Cari di Blog Ini

Selasa, 06 November 2012

STKIP Muhammadiyah Kotabumi

STKIP Muhammadiyah Kotabumi
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi adalah sebuah sekolah tinggi yang berada di Jalan Hasan Kepala Ratu KM 3 Sindangsari Kecamatan Kotabumi 34517, Lampung. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara secara resmi berdiri pada tanggal 9 Maret 1975 sebagaimana tertuang dalam SK Mapendapwil Muhammadiyah Provinsi Lampung Nomor E.2/187/1975 dan dikukuhkan dengan Surat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang tertuang dalam Piagam Pendirian Perguruan Tinggi Nomor 023/III.I.P.75/1979 tanggal 19 September 1979.

Izin operasional STKIP Muhammadiyah Kotabumi Nomor 07/S/1982, tanggal 21 April 1982, diperoleh setelah diadakan evaluasi oleh Kopertis Wilayah II 19—20 Februari 1982.

Perubahan nama STIP menjadi STKIP dan peningkatan status terdaftar sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 077/O/1985 untuk Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Jenjang Pendidikan Strata Satu. Pada tahun 1990 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Strata Satu dan Pendidikan Bahasa Inggris Jenjang Diploma Tiga berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 0340/1990, tanggal 4 Mei 1990 dengan status Terdaftar.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi STKIP Muhammadiyah Kotabumi memiliki tujuan pendidikan sebagaimana yang telah dinyatakan dalam Statuta STKIPM Kotabumi 2001, yaitu:
  1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional, dan bermoral menuju terwujudnya masyarakat utama, adil, dan makmur yang diridhoi Allah Swt.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi, dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
Berdasarkan Penilaian Tim Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas pada tahun 2000 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dinyatakan “Terakreditasi” nomor 02674/SK-I-III-002/SKLPS/VI/2000. tertanggal 23 Juni 2000.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (D.III) pada tahun 1997 dinyatakan passing out. Sebagai gantinya pada tahun 1998 dibuka Program Studi Bimbingan Konseling (S.1) sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 281/Dikti/Kep/1998, tanggal 14 Agustus 1998.

Untuk mewadahi alumni D.III Pendidikan Bahasa Inggris, guru-guru bahasa Inggris yang belum berkualifikasi sarjana, dan lulusan SLTA yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang S.1 pada Tahun Akademik 2004/2005 dibuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Sampai dengan tahun 2003 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris telah memiliki staf pengajar dengan kualifikasi Strata tiga (S.3) satu orang, dan Strata dua (S.2) sebelas orang dengan jenjang jabatan akademik satu lektor kepala dan sepuluh orang lektor. Selain itu secara bertahap telah dilakukan penataran dan pengembangan dalam berbagai bidang dalam upaya ke arah persiapan pembukaan program studi Pendidikan Matematika dan Komputasi serta Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak.

Sarana Informasi:STKIP Mengudara lewat 'Melati FM'

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi (Lampura) mengoperasikan Stasiun Radio Melati FM dan internet Nusanet di Jalan Sindangsari Kotabumi, Rabu (10-4).

Stasiun radio siaran peruntukan komunintas bidang pendidikan disediakan dalam menyikapi berbagai tuntutan perkembangan pembangunan Lampung Utara.

Hadir pada pengoperasikan dua fasilitas informasi ini antara lain Wakil Bupati Lampung Utara H. Zainal Abidin, civitas perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi serta para undangan lain.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara, Drs. Irawan Suprapto, M.Pd., mengatakan peluncuran kedua jenis sarana ini serta Seminar Sehari bertajuk Sertifikasi Guru Dan Dosen merupakan salah satu upaya merealisasikan salah satu misi lembaga, yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Manfaat lain dari keberadaan fasilitas tersebut, tidak saja berguna para mahasiswa, tapi juga untuk masyarakat luas, pemerintah dan semua pihak yang memerlukan.

Wabup Zainal Abidin mengatakan apa yang telah dilakukan perguruan tinggi itu merupakan salah satu andil yang besar bagi salah satu upaya pembangunan di daerah Lampung Utara.

Terkait bidang kepenyiaran di radio, Wabup meingimbau penyiar menggunakan bahasa yang mudah dicerna masyarakat luas. Demikian juga dengan penggunaan internet jangan disalahgunakan.

Kepada para pendidik diharapkan terus berupaya meningkatkan kualitas profesinya, sehingga para mahasiswa yang kelak dihasilkan akan menjadi SDM-SDM yang berkualitas.

Dosen hendaknya proaktif bagi upaya meningkatkan profesinya, juga proaktif bagi upaya-upaya percepatan pembangunan daerah. Hal ini penting, ujar Zainal Abidin, karena harus disadari peran guru dan dosen sangatlah menentukan bagi ketersediaan SDM penerus.

Sementara itu, Ketua II STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara Zainal Abidin menjelaskan STKIP Muhammadiyah Kotabumi berdiri di atas lahan 4 hektare dengan 13 unit gedung. Meliputi ruang kuliah, perkantoran, perpustakaan, laboratorium, gedung kesiswaan, dan lain-lain.

STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara berdiri sejak tahun 1975 dan telah 11 kali mewisuda dengan jumlah alumnus hingga sekarang 2.300-an orang.n LUK/D-2

Kini mahasiswa aktif (di luar yang sedang mempersiapkan diri untuk penamatan, red) sebanyak 976 mahasiswa terdiri Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Jurusan Pendidikan Matematika. Semua jurusan sudah terakreditasi, ujarnya.

sumber : wikipedia.org