambil menyetir akan melancarkan aliran darah ke otak, dan dapat juga mengurangi rasa ngantuk.

Hasil riset menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan daya ingat. Kemampuan untuk mengingat kata-kata dapat ditingkatkan sebanyak 35% dari awal mengunyah. Penelitian bersama University of Northumbria dan Cognitive Research Unit (Reading) di Inggris, membuktikan bahwa mengunyah permen karet berefek positif pada tugas-tugas kognitif seperti berpikir dan mengingat. Pengunyah permen karet ternyata bisa mengingat lebih banyak kata dan tampil lebih baik dalam uji ingatan. Ahli dari University of Northumbria berpatokan pada 2 teori. Pertama, bahwa mengunyah akan meningkatkan detak jantung, menyebabkan lebih banyak O2, dan nutria yang dipompa ke otak. Kedua, mengunyah akan meningkatkan produksi insulin, merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.

Manfaat lainnya, mengunyah akan merangsang sinyal di bagian otak tengah. Dalam hal ini kuncinya adalah gerakan ritmiknya yang berulang-ulang. Tidak ada bedanya permen karet dengan berbagai macam rasa, yang penting adalah perulangan gerakan mengunyahnya dan kandungan dari permen karet tersebut yang mendukung pemeliharaan kesehatan gigi khususnya.

Sejarah permen karet

Lalu sejak kapan permen karet mulai dibuat orang? Ternyata permen karet bukan merupakan jenis penganan baru. Meskipun masih terbuat dari bahan yang sederhana dan belum memiliki jenis yang beragam seperti sekarang, tapi sebuah bentuk kunyahan yang berfungsi sebagai permen karet sudah dikenal oleh orang-orang pada masa Yunani kuno. Berikut ini adalah urutan penemuan yang disusun sesuai kurun waktu dan dianggap sebagai rangkaian sejarah perkembangan permen karet.
  • Orang Yunani kuno mengunyah penganan yang disebut Mastiche, permen karet yang terbuat dari getah pohon dammar wangi.
  • Anggota suku Maya kuno dikabarkan biasa mengunyah kunyahan yang dibuat dari getah tumbuhan yang disebut dengan nama pohon Sapodilla.
  • Sedangkan orang-orang dari suku Indian yang bermukim di Amerika Utara memiliki kegemaran mengunyah getah dari pohon-pohon cemara.
  • Para imigran awal benua baru Amerika membuat permen karet dari getah pohon cemara dan lilin lebah.
  • Pada tahun 1848, John B. Curtis membuat dan menjual permen karet komersial pertama yang disebut dengan nama State of Maine Pure Spruce Gum.
  • William Finley Semple menjadi orang pertama yang memiliki paten permen karet dengan US Patent # 98.304 pada tanggal 28 Desember 1869.
  • Sedangkan pada tahun 1871, Thomas Adams berhasil memperoleh paten untuk mesin pembuat permen karetnya.
  • Pada tahun 1880, John Colgan menemukan cara untuk membuat permen karet memiliki rasa yang lebih enak yang tetap terasa dalam waktu yang lebih lama ketika dikunyah.
  • Tutti-Frutti, sebuah produk permen karet buatan Thomas Adams telah menjadi produk permen karet pertama yang dijual dengan menggunakan mesin penjual otomatis pada tahun 1888.
  • Selanjutnya mesin-mesin penjual permen karet itu di letakkan di stasiun kereta bawah tanah di kota New York.
  • Masih di kota New York juga, pada tahun 1899, seorang apoteker bernama Franklin V. Canning membuat permen karet yang berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.
  • Pada tahun 1906, Frank Henry Fleer membuat permen karet yang disebut Blibber-Blubber. Sebuah permen karet yang setelah dikunyah bisa ditiup hingga menggelembung seperti balon. Namun permen karet buatan Frank Henry Fleer tersebut tidak pernah dijual secara komersial.
  • Permen karet dengan merk Wrigley Doublemint pertama kali dibuat pada tahun 1914. Si pembuatnya, William Wrigley Jr. dan Henry Fleer, menambahkan mint dan ekstrak buah-buahan kedalam permen karet buatan mereka itu.
  • Dan pada tahun 1928, seorang pegawai perusahaan Frank H. Fleer yang bernama Walter Diemer menciptakan permen karet berwarna merah mudah yang disebut Double Bubble, permen karet yang bisa ditiup menggelembung seperti balon setelah dikunyah rata. Seperti telah disebutkan sebelumnya, permen karet jenis ini sudah pernah dibuat oleh Frank Henry Fleer pada tahun 1906. Resep permen karet buatan Fleer itu kemudian disempurnakan oleh Walter Diemer, yang menyebut produknya dengan nama Double Bubble. Dan sejak saat itu, budaya mengunyah permen karet menyebar dan menjadi populer di seluruh penjuru dunia.
pdgi-online.com, about.com

Sabtu, 17 November 2012

Polres Lampung Utara Siap Tutup 2 U-Turn Jalan Raya

Peta Polres Lampung Utara
Satlantas Polres Lampura Dukung Penutupan 2 U-Turn

Kasatlantas Polres Lampung Utara, AKP Surono mendukung penutupan dua tempat memutar kendaraan. "Hasil rapat akan ditutup dua tempat tersebut," jelasnya, Jumat (16/11).

Menurutnya, U-Turn di Jalan Alamsyah Ratuperwiranegara, Kotabumi, tepatnya di depan RM Mbak Mar sering terjadi kecelakaan. Posisi jalan yang mulus dan menurun dikhawatirkan akan mengganggu pengendara, terlebih saat hujan yang mengakibatkan jalanan licin.

Selain itu, di tempat tersebut diduga seringkali konsumen dari RM Mbak Mar yang tiba-tiba nyelonong masuk keareal RM, tanpa melihat ada tidaknya kendaraan yang akan melintas. "Kedua alasan inilah yang diambil keputusan untuk ditutup," katanya.

lampung.tribunnews.com

Grafologi, Analisa Kepribadian Melalui Goresan Tangan

Grafologi
Seni membaca tulisan, tanda tangan, wajah, garis tangan, dan tarot bukan tak bisa dijelaskan dengan akal. Sumber seni membaca wajah, garis wajah, dan tarot memang didasarkan pada budaya Cina dan Latin. Tapi bukan berarti ilmu turun-temurun tak bisa dipelajari.

