Cari di Blog Ini

Sabtu, 01 Desember 2012

Harga Daging Sapi Di Lampung Utara Belum Dinaikkan Para Pedagang

Pasar Pagi Kotabumi Lampung Utara
Pedagang Enggan Naikkan Harga Daging Sapi

Meski harga daging sapi yang diperoleh dari pemasok mengalami kenaikan, namun sejumlah pedagang di Lampung Utara enggan menaikan harga. Alasannya, mereka khawatir ditinggalkan konsumennya. Saat ini harga jual daging sapi di sejumlah pasar berkisar antara Rp 75 ribu-Rp 85 ribu per kg.

Kuncung, seorang pedagang daging sapi di Pasar Pagi Kotabumi, Lampung Utara, mengatakan daging sapi yang diperolehnya berasal dari Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara, dan Humas Jaya, Lampung Tengah. "Kami menjual daging sapi bervariasi, untuk kualitas super dijual dengan harga Rp 80 ribu hingga Rp 85 ribu per kilogram. Sementara daging kualitas biasa dijual dengan harga Rp 75 ribu per kilogram," ujarnya, Jumat (30/11).

Dia menambahkan, saat ini ia dan sejumlah pedagang daging sapi lainnya menjualnya dengan stok terbatas. Pasalnya, daging yang mereka peroleh harganya mengalami kenaikan. "Karena harga daging dari pemasok mahal, maka kami berinisiatif mengurangi stoknya," ucapnya.

Menurutnya, untuk satu ekor sapi dengan ukuran biasa, mereka beli dengan harga berkisar Rp 7-8 juta per ekor, sementara untuk sapi dengan ukuran besar seharga Rp 10-15 juta per ekor. Dia menjelaskan bahwa pembeli daging kebanyakan penjual bakso. Mereka membeli daging dengan kualitas biasa, seperti daging tipis, tulang kaki, rusuk ataupun jeroan. "Saya mengharapkan, semoga kelangkaan daging ini cepat selesai. Sebab terbatasnya sapi yang saya beli dari pemasok dan sedikitnya yang dapat mereka jual ke pembeli, tentu sedikit pula keuntungan yang saya dapatkan," kata Kuncung, yang mengaku telah 20 tahun berjualan daging sapi.

lampung.tribunnews.com