Cari di Blog Ini

Senin, 30 Juli 2012

Energi Alternatif Dari Biji Alpukat Berhasil Dikembangkan Mahasiswa Undip

Energi Alternatif Biji Alpukat
Undip kembangkan energi alternatif dari biji alpukat

Tiga mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang berhasil mengembangkan sumber energi alternatif berupa biodiesel dari biji alpukat melalui proses transesterifikasi. "Biji alpukat yang dianggap limbah oleh masyarakat Indonesia ternyata ditangan mahasiswa D3 Teknik Kimia Undip mampu dikonversi menjadi biodiesel," kata Kepala Humas Undip Agus Naryoso melalui siaran pers, Jumat (27-7-2012).

Siaran pers itu menyebutkan, tiga mahasiswa D3 Teknik Kimia Undip, yaitu Esthu Nurhikmayati, Tyas Surya dan Hana Tris, menjadi juara III dalam Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Karya ketiga mahasiswa itu diharapkan bisa menjadi solusi kelangkaan energi yang sedang dirasakan masyarakat Indonesia.

Esthu Nurhikmayati mengatakan selama ini masyarakat sering menganggap biji jarak sebagai sumber energi alternatif untuk biodiesel. Padahal, kandungan trigleserida, yang merupakan komponen utama biodiesel, biji alpukat lebih banyak dibanding biji jarak. Pembuatan biodiesel dari biji alpukat melalui proses transesterifikasi, yaitu penambahan basa kuat seperti NaOH ke dalam minyak biji alpukat, katanya.

Menurut Esthu selama ini masyarakat hanya memanfaatkan alpukat dari daging buahnya saja, sementara bijinya hanya menjadi limbah. Padahal, biji buah alpukat ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Esthu mengatakan dengan kandungan trigliserida yang lebih tinggi dari pada biji jarak, biji alpukat lebih bernilai ekonomis. Menurut dia, pemanfaatan biji alpukat bisa mengurangi limbah dari buah alpukat. Pihaknya berharap gagasan ini membuat masyarakat memiliki pilihan baru terhadap bahan bakar alternatif.

Dengan penelitian itu, mereka juga berharap masyarakat dapat menggunakan bahan bakar yang dapat terbarukan dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan gas.

www.antaranews.com

Jumat, 20 Juli 2012

Benua Afrika Yang Kering Ternyata Memiliki Cadangan Air Bawah Tanah Melimpah

Afrika
Afrika ternyata punya cadangan air besar

Para ilmuwan mengatakan benua Afrika yang kering berada di atas cadangan air tanah yang besar. Mereka mengatakan volume total air di bawah tanah 100 kali lebih besar dari yang ditemukan di permukaan. Tim itu telah membuat peta yang merinci skala dan potensi sumber air tersembunyi tersebut.

Dalam tulisan di jurnal Environmental Research Letters, mereka menekankan bahwa pengeboran berskala besar bukan jalan terbaik untuk meningkatkan persediaan air.

Di seluruh Afrika terdapat lebih dari 300 juta orang yang tidak memiliki akses ke air minum yang aman. Kebutuhan air dipastikan bertambah dalam beberapa dekade mendatang seiring pertumbuhan populasi dan keperluan irigasi lahan.

Danau dan sungai air tawar sering mengalami banjir atau kekeringan sehingga tidak sepenuhnya bisa diandalkan untuk konsumsi atau pertanian. Saat ini hanya 5% lahan yang mendapai irigasi.

Kini para ilmuan untuk pertama kalinya dapat melaksanakan analisa benua terhadap air yang tersembunyi di bawah permukaan. Para ilmuan dari Survey Geologi Inggris (BGS) dan University College London telah memetakan jumlah dan potensi dari cadangan air tersebut.

Helen Bonsor dari BGS adalah salah satu penulis artikel itu. Ia mengatakan hingga saat ini air tanah itu masih belum terlihat dan ia berharap peta itu dapat membuka mata dunia terhadap potensinya. "Ada cadangan air yang sangat besar di Afrika Timur yaitu di Libia, Aljazair dan Chad. Jumlahnya sama dengan 75m ketebalan air di seluruh wilayah itu, sangat besar," kata dia.