Bagaimana dengan kemampuan membaca tulisan dan tanda tangan atau disebut grafologi? Ternyata ilmu yang juga dipelajari di dunia psikologi ini secara umum gampang-gampang sulit. Menurut psikolog dan pakar keberbakatan, Reni Akbar Hawadi, menganalisis tulisan tangan itu seperti melihat lukisan. Jika diperhatikan, setiap lukisan--sama halnya dengan tulisan--memiliki kesan umum. "Coba lihat tarikan garisnya, kemudian baru tentukan energi emosional si penulis," kata Reni ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Energi emosional ini bisa dilihat pada tekanan tulisan. Seberapa besar tekanan garis, maksudnya ketebalan dan kehitaman garis yang dibuat. Ini dapat diraba di belakang permukaan kertas yang ditulis. "Muncul atau tidak tekanannya," tutur doktor psikologi ini. Energi emosional ini sangat merepresentasikan kepribadian penulis. Energi emosional memiliki dampak langsung terhadap karakter kepribadian si penulis. Energi ini, kata dia, merupakan kombinasi fisik dan tingkat energi.

Mereka yang memiliki tekanan besar--garis tulisannya tebal-tebal--biasanya memiliki kesuksesan tinggi. Mereka memiliki banyak vitalitas dan pengalaman emosional yang bertahan lama. Sebaliknya, tulisan yang garisnya tipis akan menghindari situasi yang menguras energi.

Indikator lainnya adalah kemiringan garis pada tulisan. Kemiringan garis ini adalah indikasi respons si penulis terhadap dunia luar. Misalnya miring ke kanan, "Itu tanda dari seseorang yang memiliki respons kuat terhadap situasi emosionalnya," kata mantan delegasi Indonesia di forum bakat internasional ini.

Miring ke kanan diartikan juga bersifat penuh perhatian, hangat, dan outgoing. "Mereka pada dasarnya memakai hati untuk mengendalikan pikiran mereka," Reni memberi tahu. Sedangkan garis tegak lurus menunjukkan bahwa si penulis mencoba bersikap rasional. Yang ini sebaliknya, "Pikiranlah yang menguasai hati mereka." Terakhir, tulisan yang miring ke kiri. Itu menunjukkan sifat penulis yang dingin dan indifferent.

Secara ilmiah, Reni menjelaskan, tangan itu dipandu oleh otak. Segala yang keluar dan tertuang dalam bentuk garis di kertas mirip dengan hasil dari sirkuit dua arah otak dan refleks motor tangan. Jadi, Reni melanjutkan, tulisan tangan menjadi poligraf atau oscilloscope seseorang.

Tapi tidak selalu mudah. Kesulitan membaca kepribadian lewat tulisan (grafologi), menurut Achsinfina H. Soemantoro, grafolog Ashanda Consulting, akan muncul ketika sejumlah ketentuan mulai diperhatikan, seperti margin, spasi, bentuk huruf, garis dasar, atau kemiringan. "Jadi tak semudah membaca isi tulisan seseorang," katanya.

Namun lulusan magister psikologi Universitas Tarumanagara, Jakarta, ini menekankan, untuk mempresentasikan karakter individu, seseorang tidak cuma dilihat dari satu ketentuan di atas--melihat bentuk margin saja. Harus diperhatikan pula ketentuan-ketentuan lain yang sesuai dengan ilmu grafologi.

Misalnya untuk penekanan tertentu pada tulisan. Individu dengan bentuk tulisan tangan yang tampak berbentuk bulat akan cenderung mengedepankan cinta dan kasih sayang. Jadi biasanya memiliki karakter yang lemah lembut. Sedangkan yang kotak cenderung sebagai individu yang termotivasi untuk bekerja dengan tangan serta berpikir secara logis, praktis, juga disiplin.

tempointeraktif.com

Jumat, 16 November 2012

Sejarah Mesin Jahit

Mesin Jahit
Jahit tangan adalah sebuah bentuk seni yang sudah berusia lebih dari 20.000 tahun. Jarum jahit yang pertama terbuat dari tulang atau tanduk binatang dan benang pertama terbuat dari otot binatang. Jarum dari bahan besi pertama kali dibuat pada abad ke-14. Sedangkan jarum bermata (lubang jarum) pertama kali muncul di abad ke-15.

Mungkin hak paten pertama yang berhubungan dengan mekanisme menjahit adalah paten Inggris tahun 1755 yang diterbitkan untuk seorang berkebangsaan Jerman, Charles Weisenthal. Itu hak paten untuk sebuah jarum yang dirancang untuk sebuah mesin. Tapi sayang sekali, tidak dijelaskan tentang mesin yang dimaksud tersebut.

Seorang penemu yang juga seorang pembuat lemari dari Inggris, Thomas Saint, adalah orang pertama yang mendapatkan paten untuk rancangan mesin yang memang digunakan untuk menjahit pada tahun 1790. Tapi tidak diketahui dengan pasti apakah Thomas Saint memang pernah membuat satu prototipe dari rancangan mesin jahitnya. Hak paten tersebut menggambarkan tentang sebuah penusuk yang menekan lubang di kulit dan melewati sebuah jarum melalui lubang. Beberapa waktu kemudian dicoba dibuat satu prototipe berdasarkan paten Thomas Saint tersebut. Tapi tidak berhasil.

Pada tahun 1810, seorang berkebangsaan Jerman, Balthasar Krems, menemukan mesin otomatis untuk menjahit topi. Tapi Krems tidak mencatatkan paten untuk penemuannya itu karena mesin penjahit topi hasil penemuannya itu tidak pernah berfungsi dengan baik.

Seorang penjahit dari Austria, Josef Madersperger, juga pernah berusaha membuat mesin untuk menjahit dan mendapatkan paten pada tahun 1814. Tapi mesin jahit buatannya itu juga dianggap gagal.

Pada tahun 1804 diterbitkan sebuah paten Prancis yang diberikan kepada Thomas Stone dan James Henderson untuk sebuah mesin yang digerakkan oleh tangan manusia penggunanya. Pada tahun yang sama, sebuah hak paten juga diberikan kepada Scott John Duncan untuk sebuah mesin bordir yang menggunakan beberapa jarum. Tapi nasibnya sama seperti penemuan sebelumnya, kedua penemuan itu juga dianggap gagal dan segera dilupakan oleh publik.

