Cari di Blog Ini

Sabtu, 14 Juli 2012

Energi Listrik Dari Kaos Oblong

Kaos Oblong
Isi baterai ponsel dengan kaos

Para ilmuan di Universitas Carolina Selatan menemukan cara untuk menggunakan kaos oblong murah sebagai media penyimpan tenaga listrik. Penemuan ini dapat membuka jalan bagi teknologi pakaian yang sekaligus berfungsi untuk mengisi baterai telepon seluler (ponsel) dan peralatan elektronik lainnya.

Para ahli memprediksi bahwa teknologi baru ini meliputi ponsel dan laptop gulung yang akan segera dipasarkan. Penemuan ini juga menjawab tuntutan "simpanan energi fleksibel," kata professor yang berada di balik proyek ini.

Xiaodong Li, profesor teknik mesin di universitas itu bekerja sama dengan peneliti pasca doktor Lihong Bao untuk mencari caranya. Pasangan ini menulis hasil riset mereka di jurnal Advanced Materials. Mereka menggunakan kaos oblong dari toko diskon lokal, yang direndam dalam cairan fluorida, mengeringkan dan memanggang kaos di lingkungan bebas oksigen dalam suhu tinggi.

Bahan hibrida

Serat dalam bahan dikonversi dari selulosa untuk mengaktifkan karbon selama proses terjadi, tetapi material itu tetap bersifat fleksibel. Dengan menggunakan bagian-bagian kecil bahan sebagai elektroda, para peneliti menunjukkan bahwa material itu bisa berfungsi sebagai kapasitor.

Kapasitor menyimpan daya listrik dan merupakan komponen dari setiap alat elektronik yang ada di pasar. Dengan melapisi serat-serat individual dari bahan yang sudah terkarbonisasi dengan mangan oksida, kemampuan elektroda itu semakin tinggi.

Uji coba menunjukkan kaos tersebut dapat diisi ulang hingga ribuan kali. "Hal ini menciptakan kapasitor super yang stabil. Setiap hari kita memakai bahan. Suatu hari nanti kaos oblong katun kita akan memiliki fungsi-fungsi tambahan, misalnya sebagai alat penyimpan energi yang dapat menambah daya ponsel atau iPad anda," kata Prof Li.

www.bbc.co.uk