Cari di Blog Ini

Selasa, 13 Desember 2011

Di Lampung Utara masih ada 136 Desa Tertinggal

136 Desa Masih Tertinggal

Sebanyak 136 dari 232 Desa di Lampung Utara (Lampura) masuk dalam kategori tertinggal. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampura Tahun 2011, sesuai dengan SK Bupati Lampung Utara Nomor B/151/26-LU/HK/2011 tentang Desa Tertinggal. Demikian di sampaikan Kasubid Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia Amir Hamzah mewakili Kepala Bappeda Lampung Utara, Drs. Effendi, M.M, kemarin (12/12).

Dikatakan Amir, untuk kriteria ketertinggalan sudah ditetapkan oleh pihak kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), yang meliputi pembangunan insfrastruktur, perkembangan ekonomi, dan Fasilitas sosial yang ada di desa setempat. "Untuk Infrastruktur seperti kondisi jalan desa yang masih banyak berupa tanah merah dan sedikitnya jembatan, dan keberadaan jaringan listrik," jelasnya.

Kemudian untuk perkembangan ekonomi meliputi masalah perekonomian masyarakat termasuk pendapatan yang belum merata dan di bawah garis kemiskinan serta keberadaan pasar desa yang belum dimiliki masing-masing desa tertinggal, sehingga masyarakat sedikit kesulitan dalam pendistribusian hasil-hasil pertanian. Sementara untuk fasilitas sosial meliputi berbagai fasilitas sarana umum seperti sekolah, pos kesehatan desa atau puskesmas serta sarana rumah ibadah yang kurang memadai.

Dilanjutkan, untuk itu Pemkab Lampura telah mengirimkan data keberadaan desa tertinggal ke berbagai kementerian yang ada ditingkat pusat, sehingga dapat dijadikan prioritas pembangunan dimasa mendatang.”Untuk Tahun 2010 kita telah mendapat Program Pembangunan Daerah Tertinggal Khusus (P2DTK) yang dipusatkan di 32 Desa. Kemudian Program Bedah Desa dan Program Unggulan Kabupaten, masing-masing dua Desa yang dipusatkan di Kecamatan Tanjungraja,”papar Amir.

Dia juga mengharapkan kepada desa yang telah mendapat bantuan baik dari pusat maupun bantuan dari pemerintah kabupaten dapat menjaga dan memanfaatkan bantuan yang diberikan demi kemakmuran masyarakat dimasing-masing Desa. "Kalau sudah dibantu diharapkan dapat dijaga dengan baik, sehingga bisa bertahan lama dan dimanfaatkan seluruh masyarakat yang ada di masing-masing Desa," pungkasnya.

www.radarkotabumi.com