Usaha berikutnya dilakukan lagi pada tahun 1818, saat John Adams Doge dan John Knowles membuat mesin jahit Amerika yang pertama. Tapi mesin jahit buatan mereka gagal melakukan fungsinya ketika digunakan pada sebuah pabrik tekstil.

Mesin jahit yang pertama kali dapat berfungsi dengan baik adalah mesin jahit yang diciptakan oleh seorang penjahit Perancis, Barthelemy Thimonnier, pada tahun 1830. Mesin jahit buatan Thimonnier menggunakan satu benang dan jarum bengkok yang membuat kaitan rantai yang sama digunakan pada bordir. Barthelemy Thimonnier hampir dibunuh oleh sekelompok penjahit perancis yang marah karena mereka takut akan menjadi pengangguran akibat penemuan mesin jahit barunya itu.

Pada tahun 1834, Walter Hunt telah membuat mesin jahit pertama di Amerika yang cukup berhasil. Tapi Walter Hunt tidak berminat mendapatkan paten untuk mesin jahitnya itu karena dia yakin penemuannya itu akan menyebabkan pengangguran. Pada tahun 1846, paten Amerika pertama diberikan kepada Elias Howe untuk "sebuah proses yang menggunakan benang dari dua sumber yang berbeda."

Mesin jahit rancangan Elias Howe memiliki jarum dengan mata pada titik. Jarum didorong menembus kain dan menciptakan sebuah lubang di sisi lain, sebuah alat pada jalur menyelipkan benang kedua melalui lubang, menciptakan apa yang disebut lockstitch. Namun, Elias Howe kemudian menemui masalah untuk mempertahankan hak patennya itu dan pemasaran penemuannya. Selama sembilan tahun Elias Howe berjuang untuk itu. Mekanisme lockstitch diadopsi oleh orang lain yang sedang mengembangkan inovasi mereka sendiri. Isaac Singer menemukan mekanisme gerakan naik-turun, dan Allen Wilson mengembangkan sebuah putaran pengait.

Sengketa hak paten Isaac Singer vs Elias Howe

Mesin jahit belum dilibatkan dalam proses produksi massal hingga tahun 1850-an, ketika Isaac Singer membuat mesin jahit pertama yang sukses secara komersial. Isaac Singer membuat mesin jahit pertama di mana jarum bergerak naik dan turun dan jarum itu digerakkan oleh pedal kaki. Sebelumnya, semua mesin jahit digerakan oleh tangan. Tapi mesin jahit buatan Isaac Singer menggunakan lockstitch yang telah dipatenkan oleh Howe. Ini membuat Elias Howe menuntut Isaac Singer atas pelanggaran paten dan menang pada tahun 1854. Jauh sebelum mereka berdua, sebenarnya mesin jahit buatan Walter Hunt juga menggunakan lockstitch dengan dua gulungan benang, namun pengadilan tetap memenangkan paten untuk Elias Howe karena Walter Hunt tidak pernah mengajukan paten untuk mesin jahit hasil penemuannya itu.

Jika Walter Hunt saat itu sudah mencatatkan paten untuk mesin jahitnya, Elias Howe akan kehilangan patennya dan Isaac Singer akan menang. Sejak kalah dalam perebutan hak paten tersebut, Isaac Singer harus membayar royalti paten kepada Elias Howe. Sebagai catatan: Pada tahun 1844, seorang berkebangsaan Inggris bernama John Fisher pernah menerima paten untuk mesin pembuat renda yang cukup identik dengan mesin-mesin yang dibuat oleh Howe dan Singer. Jika paten Fisher tidak pernah hilang di kantor paten, John Fisher bisa dipastikan akan turut sebagai bagian dari perebutan hak paten itu.

Setelah berhasil mempertahankan hak patennya, Elias Howe mendapatkan banyak keuntungan dari penemuan mesin jahit tersebut. Pendapatan tahunannya yang semula hanya tiga ratus dollar melonjak hingga lebih dari dua ratus ribu dolar per tahun. Antara tahun 1854 dan tahun 1867, Howe memperoleh hampir dua juta dolar dari penemuannya itu. Pada saat berkecamuknya Perang Saudara di AS, Elias Howe menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk melengkapi sebuah resimen infanteri yang memihak pada Union Army dan bertugas di resimen itu atas nama pribadi.

Proses penyempurnaan mesin jahit terus dilakukan setelah itu. Pada tanggal 2 Juni 1857, James Gibbs mendapatkan paten untuk mesin jahit dengan rangkaian benang tunggal yang pertama. Lalu pada tahun 1873, Helen Augusta Blanchard mendapatkan hak paten untuk mesin jahit yang bisa membuat jahitan berpola zig-zag yang pertama. Jahitan dengan pola zig-zag sangat berguna untuk tepi kain yang dijahit sehingga membuat pakaian hasil jahitan menjadi lebih kokoh. Selain itu Helen Augusta Blanchard juga mendapatkan hak paten untuk beberapa penemuan lainnya. Misalnya jarum bedah, dan penyempurnaan pada mesin jahit.

Sejak itu mesin jahit banyak digunakan pada industry garmen. Sebelum tahun 1889 mesin jahit sudah umum digunakan di rumah-rumah penduduk. Sedangkan pada tahun 1905, mesin jahit yang digerakkan oleh tenaga listrik sudah digunakan secara luas.

sumber : about.com

Kamis, 15 November 2012

LASER (Light Amplification by the Stimulated Emission of Radiation)

Laser
LASER (Light Amplification by the Stimulated Emission of Radiation) termasuk salah satu penemuan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Dewasa ini penggunaan teknologi laser sudah dibutuhkan di hampir semua bidang pekerjaan. Pada bidang komunikasi, industri, medis, hingga bidang hiburan. Dari perangkat komputer hingga peralatan elektronik permainan anak-anak. Tidak dapat dibayangkan seandainya teknologi laser tidak pernah dibuat. Penelitian dan pengembangan terhadap berkas sinar yang disebut laser ini terus dilakukan para ahli dari tahun ke tahun. Terus digali manfaatnya untuk kepentingan kemanusiaan.