Peristiwa kuno

Berdasarkan perubahan iklim yang mengubah Sahara menjadi gurun pasir dalam beberapa abad, terakhir kalinya ceruk air bawah tanah terisi penuh adalah 5.000 tahun silam.

Para ilmuan mengumpulkan informasi dari peta hidro-geologi dari pemerintah negara-negara Afrika dan 283 studi. Mereka mengatakan peta baru itu mengindikasikan bahwa banyak negara yang mengalami kekeringan ternyata memiliki simpanan air. Namun mereka menganjurkan masyakat menggunakan pompa air manual biasa dan bukan pengeboran agar cadangan tersebut tidak cepat habis. Menurut Helen Bonsor, terkadang cara ekstraksi yang lebih lambat bisa lebih efisien.

www.bbc.co.uk

Sabtu, 14 Juli 2012

Energi Listrik Dari Kaos Oblong

Kaos Oblong
Isi baterai ponsel dengan kaos

Para ilmuan di Universitas Carolina Selatan menemukan cara untuk menggunakan kaos oblong murah sebagai media penyimpan tenaga listrik. Penemuan ini dapat membuka jalan bagi teknologi pakaian yang sekaligus berfungsi untuk mengisi baterai telepon seluler (ponsel) dan peralatan elektronik lainnya.

Para ahli memprediksi bahwa teknologi baru ini meliputi ponsel dan laptop gulung yang akan segera dipasarkan. Penemuan ini juga menjawab tuntutan "simpanan energi fleksibel," kata professor yang berada di balik proyek ini.

Xiaodong Li, profesor teknik mesin di universitas itu bekerja sama dengan peneliti pasca doktor Lihong Bao untuk mencari caranya. Pasangan ini menulis hasil riset mereka di jurnal Advanced Materials. Mereka menggunakan kaos oblong dari toko diskon lokal, yang direndam dalam cairan fluorida, mengeringkan dan memanggang kaos di lingkungan bebas oksigen dalam suhu tinggi.

Bahan hibrida

Serat dalam bahan dikonversi dari selulosa untuk mengaktifkan karbon selama proses terjadi, tetapi material itu tetap bersifat fleksibel. Dengan menggunakan bagian-bagian kecil bahan sebagai elektroda, para peneliti menunjukkan bahwa material itu bisa berfungsi sebagai kapasitor.

Kapasitor menyimpan daya listrik dan merupakan komponen dari setiap alat elektronik yang ada di pasar. Dengan melapisi serat-serat individual dari bahan yang sudah terkarbonisasi dengan mangan oksida, kemampuan elektroda itu semakin tinggi.

Uji coba menunjukkan kaos tersebut dapat diisi ulang hingga ribuan kali. "Hal ini menciptakan kapasitor super yang stabil. Setiap hari kita memakai bahan. Suatu hari nanti kaos oblong katun kita akan memiliki fungsi-fungsi tambahan, misalnya sebagai alat penyimpan energi yang dapat menambah daya ponsel atau iPad anda," kata Prof Li.

www.bbc.co.uk

Dokumen Rahasia Laporan Tentang UFO Tak Pernah Dipelajari Serius Oleh Inggris

UFO. Kotabumi Lampung Utara
Pemerintah Inggris membuka berbagai dokumen ke publik soal penampakan dan investigasi keberadaan piring terbang atau UFO. Tercatat ada 25 berkas dokumen milik Arsip Nasional yang sekarang bisa diakses oleh masyarakat, termasuk dokumen penjelasan UFO kepada Perdana Menteri Tony Blair dan keberadaan unit kerja pemerintah yang secara khusus membidangi piring terbang. Unit tersebut ditutup pada 2009 dan salah seorang mantan pegawai unit ini mengatakan tidak benar bahwa timnya bersifat sangat rahasia.

