Cari di Blog Ini

Senin, 19 November 2012

Blogging Dan Sejarahnya

Kotabumi Lampung Utara
Rasanya bisa jadi kurang lengkap bagi para pengguna internet jika belum mengelola sebuah blog. Terutama bagi orang yang hampir setiap hari mengakses internet. Terlebih bagi mereka yang pada dasarnya memang punya kegemaran menulis atau membuat content tertentu. Sebuah blog, sering juga disebut weblog, bisa menjadi sarana aktualisasi diri, bahkan sudah menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Tentunya jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, dikelola dengan baik sehingga banyak memberi manfaat bagi pengunjungnya. Setidaknya selalu punya content yang menarik.

Menurut wikipedia, blog atau weblog terdiri dari beberapa jenis. Misalnya personal blog, yang kurang lebih berfungsi sebagai diary online. Tempat pengelola blog (admin atau webmaster) menuliskan kejadian sehari-hari yang dialaminya, sesuatu yang dirasakan atau yang sedangk difikirkannya. Umumnya admin membolehkan orang lain untuk mengakses personal blognya. Ini gambaran blog sebagai sarana mengaktualisasikan diri.

Lalu ada jenis corporate blog, yaitu blog yang dikelola oleh pihak swasta, misalnya sebuah perusahaan atau organisasi tertentu, yang bisa digunakan bagi karyawan atau anggota untuk berbagai keperluan. Seringkali blog jenis ini berfungsi sebagai media pemasaran produk perusahaan, atau paling tidak sebagai media penghubung dengan masyarakat luas.

Selain itu ada juga Question Blog yang umumnya berfungsi sebagai forum diskusi online. Blog seperti ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki ketertarikan atau berkecimpung pada suatu bidang yang sama. Misalnya forum diskusi bagi penggemar bidang elektronika, IT, olah-raga, seni, dan lain sebagainya.

Dewasa ini kegiatan blogging sudah banyak dimanfaatkan oleh para profesional. Terutama mereka yang bergerak dalam bidang bisnis. Paralel dengan makin meningkatnya jumlah pengakses internet, pasar bisnis mereka pun makin luas. Berbisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dianggap sama dengan memasuki pasar global, pasar dunia. Tentunya dengan penggunaan content berbahasa internasional, bahasa Inggris. Bagi admin yang tidak mengelola blog komersial, blogging adalah cara yang efektif untuk membangun pertemanan atau komunitas secara global.

Sejarah blogging

Kabarnya istilah weblog digunakan pertama kali oleh John Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Pria dengan pemilik cambang yang lebat ini juga menjadi editor Robot Wisdom Weblog. Ini info versi wikipedia. Sementara sumber lain, the Blog Herald, mengatakan bahwa istilah weblog pertama kali digunakan oleh G. Raikundalia dan M. Rees pada tanggal 14 Agustus 1995 pada paper yang berjudul "Exploiting the World-Wide Web for Electronic Meeting Analysis and Management". Mereka berdua adalah dosen Universitas Bond, Gold Coast – Australia.

Diantara dua klaim yang berbeda waktu itu, orang lebih mempercayai bahwa John Barger sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah "weblog", sesuai info dari banyak sumber yang berbicara tentang hal ini. Lalu pada tahun 1999, Peter Merholz yang mengelola blog Peterme.com, menggantikan istilah weblog ke dalam phrase we blog (blog kita). Dan beberapa waktu kemudian Evan Williams dari Pyra Labs, mengganti istilah weblog menjadi yang lebih singkat, blog. Pyra Labs ini juga yang melahirkan layanan blogging www.blogger.com dengan fasilitas host subdomain blogspot.com yang terkenal itu. Pada bulan Februari 2003 layanan blogging ini dibeli oleh Google. Pada perjalanan waktu berikutnya, bermunculan layanan blogging lainnya. Misalnya wordpress.com yang pertama kali dibuka dalam versi beta tanggal 8 Agustus 2005 dan baru dibuka untuk umum pada tanggal 21 Nopember 2005. Lalu beberapa situs social network pun melengkapi fasilitasnya dengan layanan blogging. Misalnya multiply.com yang muncul pada bulan Maret 2004. Dan banyak lagi situs yang serupa.

Sebagai catatan, ada beberapa info menarik tentang sejarah blogging yang menjadi akhir dari tulisan ini. Misalnya tentang Justin Hall yang bisa dianggap sebagai pelopor personal blog. Justin Hall telah membuat content pribadi sejak tahun 1994 saat masih menjadi siswa Swarthmore College, Pennsylvania - AS. Dari tulisan tentang keseharian, kisah-kisah pribadi, foto, bahkan beberapa film pendek. Selama hampir sepuluh tahun content-content pribadinya telah mengisi lebih dari 4.800 halaman di situs www.links.net. Pada saat usianya menginjak 30 tahun, New York Times menobatkannya sebagai Bapak Personal Blog.

Selain Justin Hall sebagai pelopor personal weblog, ada juga seorang Jerry Eugene Pournelle yang kabarnya bisa dianggap sebagai pengelola blog pribadi yang paling lama. Pria kelahiran 7 Agustus 1933 ini memang seorang profesional dalam multy bidang. Memahami bidang psikologi, militer, matematika, teknologi ruang angkasa, computer, dan tentu saja sastra. Sudah berpuluh buku lahir dari tangannya. Baik yang bertema ilmiah maupun non-fiksi. Hal ini membuatnya sempat menjabat sebagai Presiden dari Science Fiction and Fantasy Writers of America. Hingga sekarang blognya, www.jerrypournelle.com, yang sudah dikelolanya sejak tahun 1998 itu masih dapat Anda kunjungi.

wikipedia.org, blogherald.com, wired.com, sfgate.com