Pada awal perkembangannya, orang tidak menyebut dengan nama laser. Para ahli masa itu menyebutnya sebagai MASER (Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation). Dan orang yang disebut-sebut pertama kali mengungkapkan keberadaan maser adalah Albert Einstein antara tahun 1916 - 1917. Ilmuwan yang terkenal eksentrik ini juga yang pertama kali berpendapat bahwa cahaya atau sinar bukan hanya terdiri dari gelombang elektromagnetik, tapi juga bermuatan partikel dan energi. Dan dikenal lah apa yang disebut sebagai radiasi. Tapi maser dari Einsten ini baru sebatas teori. Teknologi pada dekade kedua abad 20 belum mampu mewujudkannya. Disamping itu, banyak ilmuwan yang menganggap teori dari Eisntein itu sebagai teori yang kontroversial.

Pada tahun-tahun berikutnya, terlebih pada perang dunia kedua, maser lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer, yaitu untuk pengembangan radar. Hingga akhirnya Charles H. Townes, James Gordon, dan Herbert Zeiger, berhasil membuat maser dengan menggunakan gas Amoniak. Dan inilah maser yang pertama kali dibuat orang. Keberhasilan itu dipublikasikan pada tahun 1954. Itu merupakan maser dengan satu tingkat energi. Selanjutnya ide emisi dua tingkat untuk mempertahankan inversi pada maser telah dikembangkan oleh dua orang ilmuwan Sovyet, Nikolai Basov dan Alexander Prokhorov. Karena sumbangannya yang sangat penting ini dalam pengembangan maser, Charles H. Townes, Nikolai Basov, dan Alexander Prokhorov berbagi hadiah Nobel bidang Fisika pada tahun 1964.

Charles H. Townes memang orang yang berperan penting dalam dunia maser. Sebelumnya beliau bersama Arthur Schawlow telah meneliti kemungkinan pembuatan maser optik (yang kemudian berkembang menjadi laser) dan sinar infra merah. Rincian penelitian itu diterbitkan pada bulan Desember 1958. Namun mereka berdua masih menemui kesulitan dan pembuatan laser (maser optik). Hingga akhirnya sebelum memasuki tahun 1960 Theodore Maiman bisa mewujudkan kerja sinar laser. Maiman menggunakan silinder batu Ruby untuk memicu timbulnya laser hingga laser buatannya dikenal sebagai Ruby Laser. Tapi Ruby Laser hanya mampu bekerja pada energi tingkat ketiga. Setelah memasuki tahun 1960, Peter Sorokin dan Mirek Stevenson mulai mengembangkan laser tingkat keempat yang pertama. Tapi itu pun masih sebatas teori dan tujuan untuk merealisasikannya masih belum tercapai. Namun demikian sejak saat itu lah era laser dimulai.

Menurut keterangan diatas, sekilas bahwa Theodore Maiman dianggap sebagai orang yang pertama kali berhasil membuat laser (bukan maser). Tapi sebenarnya ada orang lain yang telah mendahuluinya yaitu Gordon Gould. Pada tahun 1958, Gordon Gould kabarnya telah berhasil membuat maser optik (laser) bahkan dia juga yang dianggap sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah Laser (Light Amplification by the Stimulated Emission of Radiation). Tapi Gordon gagal mendaftarkan paten laser-nya pada tahun 1959. Hingga pada tahun 1977 Gordon memenangkan paten tersebut. Butuh waktu 8 tahun untuk mendapatkan pengakuan itu.

Pada masa yang hampir bersamaan juga beberapa ilmuwan lain berhasil membuat laser dengan menggunakan bahan yang berbeda. Misalnya Ali Javan, William Bennet dan Donald Herriot yang membuat laser dengan media gas helium dan neon pada tahun 1960 dan keberhasilannya baru dipublikasikan pada tahun 1961. Kumar N. Patel membuat laser dengan perantaraan karbondioksida, nitrogen, dan helium pada tahun 1964. Dan pada tahun yang sama juga (1964), Earl Bell membuat laser dengan bantuan helium dan merkuri. Para ilmuwan ini dianggap pembuat untuk laser gas karena bahan-bahan yang mereka gunakan untuk membuat laser pada umumnya berupa zat gas.

Perkembangan yang cukup penting terjadi pada tahun 1962 ketika seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan General Electric, Robert Hall, menemukan laser semikonduktor berukuran mini dengan biaya murah. Biasanya mesin atau peralatan pemroduksi sinar laser berukuran besar. Laser buatan Rober Hall inilah yang hingga kini digunakan pada perangkat vcd dan dvd player, printer laser, pembaca kode bar, drive pada CPU, sistem komunikasi yang menggunakan serat optik, dan sebagainya.

Sebuah penemuan yang revolusioner dibuat pada tahun 1970 ketika Charles Kao dan George Hockham berhasil membuat apa yang sekarang disebut serat optik (fiberglass). Mereka berdua memang tidak membuat laser, tapi penemuannya sangat penting dalam penggunaan aplikasi laser. Dan seperti kita tahu, serat optik banyak digunakan dalam bidang komunikasi. Bidang inilah yang memang dianggap sebagai pengguna terbesar aplikasi laser. Laser dan serat optik memang dua penemuan yang sangat saling mendukung.

Aplikasi laser terus berkembang dari tahun ke tahun. Selain penggunaannya di bidang komunikasi, laser juga dipakai sebagai detektor super sensitif pada banyak laboratorium penelitian fisika dan kimia. Dan laser juga sudah digunakan pada bidang lain, misalnya medis. Bisa dilihat pada penggunaan laser untuk operasi medis modern. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Dr. Steven Trokel saat membuat sambungan kornea mata saat mengoperasi pasiennya pada tahun 1987 di New York. Ini merupakan operasi mata dengan menggunakan laser yang pertama kali. Sebuah operasi medis yang membutuhkan presisi yang sangat tinggi. Dengan laser operasi medis seperti itu menjadi sangat mungkin untuk dilakukan.

laserstars.org, essortment.com

Rabu, 14 November 2012

Obyek Wisata Di Lampung Utara

Wisata Way Rarem Lampung Utara
Tempat Rekreasi

Bendungan way arem
Terletak di desa Pekurun Kecamatan Abung Barat atau 36 Km dari Kotabumi, atau 113 Km dari Kota Bandar Lampung. Obyek Wisata Way Rarem memiliki luas 49,2 Ha, tinggi bendungan 59 m, kedalaman air 32 m, luas genangan 1.200 ha. Disamping untuk obyek wisata, Bendungan Way Rarem juga berfungsi sebagai irigasi yang dapat mengairi seluas 22.000 ha, untuk Kecamatan Abung Timur, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik dan Kotabumi. Terdapat beberapa spesies ikan hias air tawar khas seperti ikan Sumatera dan lain-lain. Lingkungan alam dan suasana perkampungan merupakan ciri khas lokasi ini.

