Cari di Blog Ini

Sabtu, 14 Juli 2012

Dokumen Rahasia Laporan Tentang UFO Tak Pernah Dipelajari Serius Oleh Inggris

UFO. Kotabumi Lampung Utara
Pemerintah Inggris membuka berbagai dokumen ke publik soal penampakan dan investigasi keberadaan piring terbang atau UFO. Tercatat ada 25 berkas dokumen milik Arsip Nasional yang sekarang bisa diakses oleh masyarakat, termasuk dokumen penjelasan UFO kepada Perdana Menteri Tony Blair dan keberadaan unit kerja pemerintah yang secara khusus membidangi piring terbang. Unit tersebut ditutup pada 2009 dan salah seorang mantan pegawai unit ini mengatakan tidak benar bahwa timnya bersifat sangat rahasia.

Ia menambahkan bahwa timnya sama sekali tidak bekerja seperti agen-agen rahasia di film X-Files. Yang dilakukan unit ini, kata dia, adalah menyediakan bahan penjelasan bagi para pejabat di Kementerian Pertahanan soal posisi pemerintah tentang UFO, investigasi masalah ini, dan berhubungan dengan para ahli UFO.

Beberapa kasus yang didalami oleh unit UFO tersebut di antaranya penampakan piring terbang di atas stadion Chelsea di Stamford Bridge yang dilaporkan oleh seorang anggota polisi dan 'kunjungan tiga mahluk asing' ke sebuah rumah di daerah Lincolnshire, di Inggris timur.

Sinyal radio asing

Menurut berkas ini, seorang pemilik hotel di Wales, di Inggris barat daya, melaporkan pendaratan piring terbang dan kegiatan beberapa penumpang piring terbang tersebut mengukur satu ladang di kawasan tempat ia tinggal.

Meski unit pemerintah ini tidak memilii bukti kuat bahwa UFO memang benar-benar mengunjungi Bumi, pegawai di unit ini menganalisis bahwa kunjungan oleh UFO mungkin disebabkan oleh tiga faktor. Yang pertama pengintaian militer, yang kedua penelitian ilmiah, dan yang ketiga kunjungan wisata.

Dalam berkas yang disiapkan untuk Kementerian Pertahanan pada 1979 disebutkan bahwa pemerintah tidak sekalipun menangkap sinyal radio dari mahluk angkasa luar.

Berbagai dokumen resmi soal UFO ini bisa diakses publik setelah seorang penulis dan dosen Inggris bernama David Clarke meminta pembukaan dokumen berdasarkan undang-undang kebebasan informasi. "Kita sekarang tahu laporan-laporan apa saja yang masuk ke pemerintah dan bagaimana pemerintah menanggapi berbagai laporan soal penampakan UFO," kata Clarke.

Arsip pemerintah Inggris tentang UFO

Arsip pemerintah mengenai UFO yang baru disiarkan menunjukkan lemahnya keinginan dan sumber daya untuk mempelajari ribuan laporan penampakan UFO. Arsip Kementerian Pertahanan Inggris yang disiarkan meliputi laporan penampakan UFO dari 1985 sampai 2007. Dalam salah satu arsip, seorang perwira militer memperkirakan akan malu jika masyarakat menemukan "kurangnya dana dan adanya prioritas lebih tinggi" sebagai alasan menghentikan penyelidikan UFO.

Arsip ini dapat diunduh secara gratis selama sebulan dari situs National Archives Inggris. Dari 34 dokumen itu salah satunya mengenai penampakan sinar di atas Glastonbury dan "piring terbang" di Nottinghamshire.

Piring terbang

Disebutkan, Alex Birch mengontak Kementerian Pertahanan setelah mendapatkan serangkaian gambar apa yang disebut "piring terbang" di atas gedung kotapraja Retford, Nottinghamshire. Bulan Juli 2004, kementerian mengirimkan gambar itu ke Defence Geographic and Imagery Intelligence Agency (DGIA). Laporan badan itu adalah "tidak ada kesimpulan pasti berdasarkan analisa foto itu". Namun menambahkan "Kemungkinan sinar pesawat melalui pusat kamera yang menunjukkan adanya anomali lensa seperti titik embun."

Dokumen lainnya berasal dari kesaksian pensiunan pengontrol pesawat tempur angkatan udara tahun 2001 dan pejabat kementerian pertahanan tahun 1956 mengenai insiden UFO di Suffolk.

Memergoki UFO

Freddie Wimbledon, mantan pegawai angkatan udara, mengatakan pesawat tempur memergoki sebuah UFO di radar dan orang-orang di pangkalan Lakenheath juga mengetahuinya. Dia mengatakan UFO itu dilaporkan menempel sebuah pesawat tempur dan "mengikuti setiap gerak" sebelum pergi dengan "kecepatan luar biasa". Pensiunan pejabat kementerian pertahanan Ralph Noyes melukiskan gambar UFO diambil dari pesawat "menggeliat di langit".

Arsip lain melukiskan penampakan tahun 2003 di depan seorang ibu dan anaknya dengan UFO "berbentuk cacing menggeliat di langit" di East Dulwich di London tenggara. Dalam kesaksikan mereka di kementerian pertahanan, disebutkan dua pria "berpakaian angkasa luar dan berkaca mata hitam yang mengaku Mork dan Mindy" bergabung dengan polisi untuk melihat tempat kejadian. Dalam sebuah surat wanita itu mengeluh mereka "dibuat terlihat tolol dan ceritanya tidak dipercaya". Polisi mengatakan kepada pejabat kementerian pertahanan bahwa mereka tidak melihat apapun di langit dan "menyimpulkan kemungkinan refleksi sebuah bintang dan lampu jalan di jendela rumahnya".

Tak dipelajari

Konsultan Arsip Nasional Inggris Dr David Clarke mengatakan, kini saatnya menyiarkan data itu. "Salah satu arsip paling menarik dalam dokumen ini adalah laporan perwira intelijen yang mengatakan meskipun ribuan laporan yang mereka terima sejak Perang Dunia Kedua, mereka tidak pernah mempelajari atau menghabiskan dana atau waktu untuk masalah ini," katanya.

Memo internal dari komandan intelijen DI55 tertanggal 5 Juli 1995 menyebutkan, penggambaran media atas DI55 sebagai "pembela bumi dari alien jahat" adalah "jauh dari benar". Arsip itu menunjukkan pejabat khawatir jika ketertarikan intelijen atas UFO diungkapkan akan menyebabkan "ketidakpercayaan dan malu karena sebagian kecil yang tahu bahwa kurangnya dana dan prioritas lebih tinggi telah mencegah studi ribuan laporan yang diterima."

Bagaimanapun seorang mantan penyelidik UFO Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan arsip itu mencerminkan perdebatan mengenai signifikansi laporan penampakan UFO. "Hal menarik dari arsip ini adalah adanya perdebatan besar dalam masyakarat mengenai UFO. Memang menarik, apakah kita dikunjungi alien atau ini hanya omong kosong?," tutur Nick Pope, yang bekerja untuk Kementerian Pertahanan antara 1991 sampai 1994.

www.bbc.co.uk