Cari di Blog Ini

Kamis, 25 Oktober 2012

Organisasi : Kepemimpinan, Managemen Dan Struktur

Organisasi : Kepemimpinan, Managemen Dan Struktur

Sering disebutkan, bahwa pada era kompetisi saat ini setiap perusahaan harus berjuang untuk mendapatkan kinerja sesuai harapan. Untuk mendapatkan kinerja tersebut strategi pada umumnya memfokuskan pada ancaman external seperti, pertumbuhan perekonomian globalisasi yang kian melemah, atau biaya sumber daya yang semakin hari semakin meningkat, yang sebenarnya hal tersebut itu di luar jangkauan kendali mereka. Namun akar permasalahan yang menghambat kinerja tinggi sebenarnya secara internal dapat ditemukan pada 3 kategori dasar, yakni; leadership, performance management system, dan organization structure.

Berdasarkan hasil laporan penelitian dari Hay Group menunjukkan bahwa keberhasilan kepemimpinan mendorong iklim dalam berorganisasi, mereka memberikan energi, motivasi, serta budaya kerja yang secara dramatis dapat meningkatkan kinerja. Berarti peran seorang pemimpin dalam operasional, sebagai penyelia atau pembimbing, dan, kolaborator menjadi sangat kritikal untuk kemajuan kerja dalam sebuah tim/organisasi. Karena faktor kesanggupan (can-do) yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, dengan factor kemauan (will-do) mencakup motivasi, minat, karakter, akan menghasilkan kinerja pekerjaan.

Kemudian bila kita evaluasi, tiap individu di dalam berorganisasi pada umumnya akan bekerja atas sebuah nilai yang diukur, apakah itu dalam wujud material, financial, pengalaman, pekerjaan, atau prestasi. Tetapi permasalahan dalam mengelola penilaian tadi kerap kali muncul dan terjadi apabila ukurannya tidak tepat, atau individu tersebut tidak memiliki sudut pandang yang jelas antara target yang harus dia selesaikan, dengan gambaran besar mengenai maknanya keberhasilan pekerjaan itu terhadap kemajuan kinerja perusahaan / organisasi.

Kembali, jabatan harus didesain sedemikian rupa bersamaan dengan peran, tanggung jawab, dan wewenang apa yang akan didelegasikan untuknya. Pada akhirnya, bila jabatan dan struktur organisasi tidak cukup mendukung tumbuhnya akselerasi kinerja sesuai strategi bisnis perusahaan maka semuanya akan menjadi kacau, dan secara umum, ketidakberfungsian tersebut akan menjalar keseluruh organisasi. Ketiga faktor ini, harus ter-koordinasi dengan baik agar tercapai dan memberikan kinerja yang menonjol.