Bendungan Tirta Shinta
Terletak di Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi dengan jarak tempuh – 10 Km dari Kotabumi, atau 111 Km dari Bandar Lampung. Di bawah ini adalah video tayangan obyek wisata Bendungan Tirta Shinta.





Air Terjun Curup Paten
Terletak di Desa Suka Menanti Kecamatan Bukit Kemuning degan jarak tempuh dari Kotabumi sekitar 40 Km. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan denganketinggian sekitar 4 m untuk masing-masing tingkatan

Air Terjun Curup Selampung
Terletak di Desa Gunung Bertuah Kecamatan Abung Barat dengan jarak tempuh sekitar 35 Km dari Kotabumi. di lokasi ini terdapat 2 air terjun masing tinggi 12 m lebar 15 m dan tinggi 20 m lebar 3 m yang di temukan oleh Alm Selampung tahun 1973.

Wisata Budaya / Sejarah
Sanggar-sanggar seni budaya sebagai pelestarian seni budaya nenek moyang Kabupaten Lampung Utara. Sanggar tersebut di antaranya Sanggar Kemalo Bumi Rayo yang telah berhasil meraih berbagai prestasi tingkat nasional.

NO.
NAMA OBJEK WISATA
ALAMAT
LUAS (M2)
SARANA DAN PRASARANA
NAMA PIMPINAN
1.
TAMAN WISATA WAY RAREM
DESA PEKURUN KEC.ABUNG PEKURUN
49,20 HA
PONDOKAN,AYUNAN, MOSOLA, PERAHU, KERMABA TERAPUNG
IRAWAN TOBA
2.
WAY TEBABENG
KEC. ABUNG SELATAN
6HA
AYUNAN, MUSOLA, PANGGUNG, PERAHU,
NASIHIN
3.
TIRTHA SINTA
DESA WONOMERTO KOTABUMI SELATAN
4HA
PERAHU, BEBEK-BEBEKAN
SUTRISNO UTOMO
4.
KERMAT SEMUL ASEM
KOTABUMI ILIR
-
WISATA RELIGI
-
5.
MINAK TRIO DESO
BUKIT KEMUNING
-
WISATA RELIGI
-
6.
CURUP SELAMPUNG
OGAN LIMA
-
AIR TERJUN
* >
7.
CURUP KELAWAS INDAH
KEC. ABUNG TENGAH
-
AIR TERJUN
-
8.
CURUP ATENG
BUKIT KEMUNING
-
AIR TERJUN
-
9.
TAMAN OLAH SENI
JL. JENDRAL SUDIRMAN NO. 113
-
PANGGUNG, TAMAN, RUKO
-

www.lampungutara.go.id

23.473 KK di Lampung Utara Belum Memiliki Jamban

Jamban
23.473 KK di Lampura Belum Memiliki Jamban

Jumlah warga yang sudah menggunakan jamban sebanyak 73.986 KK dari 97.459 KK. Sedangkan yang belum memiliki 23.473 KK. Jumlah ini didapat dari data Dinas Kesehatan Lampung Utara.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara, Sujarno mengatakan jumlah tersebut dari pendataan warga di 23 Kecamatan se Lampura. Dimana keluarga yang didata diambil secara acak oleh Puskesmas, dengan jumlah mencapai 97.459 KK. "Dengan kata lain, jumlah yang mempunyai jamban sekitar 75,91 persen saja," jelasnya, Kamis (8/11).

"Mereka yang belum memiliki jamban memang dari keluarga yang kurang mampu. Namun selain faktor ekonomi, ada pula faktor geografis dari lokasi tersebut. Sedangkan di beberapa daerah jamban belum merupakan kebutuhan pokok, karena mereka bisa buang air besar di kolam ikan, sekaligus memberi makan ikanya," katanya.

Dari jumlah tersebut, keluarga yang mempunyai tempat buang kotoran yang sehat baru mencapai 47.419 KK dari 97.459 KK. Dari jumlah tersebut, masih banyak warga yang belum mempunyai jamban. Akibat dengan ketiadaan kloset tersebut, bebernya, warga akan mudah terkena penyakit diare dan hepatitis A.

lampung.tribunnews.com

Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Lampung Utara Akan Menjadi Lembaga Tersendiri

KPMP Lampura Akan Berubah Menjadi Badan

Kantor Penanaman Modal dan Perizinan (KPMP) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tengah berupaya untuk penguatan lembaga dari kantor menjadi suatu badan.

Besarnya keinginan itu didasari dengan telah diterbitkannya Surat Menteri No:061/3023/SJ perihal percepatan pelimpahan kewenangan perizinan dan nonperizinan berusaha di daerah kepada lembaga PTSP.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perizinan (KPMP), Putra Muda melalui Kasi Pemrosesan Perizinan, Duta Karya, Senin (12/11/2012).

Dijelaskannya, selain didasari surat menteri tersebut, juga adanya Instruksi Meneteri Dalam Negeri No: 507/3203/SJ tentang percepatan pemberian izin dan non izin berusaha, serta adanya surat edaran Gubernur Lampung nomor: 507/1116/11.06/2012 tentang efektifitas penanaman modal di daerah. "Atas dasar itulah kami berupaya agar KPMP Lampura dapat berusbah menjadi suatu badan," katanya.

lampung.tribunnews.com

Masyarakat Ingin Ada Poslantas Di Jalur Dua Jalan Jendral Sudirman

Jalan Jenderal Sudirman Kotabumi Lampung Utara
Mesti Ada Poslantas di Jalur Dua Sudirman

Sejumlah warga di Kotabumi, Lampung Utara meminta agar dibuat pos pengawasan polisi lalu lintas yang ditempatkan di jalur dua Jalan Jendral Sudirman, Kotabumi, Lampura. Salah satunya Jefri Ariyandi warga Tanjung Aman, Lampura. Menurutnya, setiap persimpangan yang intensitas arus keluar masuk kendaraan ramai bisa ditempatkan pos kecil khusus pengawasan Polisi Lalu Lintas.

