Cari di Blog Ini

Jumat, 02 November 2012

Membuat Alat Penjebak Nyamuk Sederhana

Nyamuk
Nyamuk biasanya menjadi serangga yang sangat mengganggu. Bukan sekedar mengganggu, tapi juga membahayakan karena bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit. Misalnya penyakit malaria, demam berdarah, kaki gajah, chikungunya dan sejenisnya. Namun jangan khawatir, ada cara murah dan mudah untuk memberantas keberadaan nyamuk di sekitar kita.

Dibawah ini dipaparkan cara membuat salah satu alat penjebak nyamuk yang cukup mudah untuk membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyediakan wadah berukuran sedang (mangkuk, gelas, kaleng, atau benda sejenis), kain kasa nyamuk, benda pengikat (karet gelang, tali kecil, benang), dan air tawar secukupnya. Berikut penjelasan cara membuat alat penjebak nyamuk sederhana tersebut:
  1. Sediakan gelas, mangkuk, atau wadah lain yang memungkinkan air bersih dapat menggenang disana.
  2. Isi dengan air hingga penuh wadah tersebut. Hal ini agar nyamuk mudah meletakkan telurnya pada wadah yang sengaja disiapkan tersebut.
  3. Tutup wadah dengan kain kasa nyamuk yang biasa kita gunakan di jendela atau lubang-lubang angin untuk menghalangi masuknya nyamuk.
  4. Kain kasa nyamuk usahakan menyentuh air dan beri pengikat agar kassa selalu dalam keadaan menegang jadi air bisa (cukup) menyentuh permukaan kasa. Jika kondisi kain kasa tidak menegang, akan menimbulkan cekungan air. Ini tidak dianjurkan.
  5. Letakkan wadah tersebut ditempat-tempat yang cukup gelap, seperti dibawah tempat tidur, pojok ruang tamu dan tempat baju-baju bergantungan. Nyamuk akan merasa bahwa ada tempat untuk berkembang biak sehingga akan mendarat di kain kasa dan meletakkan telur-telurnya dengan nyaman. Telur-telur nyamuk akan tenggelam dalam air dan akan menetas dalam beberapa hari serta berubah menjadi jentik-jentik nyamuk.
  6. Biarkan jentik-jentik nyamuk berkembang biak. Toh kalaupun ia besar dan berubah menjadi nyamuk, ia tidak akan bisa melewati kain kasa nyamuk yang terpasang. Dengan cara demikian kita menekan populasi nyamuk dengan cara yang sederhana dan tidak memerlukan pestisida yang sangat membahayakan kesehatan manusia.
Jangan lupa jauhkan dari anak, adik dan mereka yang masih kecil karena biasanya anak-anak akan mengira alat penjebak nyamuk ini sebagai mainan dan membuka ikatan kain kasanya sehingga nyamuk akan keluar dengan nyaman. Jadi percuma kan..?