Ia menambahkan bahwa timnya sama sekali tidak bekerja seperti agen-agen rahasia di film X-Files. Yang dilakukan unit ini, kata dia, adalah menyediakan bahan penjelasan bagi para pejabat di Kementerian Pertahanan soal posisi pemerintah tentang UFO, investigasi masalah ini, dan berhubungan dengan para ahli UFO.

Beberapa kasus yang didalami oleh unit UFO tersebut di antaranya penampakan piring terbang di atas stadion Chelsea di Stamford Bridge yang dilaporkan oleh seorang anggota polisi dan 'kunjungan tiga mahluk asing' ke sebuah rumah di daerah Lincolnshire, di Inggris timur.

Sinyal radio asing

Menurut berkas ini, seorang pemilik hotel di Wales, di Inggris barat daya, melaporkan pendaratan piring terbang dan kegiatan beberapa penumpang piring terbang tersebut mengukur satu ladang di kawasan tempat ia tinggal.

Meski unit pemerintah ini tidak memilii bukti kuat bahwa UFO memang benar-benar mengunjungi Bumi, pegawai di unit ini menganalisis bahwa kunjungan oleh UFO mungkin disebabkan oleh tiga faktor. Yang pertama pengintaian militer, yang kedua penelitian ilmiah, dan yang ketiga kunjungan wisata.

Dalam berkas yang disiapkan untuk Kementerian Pertahanan pada 1979 disebutkan bahwa pemerintah tidak sekalipun menangkap sinyal radio dari mahluk angkasa luar.

Berbagai dokumen resmi soal UFO ini bisa diakses publik setelah seorang penulis dan dosen Inggris bernama David Clarke meminta pembukaan dokumen berdasarkan undang-undang kebebasan informasi. "Kita sekarang tahu laporan-laporan apa saja yang masuk ke pemerintah dan bagaimana pemerintah menanggapi berbagai laporan soal penampakan UFO," kata Clarke.

Arsip pemerintah Inggris tentang UFO

Arsip pemerintah mengenai UFO yang baru disiarkan menunjukkan lemahnya keinginan dan sumber daya untuk mempelajari ribuan laporan penampakan UFO. Arsip Kementerian Pertahanan Inggris yang disiarkan meliputi laporan penampakan UFO dari 1985 sampai 2007. Dalam salah satu arsip, seorang perwira militer memperkirakan akan malu jika masyarakat menemukan "kurangnya dana dan adanya prioritas lebih tinggi" sebagai alasan menghentikan penyelidikan UFO.

Arsip ini dapat diunduh secara gratis selama sebulan dari situs National Archives Inggris. Dari 34 dokumen itu salah satunya mengenai penampakan sinar di atas Glastonbury dan "piring terbang" di Nottinghamshire.

Piring terbang

Disebutkan, Alex Birch mengontak Kementerian Pertahanan setelah mendapatkan serangkaian gambar apa yang disebut "piring terbang" di atas gedung kotapraja Retford, Nottinghamshire. Bulan Juli 2004, kementerian mengirimkan gambar itu ke Defence Geographic and Imagery Intelligence Agency (DGIA). Laporan badan itu adalah "tidak ada kesimpulan pasti berdasarkan analisa foto itu". Namun menambahkan "Kemungkinan sinar pesawat melalui pusat kamera yang menunjukkan adanya anomali lensa seperti titik embun."

Dokumen lainnya berasal dari kesaksian pensiunan pengontrol pesawat tempur angkatan udara tahun 2001 dan pejabat kementerian pertahanan tahun 1956 mengenai insiden UFO di Suffolk.

Memergoki UFO

Freddie Wimbledon, mantan pegawai angkatan udara, mengatakan pesawat tempur memergoki sebuah UFO di radar dan orang-orang di pangkalan Lakenheath juga mengetahuinya. Dia mengatakan UFO itu dilaporkan menempel sebuah pesawat tempur dan "mengikuti setiap gerak" sebelum pergi dengan "kecepatan luar biasa". Pensiunan pejabat kementerian pertahanan Ralph Noyes melukiskan gambar UFO diambil dari pesawat "menggeliat di langit".