Ia menerangkan ada beberapa tempat yang menurut dirinya harus dipasang pos kecil untuk pengawasan polisi, seperti di persimpangan menuju Jalan Pahlawan (depan kantor pemkab) dan di samping Ramayana.

Dijelaskannya, pada persimpangan jalan tersebut itensitas kendaraan keluar masuk cukup banyak apalagi jalur jalan perwakilan (samping Ramayana), memiliki beberapa sekolah. Jika waktu pagi dan sore hari kesemrawutan di jalan itu cukup parah. "Pengendara masih banyak yang tidak mengindahkan rambu-rambu yang ada. Salah satu contoh traffic light yang terpasang di depan pemda. Dalam keadaan lampu merah, masih saja ada pengendara yang menerobos lampu tersebut. Perilaku seperti itu dapat membahayakan diri sendiri serta pengendara lain," jelasnya, Rabu (14/11/2012).

lampung.tribunnews.com

Sejarah Perkembangan Teknologi Robot

Robot
Dalam kehidupan masyarakat modern, istilah Robot sudah terasa begitu akrab. Meskipun kehadirannya mungkin masih jarang dijumpai di banyak tempat. Tapi setidaknya akan segera paham jika disebutkan tentang robot. Sementara, bagi kebanyakan orang, robot seringkali diartikan sebagai mesin berbentuk manusia yang bisa melakukan gerakan atau tindakan seperti manusia. Ini merupakan imej yang ditimbulkan oleh kebanyakan film bergenre science fiction.

Lalu definisi robot itu sendiri bagaimana? Menurut situs inventors.about.com robot adalah merupakan perangkat otomatis yang menyelenggarakan fungsi yang biasanya dianggap berasal dari manusia atau sebuah mesin yang berbentuk manusia. Mungkin sebuah definisi yang kurang tepat karena ada beberapa robot yang tidak berbentuk menyerupai manusia atau bagian dari organ manusia maupun menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang semula dilakukan oleh manusia meskipun sebagian besar tujuan penciptaan robot adalah untuk itu. Karena kenyataannya robot-robot yang telah berhasil dibuat dan kemudian menjadi terkenal, justru bukan robot yang menyerupai bentuk tubuh atau bagian organ manusia. Misalnya robot anjing AIBO ERS-210 yang dibuat oleh perusahaan SONY.

Berawal dari sebuah cerpen

Sejak kapan manusia mengenal robot? Konon kabarnya, istilah robot pertama kali dipopulerkan dalam sebuah cerita pendek (cerpen) yang berjudul Runaround, ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sebenarnya istilah robot sudah digunakan oleh Karel Capek, seorang penulis drama dari Cekoslovakia. Cerpen itu bercerita tentang robot therapy. Terinspirasi pada cerpen Runaround, Joseph Weizenbaum, seorang profesor di Institut Massachusetts, membuat program Eliza pada tahun 1966. Ada sekitar 240 baris kode yang dibuat oleh Weizenbaum untuk mensimulasikan sebuah psikotherapy.

Ternyata bukan hanya Prof. Weizenbaum saja yang terobsesi dengan cerpen Runaround hasil karya Asimov itu. Sepuluh tahun sebelum Prof. Weizenbaum membuat program Elilza, George Devol dan Joseph Engelberger sudah lebih dulu membahas tentang pembuatan robot berdasarkan ide cerita dari cerpen Runaround tersebut. Mereka berdua selanjutnya mendirikan perusahaan yang diberi nama Unimation, singkatan dari istilah Universal Automation. Unimation menjadi perusahaan pertama di dunia yang menghasilkan robot secara komersial. Bahkan kabarnya perusahaan ini sampai sekarang masih terus berproduksi.

Periode Teknologi Robot

Meskipun ada sebagian yang mungkin tidak bisa didefinisikan sebagai robot, tapi hasil-hasil pencipataan yang disusun berdasarkan urutan kurun waktu dibawah ini dianggap sebagai perkembangan dari cikal bakal teknologi robot.
  • Tahun 270 sebelem masehi, Ctesibus, pada jaman Yunani kuno telah membuat organ-organ dan jam air yang dapat membuat gerakan-gerakan tertentu.
  • Tahun 1818, Mary Shelley menulis novel "Frankenstein" yang terkenal dan menyeramkan itu. Cerita tentang manusia yang diciptakan oleh Dr Frankenstein.
  • Tahun 1921, Istilah "robot" pertama kali digunakan dalam sebuah drama berjudul "RUR" atau "Rossum's Universal Robot" yang ditulis oleh penulis dari Ceko, Karel Capek. Secara sederhana drama ini mengkisahkan tentang manusia yang membuat robot dan pada akhirnya robot itu membunuh manusia yang membuatnya.
  • Tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata "robot" untuk menggambarkan teknologi robot dan meramalkan munculnya robot industri yang kuat.
  • Tahun 1942, Asimov menulis "Runaround", cerita tentang robot dan memperkenal "Tiga Hukum Robot".
  • Tahun 1948, Cybernetics", sebuah hasil tulisan tentang pengaruh pada kecerdasan buatan yang diterbitkan oleh Norbert Wiener. Pada masa itu juga seorang perintis teknologi robot di Inggris, William Grey Walter menciptakan robot sederhana yang diberi nama Elmer dan Elsie yang meniru perilaku manusia hidup dengan menggunakan elektronik.
  • George Devol dan Joseph Engleberger menciptakan robot lengan yang diprogram untuk pertama kalinya dan menciptakan istilah Universal Otomasi untuk pertama kalinya juga.
  • Tahun 1956, George Devol dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan penghasil robot pertama di dunia. Pada tahun ini juga sebuah robot elektronik berbentuk tupai dan diberi nama Squee diciptakan.
  • Tahun 1959, Computer Assisted Manufacturingg telah didemonstrasikan di Laboratorium Servomechanisms di MIT.
  • Tahun 1961, robot industri pertama diperagakan di pabrik mobil General Motors di New Jersey. Robot itu dinamakan UNIMATE.
  • Tahun 1963, robot lengan buatan yang dikontrol oleh computer pertama kali dirancang. Lengan (tangan) robot ini dirancang sebagai alat bagi penyandang cacat dengan kelengkapan enam sendi yang memberikan fleksibilitas lengan manusia.
  • Tahun 1965, pembuatan system canggih yang pertama dan disebut DENDRAL. Program ini dirancang untuk melaksanakan akumulasi pengetahuan dari subjek ahli.
  • Tahun 1968, Marvin Minsky membuat lengan tentakel yang dinamakan Octopus.
  • Tahun 1969, pembuatan lengan Stanford yang digerakkan oleh tenaga listrik. Lengan robot ini dikendalikan oleh komputer.
  • Tahun 1970, kemunculan robot Shakey yang disebut-sebut sebagai mobile robot yang pertama yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan. Robot ini dibuat oleh SRI International.
  • Tahun 1974, perancangan lengan robot yang bekerja berdasarkan umpan balik dan sensor tekanan. Robot yang disebut dengan nama Silver Arm ini digunakan untuk perakitan komponen-komponen di bidang industry.
  • Tahun 1979, pertama kalinya didemonstrasikan kemampuan sebuah robot yang berlalu lalang di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan kursi. Robot yang diberi nama Stanford ini dapat menghindari menabrak kursi-kursi yang diletakkan secara acak di ruangan tersebut. Robot ini dilengkapi dengan kamera yang menyampaikan gambar medan laluan ke komputer. Selanjutnya komputer memperhitungkan jarak benda dan hambatan yang ada pada medan.
Pada kurun waktu berikutnya penciptaan robot sudah bisa didapatkan melalui informasi yang banyak dipublikasikan oleh media massa. Silahkan Anda mencari informasi tersebut melalui media elektronik atau media cetak.

inventors.about.com

Selasa, 13 November 2012

Memahami Gempa Bumi

Gempa Tektonik
Beberapa daerah di tanah air sering dilanda bencana gempa bumi. Kerugian yang diakibatkan sudah sangat besar, meliputi korban jiwa manusia dan harta benda. Bencana gempa bumi yang terjadi secara beruntun ini bisa dikatakan sebagai bencana alam nasional seperti bencana tsunami yang melanda Aceh dan sekitarnya beberapa tahun yang lalu. Ini murni bencana karena alam dan bukan karena ulah manusia seperti misalnya bencana banjir yang umumnya disebabkan karena penggundulan hutan oleh manusia itu.

Karena seringnya di banyak kawasan di negeri kita yang dilanda gempa, mungkin ada baiknya kita lebih berusaha memahami seluk beluk gempa. Menurut Wikipedia, gempa bumi didefinisikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi di permukaan bumi yang dikarenakan beberapa penyebab. Umumnya ada tiga faktor penyebab timbulnya gempa bumi. Dan biasanya penamaan jenis gempa bumi disesuaikan dengan penyebabnya juga.

Gempa Tektonik
Gempa tektonik bisa terjadi disebabkan adanya pergeseran, pergerakan, dan benturan pada lempeng lapisan terluar (kerak) bumi. Seperti kita ketahui, bumi terdiri atas beberapa lapisan. Lapisan paling atas adalah yang paling keras, semakin kedalam lapisan semakin lunak bahkan cair (magma). Secara logika, lapisan keras yang berada pada permukaan seperti terapung menutupi lapisan cair pada bagian bumi yang lebih dalam. Lapisan luar yang keras pada bumi ini sering disebut dengan nama lempengan bumi. Lempengan bumi ini sewaktu-waktu akan bergerak karena tarikan dan tekanan yang secara alami diperlukan untuk menstabilkan permukaan bumi. Umumnya pegerakannya kecil saja. Tapi berhubung mencakup daerah yang sangat luas, pergerakan kecil tersebut menimbulkan energi yang besar sehingga menimbulkan getaran atau goncangan yang besar juga. Dan terjadilah gempa bumi seperti yang baru-baru ini melanda Padang.

Gempa Vulkanik
Gempa vulkanik terjadi karena adanya aktifitas gunung berapi. Secara teori, gunung berapi adalah lubang tempat keluarnya magma dari dalam perut bumi. Pada saat sebuah gunung berapi meletus, bisa menimbulkan energi yang sangat besar hingga menggoncangkan permukaan bumi di sekitarnya. Kita bisa membayangkan seberapa besar energi yang tercipta karena letusan gunung berapi mampu melontarkan ribuan bahkan jutaan ton material dari perut bumi melalui lubang kawahnya. Tapi dilaporkan jarang sekali gempa bumi yang terjadi karena letusan gunung berapi. Contoh letusan gunung berapi yang sangat besar adalah saat meletusnya gunung Krakatau di selat Sunda pada tahun 1883. Begitu dahsyatnya letusan gunung tersebut hingga suara letusannya bisa terdengar sampai ribuan kilometer jauhnya. Menurut kabar hingga 5.000 kilometer. Karena gunung Krakatau terletak di selat Sunda, letusannya menimbulkan gelombang tsunami setinggi 36 meter! Letusan dahsyat tersebut menelan korban 36.000 jiwa manusia.

Gempa Longsoran / Runtuhan
Gempa jenis ini terjadi karena terjadinya goa besar dalam tanah yang tiba-tiba runtuh, atau karena terjadinya tanah longsor dalam skala besar yang energinya bisa mengakibatkan goncangan pada permukaan bumi. Jenis gempa bumi inipun jarang terjadi. Seandainya ada, kerugian yang ditimbulkannya pun tidak sebesar seperti jika terjadi gempa tektonik dan gempa vulkanik karena radius bencananya sangat sempit.

Skala Ritcher

Untuk mengukur atau menyatakan kekuatan gempa bumi digunakan Skala Ritcher. Skala pengukur kekuatan gempa ini dibuat dan dikembangkan oleh Charles Francis Ritcher pada tahun 1935. Sebelum penggunaan Skala Ritcher menjadi populer, orang lebih dulu mengenal skala pengukuran gempa yang dibuat oleh de Rossi pada tahun 1880-an dan Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Namun keduanya masih menggunakan skala kualitatif berdasarkan tingkat kerusakan bangunan setelah terjadi gempa bumi. Tentu saja ini hanya bisa diterapkan di tempat yang ada bangunannya dan sangat tergantung dari jenis material pembuat bangunannya.

Skala Ritcher dikenal juga dengan sebutan Skala Magnitudo Lokal (ML). Secara garis besar, skala Ritcher membagi kekuatan gempa pada 10 tingkatan dimana pada skala 1 adalah gempa dengan kekuatan paling lemah dan pada skala 10 adalah gempa dengan kekuatan yang paling besar. Tapi pada kasus gempa tertentu, digunakan juga skala yang melebihi tingkatan skala 10, misalnya hingga 13,0 Skala Ritcher. Tapi gempa bumi seperti itu sangat jarang terjadi dan umumnya gempa bumi yang pernah terjadi di masa lampau.