Arsip lain melukiskan penampakan tahun 2003 di depan seorang ibu dan anaknya dengan UFO "berbentuk cacing menggeliat di langit" di East Dulwich di London tenggara. Dalam kesaksikan mereka di kementerian pertahanan, disebutkan dua pria "berpakaian angkasa luar dan berkaca mata hitam yang mengaku Mork dan Mindy" bergabung dengan polisi untuk melihat tempat kejadian. Dalam sebuah surat wanita itu mengeluh mereka "dibuat terlihat tolol dan ceritanya tidak dipercaya". Polisi mengatakan kepada pejabat kementerian pertahanan bahwa mereka tidak melihat apapun di langit dan "menyimpulkan kemungkinan refleksi sebuah bintang dan lampu jalan di jendela rumahnya".

Tak dipelajari

Konsultan Arsip Nasional Inggris Dr David Clarke mengatakan, kini saatnya menyiarkan data itu. "Salah satu arsip paling menarik dalam dokumen ini adalah laporan perwira intelijen yang mengatakan meskipun ribuan laporan yang mereka terima sejak Perang Dunia Kedua, mereka tidak pernah mempelajari atau menghabiskan dana atau waktu untuk masalah ini," katanya.

Memo internal dari komandan intelijen DI55 tertanggal 5 Juli 1995 menyebutkan, penggambaran media atas DI55 sebagai "pembela bumi dari alien jahat" adalah "jauh dari benar". Arsip itu menunjukkan pejabat khawatir jika ketertarikan intelijen atas UFO diungkapkan akan menyebabkan "ketidakpercayaan dan malu karena sebagian kecil yang tahu bahwa kurangnya dana dan prioritas lebih tinggi telah mencegah studi ribuan laporan yang diterima."

Bagaimanapun seorang mantan penyelidik UFO Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan arsip itu mencerminkan perdebatan mengenai signifikansi laporan penampakan UFO. "Hal menarik dari arsip ini adalah adanya perdebatan besar dalam masyakarat mengenai UFO. Memang menarik, apakah kita dikunjungi alien atau ini hanya omong kosong?," tutur Nick Pope, yang bekerja untuk Kementerian Pertahanan antara 1991 sampai 1994.

www.bbc.co.uk

Rabu, 04 Juli 2012

Virus DNSChanger, Cara Mendeteksi Dan Membersihkannya Dari Komputer Yang Terjangkit

Virus DNSChanger. Kotabumi Lampung Utara
Virus DNSChanger menyebar dengan cepat ke jutaan komputer dengan memanfaatkan internet. Berikut tips untuk mengetahui apakah komputer Anda tejangkit virus ini atau tidak.

DNSChanger memang bisa dikategorikan sebagai salah satu virus berbahaya. Dengan memanfaatkan kelengahan pengguna ketika browsing, virus ini sudah hinggap di lebih dari 4 juta komputer di 11 negara. "Penyebarannya paling besar di Amerika Serikat, kalau di Indonesia tidak banyak, paling sekitar 50 ribu," jelas Alfons Tanujaya, pakar antivirus dari Vaksincom.

Nah, ternyata ada cara yang cukup mudah untuk mengetahui apakah komputer Anda terjangkit DNSChanger atau tidak. Yakni menggunakan situs khusus yang dibuat oleh kelompok kerja DNS Changer. Caranya?

Buka web browser (misalnya Internet Explorer, Firefox, Chrome, atau Safari) kemudian akses salah satu situs di bawah ini:
  • http://dns-ok.us
  • http://dns-ok.de
  • http://dns-ok.ax/index_en.html
  • http://dns-ok.fi/index_en.html
Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Namun bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal.

Lalu bagaimana jika hasilnya adalah 'positif'? Komputer atau router yang terjangkit DNSChanger bisa disembuhkan dengan beberapa cara berikut ini:

Komputer :
  1. Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.
  2. Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan database software security.
  3. Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi antivirus yang paling update, baik versi gratisan ataupun berbayar.
  4. Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.
Broadband Router :
  • Disarankan untuk mengikuti dokumentasi yang disediakan oleh vendor untuk mereset settingan DNS server dan mengubah password default admin.
inet.detik.com