Berikut ini merupakan penggambaran kekuatan gempa bumi menurut Skala Ritcher dengan urutan kolom: Angka Skala Ritcher : Deskripsi Gempa : Dampak yang diakibatkan.

Kurang dari 2,0 : Mikro : Tidak terasa getaran / goncangan
2,0 – 2,9 : Minor : Umumnya tidak terasa dan hanya tercatat pada mesin seismograf
3,0 – 3,9 : Minor : Bisa dirasakan tapi jarang menyebabkan kerusakan
4,0 – 4,9 : Light / Ringan : Menyebabkan beberapa benda menjadi bergerak, menimbulkan suara berderak, kerusakan minimal
5,0 – 5,9 : Moderat / Menengah : Menyebabkan kerusakan yang serius pada bangunan yang tidak terlalu kokoh
6,0 – 6,9 : Kuat : Menimbulkan kerusakan serius hingga pada kawasan dengan luas radius 160 kilometer
7,0 – 7,9 : Besar : Menyebabkan kerusakan kawasan hingga diatas radius 160 kilometer
8,0 – 8,9 : Hebat : Menimbulkan kerusakan serius pada luas daerah hingga radius ratusan mil
9,0 – 9,9 : Hebat : Menibulkan bencana yang hebat hingga meliputi kawasan seluas radius ribuan mil
10,0 + : Epic : Kerusakan yang terjadi setara dengan akibat dari ledakan bom dengan kekuatan antara 1 tera ton TNT hingga 100 tera ton TNT.

Gempa datang tanpa tanda. Tidak seperti hujan-badai yang didahului langit gelap, awan hitam, petir menyambar-nyambar, dan suasana muram. Gempa seperti pekerjaan besar yang dilakukan secara diam-diam dan misterius. "Belum bisa diramalkan kapan datangnya," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono.

Cara terbaik menyikapi potensi gempa adalah dengan meningkatkan kewaspadaan. Indonesia dikepung tiga lempeng tektonik dunia, juga merupakan jalur cincin api Pasifik. Kenyataan ini menempatkan Indonesia sebagai negeri yang rentan terkena gempa bumi. Tercatat 28 wilayah di Indonesia dinyatakan rawan gempa bumi yang bersifat merusak.

Menurut Kepala Pusat Gempa dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Fauzi, pada dasarnya, aktivitas gempa tidak melukai dan membunuh. Namun, lanjut Fauzi, efek yang ditimbulkan gempalah yang berpotensi melukai dan merenggut nyawa makhluk hidup. "Rumah dan bangunan-bangunan yang tidak kuat dan infrastruktur fisik yang tidak tahan gempa, itu yang mengkhawatirkan," kata Fauzi.

Kesadaran masyarakat Indonesia atas bahaya gempa terhitung masih sangat rendah. Untuk itu, diperlukan kerja keras guna mengubah paradigma masyarakat mengenai "tradisi" gempa dan sosialisasi tentang persiapan menghadapi situasi darurat serta langkah-langkah darurat ketika gempa terjadi.

Teknologi Ramal Gempa

Upaya mencari teknologi untuk meramalkan gempa bumi dilakukan ahli geologi dari pelbagai negara. Seperti dilansir Reuters, ahli geologi dari National Taiwan University mengklaim telah menemukan alat pendeteksi gempa bumi. Alat itu diklaim hanya memerlukan waktu sekitar 30 detik untuk menganalisis bencana yang akan terjadi.

Alat berbahan logam itu juga diklaim mampu menganalisis ukuran kekuatan gempa dan memperkirakan waktu terjadinya gempa. Caranya, dengan mendeteksi tanda-tanda gempa bumi. Menurut seorang peneliti, Wu Yih-min, harga alat tersebut hanya US$ 302 atau sekitar Rp 3,4 juta.

Meski begitu, alat itu diakui masih harus melalui uji coba tahap akhir, yakni menghubungkannya dengan sistem komputer. Temuan itu juga masih diragukan para ahli. Menurut Kepala Bidang Geodinamika dan Geodesi Bakorsurtanal, Cecep Subarya, belum ada satu pun alat bikinan manusia yang bisa meramalkan gempa.

Adapun yang telah tersedia, kata Cecep, adalah alat untuk mendeteksi pergerakan lempengan bumi dan sistem peringatan dini tsunami yang bekerja setelah gempa terjadi. Kini Indonesia memiliki empat alat sensor terkait gempa. Yakni sensor tsunami early warning system yang dikoordinasi BMKG. Juga sensor seismoneter untuk menentukan kedalaman gempa dan besaran gempa serta sensor GPS untuk memonitor perubahan elastis bumi bila terjadi gangguan oleh gempa, yang dikelola Bakorsurtanal. Ditambah lagi sensor pasang surut laut, yang dikelola BPPT.

Dengan empat alat canggih itu, para ahli masih sulit memprediksi terjadinya gempa bumi. Hal ini disebabkan karakteristik dan struktur batuan yang berbeda-beda. Selain empat alat sensor itu, Bakorsurtanal dan BMKG juga melakukan penelitian menggunakan alat bernama Superconducting Gravimeter. Alat ini merupakan bagian dari Global Geodynamics Project.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Fauzi, menyatakan bahwa alat itu digunakan untuk mengukur perubahan gaya berat dan belum digunakan secara operasional untuk memprediksi gempa bumi. ?Masih sebatas penelitian,? kata Fauzi kepada Sandika Prihatnala dari Gatra. Superconducting Gravimeter dioperasikan BMKG untuk mengukur variasi tingkat gaya tarik tersebut selama 24 jam.

Selain itu, alat ini juga digunakan untuk memantau perilaku kerak bumi yang dipengaruhi konstelasi bumi terhadap planet lain yang berperan dalam memicu gempa bumi. Meski belum mampu mendeteksi kapan dan seberapa hebat terjadinya gempa bumi, data yang diperoleh dari alat-alat itu diharapkan bisa digunakan untuk mengalkulasi kemungkinan terjadinya gempa.

wikipedia.org, geohaz.org, gatra.com